Rumpi sore

Lihat gambar ukuran penuh

Mangga adalah buah  berdaging yang mempunyai bentuk, ukuran, warna, aroma dan rasa beraneka, seperti bentuknya yang berbeda-beda. Ada yang bulet penuh, biasa dipanggil mangga gedong, ada yang bulet panjang, namanya mangga harumanis dan mangga manalagi, kalo Mangga kopek bentuknya bulet pipih, sedangkan yang bentuknya lonjong namanya mangga golek. 

Walaupun bentuk, ukuran, warna, dan rasa  mangga itu macem-macem, tapi dari segi gizi semuanya hampir nggak jauh beda. Mangga yang sudah masak  mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Berbeda ama mangga muda, mangga yang masih mentah mempunyai kandungan air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda lebih rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, dan kalo sudah masak  akan berubah menjadi gula makanya mangga yang udah masak itu  terasa manis. Tapi jangan kuatir ama gula dalam buah mangga karena kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Biasanya kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen tapi kalo mangga manis kandungan gulanya bisa mencapai 16-18 persen.


Mangga juga mengandung vitamin C yang cukup layak diperhitungkan. Karena setiap 100 gram bagian mangga masak,  memasok vitamin C sebanyak 41 mg, kalo mangga muda bisa mencapai 65 mg. Nah ketauan kan kalo mangga itu bukan cuma enak tapi memiliki zat gizi yang penting untuk tubuh. Ada lagi nih, mangga juga dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena stroke lho, karena tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebanyak 189 mg.

Setiap apa yang Tuhan ciptakan itu semuanya tidak ada yang sia-sia kan, lalu kenapa tiba-tiba hari ini saya menceritakan tentang mangga?? itu karena buah kesukaan saya adalah mangga dan ketika saya menulis ini, saya tengah menikmati mangga muda yang sudah didinginin semaleman. Setelah sebelumnya dikasih air plus gula dan irisan cabe kecil. Rasanya...... mak nyusss 




Tag : iseng
Back To Top