LIBERTY, SIMBOL PERSAHABATAN

Patung Liberty yang berarti “kemerdekaan” merupakan pemberian rakyat Perancis kepada rakyat Amerika Serikat yang pada waktu itu tengah merayakan ulang tahun keseratus Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Selain itu , patung tersebut juga diberikan sebagai tanda persahabatan mereka selam Revolusi Amerika. Patung ini berasal dari Perancis, dibuat oleh tangan dingin pemahat Perancis, Frederic Auguste Bartholdi.

Untuk membuat patung seorang perempuan setinggi 151 kali atau sekitar 46,02 meter dan seberat 225 ton, tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Semua dana pembuatan patung tersebut didanai sepenuhnya oleh warga Perancis melalui sumbangan sukarela.

Jika warga Perancis begitu semangat memberikan patung Liberty kepada Amerika, namun warga Amerika tidak seantusias itu, terbukti ketika patung tersebut tiba dipelabuhan, pemerintah Amerika kekurangan dana untuk membuat alas patung, terpaksa Liberty yang anggun harus terbiar selama empat bulan menunggu alasnya selesai. Pada tanggal 28 Oktober 1886, akhirnya patung Liberty bisa berdiri utuh di Amerika, tepatnya di atas sebuah pulau kecil bernama Bedloe’s Island yang pada tahun 1956 berganti nama menjadi Pulau Liberty.di hari yang sama pula Presiden Grover Cleveland mendedikasikan patung tersebut untuk rakyatnya.

Patung Liberty berbentuk seorang perempuan berjubah dan bermahkota dan terbuat dari perunggu. Ia memegang obor di tangan kanan dan sebuah piagam bertuliskan 4 Juli 1776 dalam angka Romawi di tangan kiri. Pada mahkota Liberty terdapat sinar yang melambangkan tujuh samudra dan tujuh benua dan bisa dilihat dari hampir setiap sudut kota New York, terutama dari gedung-gedung bertingkat tinggi. Hal lainnya yang menjadi ciri Liberty yaitu pada alasnya. Disana terdapat soneta karya penyair Emma Lazarus yang berjudul “The New Colossus” dan terukir pada lembar perunggu.
Tag : artikel, sejarah
Back To Top