Cara Menjaga Sistem Pencernaan dengan Mudah

Dwina. net - Cara menjaga sistem pencernaan dengan mudah

Tidak ada satupun orang yang ingin merasakan sakit dalam tubuhnya.  Namun herannya banyak orang yang tidak perduli dengan apa yang dimakannya. Padahal untuk memiliki tubuh yang sehat, kita perlu senantiasa menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Termasuk menjaga sistem pencernaan agar nutrisi bisa terserap secara optimal. Sistem pencernaan kita yang paling vital adalah lambung yang terdiri atas tiga bagian yaitu udara, makanan dan air. 

Mohammed Hasan

Bayangkan jika yang kita isi dalam lambung tidak seimbang misalnya jatah air berkurang karena kebanyakan makanan bahkan udara pun ikut sesak di dalamnya. Ini yang bikin perut terasa begah, ngga enak, mual dan akhirnya timbul masalah kesehatan lain yang lebih parah. Seperti maaf dan lain-lain. Tahukah kamu bahwa tiap tiga hari sekali lambung akan mereset sistem kerjanya? Sistem kerja lambung akan berpengaruh besar pada apa yang kita makan. Jika bahan bakar lambung tidak sehat yang timbul adalah berbagai penyakit akibat lambung tidak optimal dalam menjalani tugas-tugasnya.

Lambung berkaitan erat dengan sistem pencernaan. Menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Dua hal berikut bisa Anda lakukan untuk memastikan sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Aktif bergerak

silviarita

Pola makan yang baik jelas jadi syarat utama dalam menjaga sistem pencernaan dalam tubuh. Tapi, selain menjaga pola makan, Anda juga perlu aktif bergerak agar sistem pencernaan dalam tubuh bisa tetap sehat. Sebab, aktivitas yang Anda lakukan sangat bermanfaat untuk sistem kerja dalam tubuh terutama dalam proses pencernaan.

Ketika tubuh aktif bergerak, maka secara tidak langsung pergerakan makanan dalam usus juga akan berjalan lebih lancar. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda cenderung pasif atau lebih banyak duduk setelah makan. Aktif bergerak juga berguna untuk menghindarkan tubuh dari beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, saat Anda aktif bergerak, Anda juga bisa memiliki bentuk tubuh yang lebih baik dan terhindar dari obesitas. Jadi, pastikan Anda tetap aktif bergerak sepanjang hari sambil menjaga pola makan sehari-hari.

Hindari stress

Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap berbagai sistem kerja dalam tubuh manusia. Tak terkecuali sistem pencernaan yang sangat terpengaruh ketika Anda mengalami stress. Sebab, saat Anda mengalami stress sistem pencernaan akan terganggu dan bisa mengganggu sistem kerja tubuh yang lainnya.

Agar bisa terhindar dari stress, usahakan untuk mengalihkan fokus saat Anda mulai merasa tertekan dengan aktivitas yang Anda jalani. Sedikit liburan juga bisa sangat membantu agar tubuh kembali rileks dan tetap terjaga kesehatannya. Sehingga, sistem kerja tubuh tetap terjaga kesehatannya termasuk sistem pencernaan dalam tubuh.

Konsumsi makanan tinggi nutrisi

 Louise Kande Pedersen
Makanan saat ini banyak yang seperti makanan sampah artinya miskin nutrisi. Makanan manis, berlemak, gluten dan soda adalah bahan dasar yang dimodifikasi dalam berbagai bentuk makanan. Kalian tentu masih ingat tentang makanan fake dan real bukan. Makanan yang minim nutrisi hanya akan membuat kesehatan kita memburuk jika dikonsumsi terlalu sering. Sayangnya orang abai tentang hal ini. 

Dalam sehari cobalah konsisten makan makanan tinggi nutrisi seperti buah dan sayur. Pestisida dalam makanan juga sangat tinggi, pastikan mencuci makanan kamu dengan baik, gunakan garam kasar atau cuka apel untuk mencuci makanan. Agar pestisida dalam makanan dapat dilarutkan. Kurangi sebanyak mungkin makanan yang bersumber dari gula, gluten, soda dan minyak. Dengan konsisten menjaga makanan sehat kamu pasti mendapat manfaat istimewa yang dirasakan oleh tubuh.

Selain melakukan hal-hal diatas, pastikan juga Anda selalu siap sedia Domperidone di rumah Anda. Domperidone berguna untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan seperti mual. Selain itu, persiapkan pula obat pilek untuk anak agar anak Anda tetap sehat selalu.





Back To Top