Suka Duka Bangun Rumah Impian Dengan Modal Mepet

Dwina.net - Punya rumah sendiri emang jadi impian setiap pasangan rumah tangga. Ini semacam goals dibidang kemandirian disamping pingin punya mobil, naik haji, liburan ke luar negeri, beli berlian sampai beli pulau. Ajib banget mimpinya. Sebelum Kamu memimpikan semua itu gimana kalau kita bahas yang paling krusial aja. Rumah impian.

Postingan kali ini tentang pengalamanku sendiri yang sudah menjalani pernikahan dekat 9 tahun tapi belum punya rumah impian sendiri. Nyesek ngga, Mak. Iyalah.

Awal menikah kami memang sudah hengkang dari rumah orang tua or mertua. Suami langsung bawa Aku ke rumah yang dia kontrak milik kakaknya. Rumahnya tergolong besar gaes, tapi biaya kontrakannya murmer dibanding kalo kami ngontrak sama orang yang ngga punya hubungan saudara. Hanya saja yang namanya ngontrak tetep aja kita kudu keluarin duit yang lumayan tiap tahunnya.

pexel

Di pernikahan tahun pertama kami, aku dan suami maksudnya emang udah nyari-nyari rumah. Tapi suamiku lebih respek sama rumah lama peninggalan ibunya. Aku sebagai istri yang insyaAlloh sholehah #kibasJilbab manut aja. Aku fikir wajarlah ya dia pingin tinggal di rumah peninggalan ibunya sebab disitu dia tumbuh membesar. Tentu banyak kenangan masa kecil yang dikangenin.

Hanya saja persoalannya kami belum punya duit cukup untuk merenovasi rumah itu. Maklum gaes rumah itu sudah berdiri lebih kurang tahun 70-an. Kebayangkan old nya dan pelapukan terutama plafon serta beberapa part lain pasti ada. Dan untuk merenovasinya butuh dana yang ngga sedikit. So, mulailah kami menabung. 

Alhamdulillah Alloh kasih rejeki yang berlimpah lewat penjualan sebidang tanah yang ditawar developer dengan harga tinggi. Ini yang bikin keinginan untuk segera renov rumah makin gede, cuma muncul masalah kecil gaes, rumah itu kudu dibeli. Ya iyalah itu bukan rumah warisan yang jatuh ke tangan ayahnya anak-anak. Ada abang kakak suami yang juga berhak atas rumah itu. Jadi sebelum renov kami membeli rumah itu terlebih dahulu.

Masalah lain mulai timbul, eh sebenere bukan masalah di luar dugaan sih tapi bisa dibilang masalah itu timbul karena ulah kami sendiri. Kami lambat bergerak, duit udah di tangan tentu ngalir kayak kran bocor gaes, adaaaaa aja benda yang pingin dibeli. Well dapat diprediksikan gimana kondisi kami. Yup, duit sisa pembelian rumah tinggal dikit.

Tapi karena keinginan untuk memiliki rumah impian di tahun 2019, jadi kudu direalisasikan meskipun dananya mepet. Apa yang kami lakukan? Ini loh bocorannya.

Suka duka bangun rumah impian dengan modal mepet

Jean Paul

Desain rumah impian sendiri
Langkah pertama yang dilakukan Pak suami adalah desain rumah sendiri. Yup gaes, beliau ini memang smarter, aku akui itu. Dia bisa melakukan banyak hal dengan otak encernya itu. Termasuk mendisain rumah. Jadi kami ngga perlu pakai kontraktor atau tenaga desain house untuk rumah kami. Ini menguntungkan dari banyak sisi, pertama: yang tau kondisi rumah itu adalah suami. Kedua: biaya jasa desainer house bisa di pangkas.

Aku inget pas puasa tahun lalu, 2018 suamiku menghabiskan bermalama-malam untuk mendesain rumah impian kami. Dari mulai bentuk sampai hitung material dan printilannya. Semua lengkap dan kayaknya ngga terlalu banyak menghabiskan dana. "kayaknya".... Nyatanya kenyataan tak sesuai harapan. wkwkkwkwwk #ketawaPait

Selepas lebaran menjadi debut pertama perenovasian rumah == bener ngga sih bahasanya. Oh ya soal cari pak tukang juga ada strateginya gaes. Karena duit mepet kami cari pak tukang yang masih ada bau-bau sodara jadi meskipun upah tukang tetep sama dengan tukang lain tapi soal waktu, Pak tukang ngga irit-irit banget. Beliau rela melebihkan jam kerjanya, ngga plek jam 5 pulang.

Terus pilih Pak tukang yang pinter tapi ngga minteri. Ini sering terjadi loh, ada kisah seorang teman yang akhirnya menghancurkan kembali rumah impiannya sebab desain yang diberi ke Pak tukang ngga sesuai, sayang sih tapi mau gimana lagi. Namanya juga rumah impian ya gaes, yang kalau bisa sih semaksimal mungkin seperti apa yang diimpikan.

Beli bahan bangunan sendiri
Ini langkah penting juga loh, dengan beli bahan sendiri kami jadi tahu harga mulai dari semen, bata, paku, segala baut sampai yang kecil-kecilnya. Simpan semua bon pembelian untuk kemudian di hitung dan -- ditangisi-- wkkwkwkw ngga lah. Di syukuri ternyata duit yang keluar ngga sia-sia. Banyak loh kejadian kalau kita kasih dana bulat ke orang terus di akali. Nyesek part II deh jadinya.

Pakai tenaga kerja secukupnya
Karena judulnya mepet tentu biaya yang paling harus di tekan adalah biaya pekerja. Eits bukan mau mendzolimi mereka ya. Dipekerjakan tapi gaji di tunda, sampe keringatnya kering. It's big No ya gaes. Rasulullah melarang kita melakukan itu. Kata beliau "Bayarkanlah upah pekerjamu sebelum keringatnya mengering" 

Laura Shaw

Aku ngga tau ini hadist shohih apa hadist palsu tapi kalau di pikir-pikir it's true banget. Ngga kebayang kalau kita di posisi mereka. Kerja berat dari pagi sampai petang bermandi peluh tapi upah kita undur-undur. Yang ada rumahnya ngga berkah ntar.

Jadi maksudnya menghemat pekerja adalah, sewa pekerja secukupnya. Ngga usah berlebihan. Untuk merenov rumah kami memakai 3 pekerja. Satu kepala tukang dan 2 asisten tukang. Tapi inipun ngga terus-menerus gaes, ada di part-part tertentu yang kami pakai hanya 2 pekerja saja. Satunya di rumahin dulu. Misal pas ngerjain yang kecil-kecil kayak ngecat. 

Lagian karena dananya semakin tipis terpaksa memang harus mengurangi pekerja. Terus sebagai ganti pekerjanya siapa. Aku gaes. wkwkkwkw yup jadikan istri sebagai asisten tukang. Ih serem ya. wkwkwkkwwkw. Panjang banget ketawa guweh. Ini ketawa apa nangis ya. wkwkkwkw

Jadi beneran gaes, setelah hampir setahun merenovasi rumah, eh ngga full setahun ding. Ada berhentinya juga terutama kalo pas ngga bisa beli bahan. Terpaksa perenovasian di hentikan dulu jadi kalo di hitung fullnya sih ngga sampe setahun lah. 

Jadi, ini  apa sih banyak banget jadinya. Biarin. wkwkkwkw. Di ujung-ujung penyelesaian rumah impian kan banyak pekerjaan printilan yang bisa aku kerjakan. Kayak bersihin rumah, sebab debunya ajib banget. Nyuci kaca jendela sampai ngamplas kusen aku bisa kerjain sendiri. So, pekerjanya bisa di hemat karena pekerjaan kayak gini tuh kecil tapi butuh waktu lama. Kan bisa hemat duit juga. Tapi ini kalau kalian berprofesi sebagai IRT kayak aku ya. Kalau kalian ibu yang bekerja di luar tetap pakai aja pekerja. Yang banyak kalau perlu, biar rumahnya cepet selesai.

Oke gaes segitu aja suka duka bangun rumah dengan modal mepet versi aku. Semoga yang baik bisa kalian ambil yang buruk buang aja. See you... 


Tag : curahan hati
Back To Top