Kenalan dengan Negara yang Sudah Tua, Prancis!

Dwina.net -  Kenalan dengan negara yang sudah tua, Prancis!

Jika Saya menyebut Prancis kira-kira apa yang terlintas dipikiran kalian kawan, Eifel nya yang menjulang tinggi? warga negaranya yang malas punya bayi? atau kota cinta yang menjadi ikonnya? well, apapun yang terlintas itu ternyata Prancis adalah satu dari 7 negara tertua di dunia.

Honestly, saya belum pernah ke Prancis tapi tidak perlu kesana untuk tahu sejarah kota ini bukan, buku bisa memberitahu segalanya. Awal Saya tertarik dengan Prancis ketika membaca novel Edensor-nya Andrea. Disitu bang Andre bercerita tentang Prancis detail bahkan Saya merasa dengan berada di dalamnya. 

Dari situ kemudian ada beberapa buku tentang Prancis yang saya baca termasuk adalah buku 2000 Fakta Pengetahuan. Disini kemudian Saya tahu bahwa Prancis adalah negara yang sudah tua. Yuk, kenalan dengan negaya yang sudah tua, Prancis!

pixabay

Tata letak negara Prancis

Republik Prancis adalah sebuah negara yang teritorinya sangat metropolitan di bagian Eropa Barat. Uniknya negara ini juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Prancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, serta dari Rhine ke Samudra Atlantik. Orang Prancis sendiri sering menyebut Prancis Metropolitan sebagai "L 'Hexagone" karenat bentuk geometris teritorinya yang strategis.

Sebagai sebuah Republik kesatuan semi presidensial, tentu saja Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga negara. Masyarakatnya yang bebas seperti kebanyakan negara-negara maju lainnya. Jadi jangan heran kalau di main ke negara ini kalian akan dengan mudah melihat orang sedang berduaan dan gituan. Tapi ngga sampe serem banget sih, ya karena meskipun bebas, HAM di negara ini juga diatur ketat oleh negara.

Berbatasan dengan Beliga, Luxemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol membuat kalian betah sebab kalau sudah sampai ke Prancis sayang dong kalau ngga jalan ke negara-negara sekitar yang mengapitnya. Dan jarak dari satu negara ke negara lain juga ngga jauh. Lagipula karena negara maju tentu transportasi juga ajib banget disini. Kalian bisa keliling Prancis dengan menghabiskan waktu seharian. Jika berlibur hingga 3 hari ke depan, beberapa negara di sekitar bahkan bisa dijelajahi.

Wilayah kekuasaan Prancis

Karena memiliki departemen seberang laut, sekilas mirip Malaysia, Prancis juga berbagi perbatasanan tanah dengan Brasil dan Suriname. Wilayah yang berbatasan dengan Suriname adalah  Guyana Prancis, serta Antillen Belanda berbatasan dengan Saint-Martin. Selain itu, Prancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel yang berada di bawah Selat Inggris. Saya ngebayanginnya aja udah amaze banget loh, gimana kalau menyusurinya langsung ya. Hmmm kudu bikin pasport nih. hehehehhe

Menjadi negara yang sudah sepuh, Prancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke - 17. Ketika di zaman itu negara-negara luar sedang berebut wilayah kekuasaan Prancis malah telah membuat satu imperium kolonial. Ini terjadi pada abad ke - 18 dan 19, Imperium tersebut membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, memengaruhi budaya dan politik daerah setempat. Bisa dibilang sejak abad ke 17 suara pemimpin Prancis bisa dikatakan mutlak dan diikuti oleh negara-negara sekitar dan negara jajahannya.

Saat ini, Prancis merupakan negara maju dengan ekonomi terbesar keenam atau kedelapan terbesar di dunia. Bisa jadi salah satu sebabnya karena masyarakat Prancis terkenal ulet dan tidak mau banyak buang waktu. Eh tau juga kan kalau di negara ini pengangguran juga dapat santunan? prancis juga merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. Setiap tahunnya, menerima lebih kurang 82 juta turis asing. Ini belum termasuk pelancong bisnis yang tidak menetap kurang dari 24 jam di Prancis.

Pete Linforth

Peran Prancis dalam organisasi dunia 

Untuk info tambahan nih,  Prancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Jadi tidak heran jika suara Prancis menjadi salah satu penentu dalam rapat Uni Eropat. Selain itu Prancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan anggota Francophonie, G8, Nato, dan Uni Latin. Ketauan kalau udah sepuh tuh gitu ya. Sayapnya sudah melebar kemana-mana. Prancis juga merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tidak hanya itu, ternyata negara ini juga memiliki kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif, serta 59 pembangkit listrik tenaga nuklir.

Melihat majunya Prancis ada keinginan berkunjung ke negara ini ngga? ada dong ya, soalnya Prancis bisa dibilang sudah sangat mapan dalam segala sektor. Tatanan kota dan struktrur kenegaraannya sudah rapi dan diatur sebaik mungkin makanya ngga heran jika banyak turis yang berkunjug kesini. Ibarat magnet yang menarik orang untuk datang.
Back To Top