Berwisata Sambil Belajar Sejarah? Kunjungi Candi Prambanan

Dwina.net - Berwisata Sambil Belajar Sejarah? Kunjungi Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata menarik yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Yogyakarta. Candi dan Yogyakarta merupakan 2 hal yang tidak bisa terpisahkan, hal ini karena disana memang terkenal dengan banyaknya candi dengan sejarah masing-masing.  Kemegahan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini membuat bangunan ini tidak pernah sepi pengunjung

Sejarah Prambanan memang begitu melegenda, kisah cinta  pangeran Bandung Bondowoso yang bertepuk sebelah tangan pada putri Roro Jonggrang menjadi daya tarik utamanya.  Candi ini juga dikenal dengan nama lain yaitu candi Roro Jonggrang. Tinggi candi adalah sekitar 47 meter, lebih tinggi dari Borobudur.

from: wiki-wisata.blogspot.com

Apa Saja Yang Menarik Di Candi Prambanan?

Banyak hal menarik jika berbicara tentang objek wisata yang berlokasi di Bokoharjo kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Mulai dari sejarah, komplek candi, rute, hingga fasilitas pendukung yang disediakan. Berikut akan diulas satu persatu secara lebih luas.

1. Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Prambanan dimulai dari legenda putri Roro Jonggrang dan pangeran Bandung Bondowoso. Kecantikan Roro Jonggrang memikat hati pangeran, namun sang putri tidak mencintainya. Lalu putri memberikan penawaran untuk dibuatkan seribu candi selama selama satu hari satu malam jika ingin meminang dirinya, dan Bandung ternyata menyanggupi. 

Ditengah pembuatan candi yang ke 999, Roro Jonggrang sengaja menyuruh para warga untuk menumbuk padi dengan lesung agar ayam berkokok pertanda hari sudah pagi. 

Mengetahui kecurangan putri, Bandung murka dan mengutuk sang putri menjadi patung batu untuk jadi candi ke seribu. Hingga sekarang patung tersebut masih berdiri kokoh. Terlepas dari legenda yang begitu tersohor, menurut prasasti Siwargha candi ini dibangun pada pemerintahan Raja Rakai Pikatan pada abad ke-9 kerajaan Mataram kuno. 

Pada abad ke-10 pusat pemerintahan dipindahkan ke Jawa Timur dan candi mulai ditinggalkan dan tertimpa material letusan gunung Merapi. Seketika Prambanan berubah menjadi hutan lebat. 

2. Komplek Candi Dan Relief Yang ada Di Dalamnya

Beratus tahun kemudian, candi ditemukan dan mulai dilakukan pemugaran meski hanya tersisa sebagian bangunan saja. Pemugaran candi dilakukan sejak tahun 1930 dan baru selesai pada 1953. Perkiraan ada sekitar 240 candi yang terdiri dari candi besar dan kecil yang ada di Prambanan. Ada 3 candi dari 8 candi utama yang disebut Trimurti. 

Dipersembahkan untuk 3 dewa Hindu tertinggi yaitu dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa yang menggambarkan kepercayaan dalam agama Hindu. Candi Siwa merupakan bangun terbesar di kompleks candi yang terdiri dari 5 ruangan. Yaitu Timur, Utara, Selatan, Barat, dan sebuah ruangan khusus di tengah candi. 

Relief pada candi Prambanan berkisah tentang cerita hidup Ramayana Kresnayana. Mulai dari kelahiran Rama, penculikan Sinta yang merupakan istri Rama, penyelamatan Sinta, Sinta dan Rama bertemu kembali hingga penyerahan tahta Rama kepada sang anak. Cerita Ramayana terpahat pada dinding sepanjang lorong galeri yang mengelilingi candi utama. 

Untuk membaca cerita ini pengunjung harus mengelilingi candi searah jarum jam. Kisah Rama dan Sinta turut dipentaskan dalam bentuk Sendratari yang digelar pada malam Selasa, malam Kamis, dan malam Sabtu tak jauh dari Prambanan.

visiting.jogja.com

3. Rute Menuju Lokasi

Akses menuju Candi Prambanan cukup mudah karena lokasinya yang berada di tepi jalan raya Yogyakarta tepatnya . Jika berkunjung dari Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi hanya memakan waktu 15 menit saat jalanan lancar. Dan satu jam perjalan saat macet. Jika tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, alternatif lainnya adalah menggunakan bus Trans Jogja dengan tarif yang sangat murah. 

4.  Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Candi Prambanan dibedakan antara wisata lokal dan asing sebagai berikut. 

Wisatawan lokal:
Anak-anak : Rp. 30.000,00
Dewasa : Rp. 40.0000,00

Wisatawan Asing:
Anak-anak : $ 9
Dewasa : $ 18

5. Fasilitas Yang Tersedia

Karena setiap tahun pengunjung candi semakin meningkat maka fasilitas yang ada di dalam Prambanan terus ditingkatkan. Adapun fasilitas yang tersedia adalah :

  1. Tempat Ibadah
  2. Toilet yang bersih
  3. Area Parkir cukup luas
  4. Sewa Sepeda
  5. Taman Bermain bagi anak-anak

Area candi yang cukup luas maka tak ada salahnya menyewa sepeda yang menang disediakan untuk berkeliling candi Prambanan. 

Candi Prambanan merupakan salah satu saksi sejarah yang harus dilestarikan dan wajib dikunjungi bila ada kesempatan. Tak hanya menikmati objek wisata tapi kamu sekaligus bisa menambah wawasan tentang peninggalan sejarah yang ada di Indonesia. Sebagai bekal yang bisa diceritakan kelak pada anak cucu.

Tag : traveling
Back To Top