Inilah Loh Tips Memilih Minyak Telon Yang Tepat Untuk Bayi

Dwina.net - Minyak telon tidak hanya menghangatkan tapi juga dapat melindungi bayi dari gigitan serangga. Cek it out!

Esudroff/pixabay

Sebagai orang Indonesia, tentunya penggunaan minyak telon sudah bukan hal yang asing lagi. Ya, terang saja demikian, sebab penggunaan minyak telon ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang kita. Pada umumnya, minyak telon ini biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi setelah selesai dimandikan. 

Tak hanya untuk menghangatkan tubuh, minyak telon ini juga dapat membuat tubuh si kecil wangi sepanjang hari. Menurut kabar yang beredar, istilah minyak telon tersebut berasal dari bahasa Jawa yakni “telu” yang artinya “tiga”. 

Soalnya, minyak telon ini terdiri dari campuran 3 jenis minyak berbeda yakni minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas. 

Bukan hanya itu, minyak telon tersebut dapat melindungi tubuh bayi dari gigitan nyamuk maupun jenis serangga lainnya. Pasalnya, hal itu dikarenakan campuran minyak kayu putih dan minyak adas pada telon, yang memang aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lho. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, minyak telon ini dapat mengatasi berbagai masalah pernafasan seperti pilek, hidung tersumbat, hingga asma. 

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara tepat dalam memilih minyak telon untuk bayi. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini :

* Memilih Minyak Telon Yang Tidak Lengket Ditangan
Tips pertama yang harus bunda ketahui dalam memilih minyak telon yang tepat untuk bayi, yakni pilihlah minyak telon yang tidak lengket ditangan. Soalnya, minyak telon yang lengket ini tidak nyaman digunakan lho! Bahkan, minyak telon yang lengket ini cukup sulit diserap oleh kulit. Oleh karena itu, bunda harus memilih minyak telon yang tidak lengket ya.

* Hindari Minyak Telon Yang Kadar Hangatnya Berlebihan
Selain jangan memilih minyak telon yang lengket ditangan, bunda juga jangan memilih minyak telon yang kadar hangatnya berlebihan. Mengapa demikian? Pasalnya, minyak telon yang kadar hangatnya terlalu berlebihan itu dapat memberikan efek panas sehingga tidak nyaman digunakan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, minyak telon tersebut bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi lho!

* Jangan Memilih Minyak Telon Yang Aromanya Menusuk
Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kenyamanan minyak telon juga tergantung pada aromanya. Ya, apabila aroma daro minyak telon tersebut terlalu menusuk, tentu saja dapat mengganggu penciuman baik bagi si kecil maupun orang-orang yang menciumnya. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi bunda untuk memilih minyak telon yang aromanya lembut. 

* Pilihlah Minyak Telon Dengan Merk Ternama
Tips berikutnya yang harus bunda ketahui dalam memilih minyak telon yang tepat untuk bayi, yakni memilih minyak telon dengan merk ternama seperti Doodle. Adapun mengenai beberapa keunggulan dari minyak telon hits tersebut seperti di bawah ini :

- Tekstur yang tidak lengket
Telon Doodle memiliki tekstur cair berwarna bening yang tidak lengket ditangan, sehingga sangat nyaman digunakan. 

- Aroma Green Tea
Apakah bunda lagi nyari minyak telon plus yang wanginya bayi banget? Jika iya, maka minyak telon Doodle inilah merupakan yang paling tepat. Ya, telon Doodle memiliki aroma green tea yang begitu lembut dan menyegarkan, sehingga dapat memberikan efek relaksasi pada bayi. 

- Tidak Mudah Tumpah
Perlu bunda ketahui, bahwa Telon Doodle ini dikemas kedalam botol fliptop yang membuatnya tidak mudah tumpah lho. 

Itulah beberapa keunggulan dari minyak telon Doodle yang tidak dimiliki oleh merk minyak telon lainnya.

Tag : kesehatan
Back To Top