Pengalaman Naik Kereta KAI pesannya di Traveloka Aja

Dwina.net - Agar tidak kehabisan tiket kereta api adalah membeli tiket kereta api tersebut sejak jauh-jauh hari sedini mungkin!

pixabay

Naik kereta api memang nyaman dan menjadi favorit bagi banyak orang. Tak jarang banyak yang kehabisan tiket kereta api ketika hendak memesannya, terutama untuk jadwal peak season, seperti pada saat libur panjang, tanggal merah libur nasional, ataupun pada saat hari-hari weekend di hari sabtu minggu. Berikut ini adalah tips agar bisa mudah dan cepat mendapat tiket kereta api.

Pesan Tiket Kereta Api secara Online
Cara mudah dan cepat untuk bisa mendapatkan tiket kereta api adalah memesannya dengan secara online. Selain praktis dan hemat waktu juga bisa lebih murah dan hemat biaya  karena sekarang Anda bisa naik kereta kai pesan di Traveloka. PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah menjalin kerjasama dengan Traveloka untuk penjualan tiket kereta apinya. 

Ada banyak kelebihan dan kemudahan yang disediakan oleh Traveloka bagi para calon penumpang kereta api yang membeli tiketnya di Traveloka, yakni:

Kemudahan dalam memilih jenis kereta dan gerbong serta tempat duduknya pada jadwal keberangkatan maupun jadwal kepulangan. Anda dapat memilih di stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan. Jadwal ini ditampilkan dalam menu yang jelas dan praktis, juga bisa diketahui stok sisa kursi yang masih tersedia, berikut dengan harga dan berbagai informasi lainnya. 

Cara pembayarannya juga beragam. Sering pula ada potongan harga berupa diskon atau promo atau kupon atau cashback, yang bisa lebih menghemat biaya perjalanan. Membeli tiket kereta api secara online juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu antri berdesak-desakan, juga cepat prosesnya.

Beli Tiket Kereta Api Sejak Jauh-jauh Hari
Tips berikutnya agar tidak kehabisan tiket kereta api adalah membeli tiket kereta api tersebut sejak jauh-jauh hari sedini mungkin. Sebelumnya PT. KAI membolehkan membeli tiket kereta apinya sejak H – 90 yakni sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatannya, dan waktu chek in sejak H -7, namun sekarang jangka waktunya adalah H – 30. 

Jadi tiket kereta api sudah bisa dipesan dan dibeli sejak 30 hari sebelum tanggal keberangkatannya. Perhatikan betul jadwal ini, dan jangan sampai terlewatkan. Lalu rencanakan juga jadwal perjalanan sejak jauh-jauh hari.



Persiapkan Data Pembelian dengan Lengkap
Kemudian agar proses pemesanan dan pembelian tiket kereta api bisa berlangsung dengan cepat maka sebelum memesan atau membeli tiket, pastikan dulu dan persiapkan data jumlah dan nama serta ID (bisa KTP atau kartu identitas lainnya) dan data-data calon penumpangnya dengan secara lengkap. 

Ketahui dan pastikan juga lebih dulu mengenai jenis kereta dan tempat duduk yang akan dipilih, serta persiapkan pilihan alternatif cadangannya jika kereta dan tempat duduk yang akan dipilih sudah habis atau tidak tersedia lagi. Ketahui juga alternatif rute lainnya, jika rute semula sesuai rencana awal sudah habis atau tidak tersedia lagi. 

Dengan mengetahui hal tersebut sejak awal dan sebelum melakukan pemesanan maka akan bisa dengan cepat mengubah pilihan pemesanan agar tak kehabisan juga pada pemesanan tiket jalur alternatifnya.

Jenis Kelas Gerbong Kereta Api
Perlu diketahui bahwa PT. KAI menyediakan 3 jenis kelas gerbong tempat duduk, yakni mulai dari kelas Ekonomi yang termurah harga tiketnya, lalu ada kelas Bisnis dan kelas Eksekutif dengan fasilitas yang paling lengkap dan paling tinggi harga tiketnya. 

Dalam satu gerbong sama semua kelas tempat duduknya, dalam satu kereta bisa terdiri dari satu atau lebih jenis gerbong dan kelas tempat duduk. Ada tempat duduk yang dekat dengan jendela  dan ada yang posisinya berada di tengah. 

Layout tempat duduk di tiap gerbong kereta api biasanya dengan susunan 2-2. Ada tempat duduk yang di bagian depan, tengah dan belakang. Tersedia toilet pada tiap bagian belakang gerbong. Hal tersebut bisa menjadi menjadi pertimbangan dalam memilih tempat duduk yang akan dipesan bagi tiap calon penumpang. 

Kelebihan tempat duduk di dekat jendela adalah bisa leluasa menikmati pemandangan dan tidak perlu terganggu dengan lalu lalang penumpang lainnya di kereta, namun agak sulit jika hendak mau keluar masuk dari tempat duduk karena harus melewati penumpang di sebelahnya. 

Sedangkan kelebihan tempat duduk di gang di tengah gerbong, ialah pada mudahnya akses keluar masuk dari tempat duduk, dan juga kemudahan dalam memesan sesuatu kepada petugas kereta api yang lalu lalang di sepanjang gerbong, seperti ketika hendak memesan makanan atau minuman, atau ketika hendak memesan minta dibangunkan ketika kereta api telah tiba di stasiun kereta api yang dituju dan lain sebagainya. 

Tempat duduk di kereta api dalam susunan 2 di sisi kanan gerbong dan 2 di sisi kiri gerbong tersebut juga bisa dibalik untuk menghadap ke belakang, sehingga bisa berhadap-hadapan 4 penumpang, jika dalam satu rombongan yang sama, hubungi petugas kereta api beberapa saat sebelum hendak berangkat agar dibantu untuk membalik posisi hadap tempat duduk tersebut.

Perhatikan beberapa tips tersebut di atas, agar tidak kehabisan tiket kereta api dan dapat melaksanakan perjalanan dengan nyaman.


Back To Top