7 Ayat Ini Ampuh Untuk Ruqyah Diri Sendiri

7 ayat ini ampuh untuk ruqyah diri sendiri - Dizaman serba digital ini setiap orang seperti dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan sempurna tanpa cacat cela. Tekanan dari atasan dan lingkungan menambah beban hidup yang semakin tinggi. Hal ini menjadikan tingkat stress semakin tinggi dari tahun ke tahun. Di luar negeri bahkan ada yang sampai memutuskan untuk bunuh diri akibat tekanan hidupnya.

Stress sepertinya tidak bisa dihindari oleh mereka yang memiliki tekanan pekerjaan meskipun secara finansial kemungkinan lebih mapan. Namun pada kenyataannya ekonomi yang tinggi belum tentu menjamin seseorang itu bisa bahagia. Untuk itu dibutuhkan kematangan emosi dan ketenangan fikiran agar stress tidak semakin berlanjut.

Salah satu cara untuk bisa mengontrol emosi adalah dengan cara meruqyah diri sendiri. Ruqyah merupakan salah satu tehnik penyembuhan dari penyakit 'ain (hasad mata) seperti sengatan hewan, sihir, gila dan kerasukan jin. Umumnya ruqyah dilakukan secara berjamaah namun bukan berarti ruqyah tidak bisa dilakukan sendiri.

cara meruqyah diri sendiri

Waktu yang tepat untuk melakukan ruqyah

Ruqyah untuk diri sendiri dapat dilakukan setiap hari selepas salat subuh atau tahajjud karena ketika itu suasana sedang sepi sehingga bisa lebih khusuk. Ruqyah untuk diri sendiri sangat bermanfaat karena selain dapat menjaga diri dari gangguan jin juga dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Ketenangan yang didapat dari ruqyah karena ayat yang dibaca semuanya berujung pada kepasrahan diri dan mengakui ke-Esa-an Allah.

7 Ayat yang dibaca ketika ruqyah

Adapun ayat yang dibaca ketika ruqyah adalah:
Surah Al - Fatihah 1 kali
Seperti yang kita tahu bahwa surah Al Fatihah adalah surah yang agung dan paling utama dimana setiap salat kita mengulang-ulang bacaanya. Dalam surah ini berisi pujian kepada Allah sebagai zat yang agung dan permintaan untuk diberikan jalan yang lurus agar selamat di akhirat nantinya.
Surah Al-baqarah 5 ayat pertama
Al baqarah artinya sapi betina ini sesuai dengan kisah dari surat tersebut yang menceritakan tentang sapi betina untuk dikurbankan pada masa Nabi Musa a.s. Namun jika diringkas surah al baqarah memiliki tiga keutamaan yaitu sebagai penjagaan diri, pengusiran dari gangguan jina serta penyembuhan terhadap penyakit yang tidak kasad mata.

Sesuai dengan hadist riwayat Muslim yang artinya : "Janganlah kalian menjadikan rumah laksanan kuburan, karena sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah al baqarah".
Ayat kursi 1 kali
Ayat kursi merupakan bagian dari surah al baqarah. Ayat kursi memiliki keutamaan yang tidak kalah penting seperti yang dikatakan rasulullah dalam hadisnya "Di dalam surah al baqarah ada ayat yang dinamakan penghulu Al qur-an, yakni ayat kursi. Tidaklah ayat itu dibaca dalam rumah yang ada syetannya kecuali syetan itu akan keluar darinya" (HR Hakim).

Ayat yang terakhir dari surah Al-baqarah
Sebagai penjagaan diri dari gangguan jin maka dua surah terakhir dari al baqarah bisa menjadi tameng yang kuat. Hal ini mengacu kepada hadis Rasul yang mengatakan bahwa "Barangsiapa yang membaca dua surah terakhir dari al baqarah dimalam hari, maka cukuplah baginya untuk melindungi diri dari marabahaya" (HR Bukhari - Muslim). 

Surah Al-ikhlas 3 kali
Jika dilihat dari artinya, surah al ikhlas merupakan bukti pengakuan seorang hamba terhadap ke-Esa-an Allah. Hanya Dia yang satu dan layak disembah. Surah al ikhlas ini sebanding dengan sepertiga dari al qur'an.
Surah Al-Falaq 1 kali
Surah Al Falaq mampu melindungi diri dari gangguan jin baik jin laki-laki maupun perempuan. Dikisahkan pada zaman rasul dahulu ada seorang sahabat yang diajarkan oleh rasulullah tentang surah yang luar biasa manfaatnya, surah itu adalah Al falaq dan An-Nas.
Surah An-Nas 1 kali
Surah An-Nas selalu dibaca bersamaan dengan surah Al Ikhlas dan Al Falaq ini bukan berarti tidak memiliki makna. Membaca ketiga surah ini fadilahnya sama dengan mengkhatamkan Al qur'an. Adapun keutamaan surah An-Nas adalah menceritakan tentang manusia. Isi surah ini menganjurkan manusia untuk memohon perlindungan kepada Allah baik dari gangguan jin maupun manusia.

Demikianlah  kisah dari 7 ayat yang ampuh untuk ruqyah diri sendiri semoga bermanfaat.
Back To Top