Plus Minus Facebook dan Twitter

image diambil dari internet
Facebook dan twitter, hmm rasanya entah sudah berapa blogger yang membahas ini lewat tulisan mereka masing-masing. Ya kedua Media Sosial ini memang masih memiliki rating tertinggi yang banyak digunakan masyarakat. Kali ini aku ngga mau membahas Facebook dan Twitter panjang-panjang bukan apa-apa, karena memang aku suka nulis pendek, singkat dan aku usahakan sejelas mungkin. Ini hanya sekedar opini tanpa diminta dari seorang emak-emak yang juga menggunakan kedua SocMed ini saban hari. 



Beberapa hari yang lalu di KEB, bunda Yati agak berat dengan salah satu syarat yang diajukan oleh panitia SrikandiBlogger yang mengharuskan menggunakan twitter sebagai salah satu media untuk woro-woro dan menjalin silaturahmi. Twitter memang agak mirip sama Facebook, menurut sebagian orang kedua SocMed ini sama-sama gampang di gunakan. Tapi eits tunggu dulu gak semua orang lho bisa bilang gitu, gampang menurutmu bukan berarti gampang untuk semua orang. Aku sendiri misalnya, sampe sekarang masih banyak bingungnya kalo menggunakan twitter, misalnya gimana caranya nyari teman, caranya upload foto dan mention ke banyak orang.

Twitter ini satu masalahnya (menurutku) kalau kita follow orang belum tentu dia juga mau balik follow kita. Mungkin pendapatnya gini kali yah,

 "idih siape elo, gak penting juga kalee gua follow. Kalo loe follow gue, itu wajar secara gue emang keren, terkenal, cakep, bla....bla..bla." #plakk..plakk..plakk.

 Beda sama Facebook, kalau ada permintaan pertemanan secara otomatis kita akan saling berteman. Jadi gak ada tuh cerita kita aja yang ngikutin dia, dia juga kudu ngikutin kita. Sampe di sini FB dan Twitter punya skor 1-0.  Kadang aku suka sedikit kesel juga sih sama kondisi twitter yang kayak gitu, kesannya kok kita yang butuh jadi akhirnya timbul tuh persaingan mencari follower terbanyak. Makanya pas KEB bikin peraturan kudu saling follow aku senyum-senyum senang soalnya kita jadi sama-sama membutuhkan gak harus cuma kita aja yang follow, orang lain juga kudu follow kita :). 

Trus Fb sekarang nulisnya juga bisa panjang-panjang kalo kalian kuat mau nulis 4 halaman word juga di tampung tuh sama Fb, beda sama Twitter dia cuma mau nampung 140 karakter aja, kalo mau berkoar lebih lanjut bisa kasih link. Di sini twitter aku rasa unggul dari fb karena ngga semua orang mau baca link tersebut, paling baca judulnya doank, kalo mau baca ya monggo ngga juga gak papa. Skor 1-1. 

Selanjutnya di Fb kita bisa upload banyak foto dan bikin albumnya sekalian, sementara twitter hanya bisa upload 1 foto dalan setiap status. Jadi buat yang suka upload foto banyak-banyak kayaknya cocok di fb deh. Karena sepertinya twitter mengamalkan sistem kesederhanaan, singkat jelas dan padat. Yah apapun itu intinya kedua SocMed ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan di sana-sini. Tapi semuanya tetep bertujuan untuk memudahkan kita berkomunikasi dan saling berbagi informasi dimanapun kita berada. Setujuuuu......? cakep

 
Tag : iseng
Back To Top