4 Basic Skin Care Untuk Kulit Lebih Sehat dan Tidak Mahal


Teman, saya mau nanya dong. Basic skin care apa yang kalian gunakan dan terbukti ampuh merenovasi wajah kalian? Seriusan kalau tema ini saya post di FB, yakin pasti banyak yang komen. Sebab, dalam kehidupan perempuan itu ada banyak hal yang ngga boleh di usik. Misalnya, berat badan, cara pengasuhan anak, ibu bekerja atau ibu rebahan, ASI atau SuFor dan skin care.

Jadi berasa tertantang untuk pamerin segala merk skin care yang sedang dia gunakan gitu, Gaes. Serulah pokoknya kalau udah ngomongin perskinkeran. Wkwkwkkw. Dan, saya sendiri termasuk yang sedang konsen terhadap skin care loh, soalnya di pipi udah muncul flek hitam, gaes. Huhuhuhu

Kulit pipi bagian dalam yang deket hidung udah kelihatan banget gosongnya, gaes. Jadi ngga pede. Haduh jadi curhat loh. Terus karena ngga pengen terkurung dalam kesedihan mulailah jiwa pembalasan meronta-ronta. Flek hitam kudu musnah. Singsingkan lengan baju. It’s time tu hunt the skin care. Yeaah.

Basic Skin Care yang Kamu Wajib Ada


Sebelum saya bahas mengenai produk. Kayaknya perlu saya kasih tahu dulu mengenai youtuber yang telah memperbaiki pola pikir saya terhadap skin care. Bukan Tasya Farasha, bukan Suhay Salim atau biuti vlogger cewek lainnya. Tapi, biuti vlogger cowok, gaes. Ya ampun! Waktu pertama kali lihat videonya saya tu agak-agak annoying gitulah. 

Yah, negatif think dikit secara ini cowok loh. Mosok sih segitu care nya dia dengan skin care. Tapi, ketika masuk ke satu videonya saya jadi klik lagi video lainnya, begitu seterusnya sampe ada 5 video kali ya. Mana satu video itu durasinya rata-rata 20 menitan tapi saya rela aja gitu ngabisin paket demi untuk dengerin dia ngoceh soal skin care.

Yang bikin saya tertakjub-takjub adalah betapa gamblangnya dia mereview sebuah produk. Kalau jelek ya, jelek. Kalau menengah, ya, menengah. Kalau oke, ya, dia bilang okay. Review jujur mungkin ya. Semoga.

Nah, dari dengerin vlognya di Om Ded ini, saya jadi tahu kalau kita perlu setidaknya 4 jenis basic skin care yang emang bener-bener cocok untuk kulit. Karena ini sifatnya basic atau dasar. Yang kalau salah pilih, maka segala produk kecantikan atau make up yang kita templokin ke mukak bakal menimbulkan efek samping yang ngga bisa dianggap remeh. Kayak misalnya flek hitam ini. Serius, Gaes susah banget buat ngilanginnya.

Oke. Apa aja sih basic skin care yang kamu wajib ada?

  1. Facial wash atau sabun cuci muka
  2. Toner atau penyegar
  3. Moisturizer atau pelembab, dan
  4. Sun protection atau krim pelindung matahari.

Baca Juga : Ini Dia 3 Cara Ampuh Atasi Jerawat

Basic skin care yang cocok untuk kulit berminyak dan sensitif


Saya ngga bahas soal jenis kulit yang lain dulu ya, saya bahas yang berminyank dan sensitif sebab itu memang jenis kulit saya. Dan… ternyata saya dan si vlogger junjungan saya itu jenis kulitnya sama, gaes. Makanya saya cocok ngikutin vlognya dia. Jodoh kali ya, wkkwkwkw.

Sebagai pemilik kulit berminyak dan sensitif, saya kudu ekstra hati-hati memilih skin care. Dimulai dari facial wash atau sabun cuci mukanya. Oke, ada satu informasi yang pernah saya dapat dari FB bahwa ada memang jenis produk yang jarang di bahas oleh para biuti vlogger misalnya tentang bagaimana cara kita mengenali kulit kita sendiri.

Mungkin produk itu  maksudnya produk yang sedang di review mereka ada fee nya. Sebab itu, klaimnya selalu pastilah aman. Padahal ngga gitu juga.

Kalau kalian pakai sabun pembersih wajah, pastikan ianya ngga bikin kulit jadi kering apalagi sampe kerasa sakit. Ini penting, kawan. Jangan tergoda sama janji-janji si perusahaan produk tersebut. dan jangan menyangka hanya dengan sebijik facial wash kulitmu akan glowing seperti slogan yang tengah booming di setiap produk skin care. Dan, setelah melewati serangkaian uji coba facial wash. Pilihanku jatuh pada:

Viva Milk Cleanser. 



Yup, jangan sepele sama produk yang murmer ini, gaes. Inget loh, dia ini legend. Sebelum banyak segala jenis produk yang bertebaran, Viva sudah melanglang buana khususnya di nusantara. Salah satu produk paling legend ya, Viva Milk Cleanser ini. Saya pilih yang green tea sebab kulit saya ini mudah banget jerawatan. Kadang rasanya udah merawat bener-bener, tetep aja jerawatnya nongol. Gemesh banget.

Viva Milk Cleanser sangat lembut karena basic formulanya susu pembersih. Teksturnya juga lembut dan wanginya ngga tajam banget. Saya suka pake sehari bisa 3 – 4 kali untuk cuci muka. Dan dengan pemakaian sesering itu, Viva Milk Cleanser ngga bikin kulit saya jadi kering  apalagi kemerahan. Kalian boleh coba dan saya bener-bener rekom loh sama produk ini. Harganya juga murce merince, Cuma Rp7.000 atau mungkin lebih, tergantung daerah tempat tinggal kalian ya.

Yang kedua, Viva Face Toner dan Viva Air Mawar 



Dua penyegar ini kalau digabungin dalam satu wadah serius bikin wajah nampak glowing loh. Saya masukkan Viva Face Toner dan Viva Air Mawar dalam satu wadah botol spray terus di semprotin ke wajah bila selepas mencuci wajah, selepas mandi dan berwudhu atau saat wajah dalam keadaan kering.

Tadinya, saya menggunakan kapas wajah saat mengaplikasikan toner ini, tapi akhirnya jadi bikin saya menggosok muka dengan kuat. Padahal itu ngga boleh. Kalau kata biuti vlogger Om Dedi Channel junjungan saya itu. Muka kita bukan piring apalagi bokong kuali yang harus digosok dengan kuat. Wwkkwkw.

Jadi, untuk mengakali supaya tanganku ini ngga menggosok muka lagi, saya pakai botol spray aja. Tinggal set, set, set semprot terus tepuk-tepuk muka dengan ujung jari supaya tonernya meresap. Hasilnya kulit saya jadi fresh, lembab dan sedikit glowing. Jangan harap langung glowing kinclog, ya. Semua butuh proses!

Ke tiga, moisturizer atau pelembab wajah dari Wardah Perfect Bright 


Pelembab wajah adalah produk kulit yang ngga boleh missed, gaes. Sebab fungsi dari pelembab, ya seperti namanya. Melembabkan. Jadi carilah moisturizer wajah yang bener-bener bisa bikin kulit wajahmu nyaman.

Saya memilih Wadah Perfect Bright sebenernya ngga sengaja sih. Pas, datang ke indomaret. Eh, dia diskon. Beli dong. Sewaktu saya pakai dia langsung meresap ke kulit dan ngga ninggalin rasa lengket. Ini favorit saya banget. Sebelumnya saya pernah pakai Pond’s moisturizer Juice Collection. Bagus sih, tapi lama-lama wajah saya jadi tambah berminyak. Wanginya enak tapi wangi aja ngga cukup deh kayaknya. Jadi saya berhenti dulu pakai produk ini. Mungkin di kalian lebih baik, ya.

Terakhir Sun Protection dari Emina SPF 30 dan Wardah UV Shield SPF 50 


Kenapa sampai punya dua Sun Protection sih? Karena kegunaanya juga beda, gaes. Awalnya aku pake yang Wardah UV Shield SPF 50, tapi setelah aku lihat-lihat lagi video dari para biuti vlogger kita ngga perlu-perlu banget pake yang SPF nya 50. Gunakan hanya jika sedang berada di luar ruangan lebih dari 3-4 jam, selebihnya meskipun pake yang SPF 50 tetap aja ngga ngefek. Kalian harus segera menghindar supaya ngga gosong.

Emina saya pilih yang SPF 30, maksudnya untuk di dalam rumah. Atau kalau mau keluar rumah tapi ngga lama-lama. Tapi, kayaknya Emina ngga cocok, Gaes. Teksturnya lengket di kulit wajahku dan bikin minyak di wajah makin gemerojos. Ngga nyaman banget, mungkin untuk kalian yang kulitnya kering atau normal cocok kali, ya. Tapi, untuk yang berminyak dan sensitif kayak saya. Hmm… ngga rekom deh.

Well, itu aja ngobrol santai soal 4 basic skin care untuk kulit lebih sehat dan tidak mahal. Kenapa tidak mahal, karena memang ngga ada yang serius menguras kantog, gaes. Seingatku, yang paling mahal Cuma Wardah UV Shield SPF 50 aja. Saya beli seharga Rp50.000. Selebihnya, Cuma di kisaran bawah Rp30.000. Harga bisa jadi berbeda sesuai dengan daerah tempat tinggal ya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Back To Top