5 Pilihan Obat Yang Dapat Meredakan Diare



Masalah dan gangguan pada perut memang seringkali dirasakan oleh sebagian orang. Penyebabnya sih beragam dan boleh menyerang orang dengan berbagai usia. Mulai dari lansia sampai anak-anak bisa kena sakit perut.

Penyebabnya sih beragam ya. Bisa karena makanan yang ngga bersih, tangan atau alat makan yang ngga bersih sampai alergi pada suatu makanan. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat perut terasa sakit dan mulas, namun salah satu gangguan yang seringkali terjadi pada perut adalah Diare.

Ya, penyakit satu ini rasanya sering sekali menganggu kesehatan perut baik pada orang dewasa maupun pada anak – anak. Tidak jarang masalah diare ini juga seringkali mempengaruhi aktivitas sehari – hari.

Diare sendiri sebenarnya merupakan penyakit gangguan pencernaan yang menyebabkan seseorang menjadi lebih sering buang air besar dari biasanya dan kotoran yang dikeluarkan pun akan cenderung lebih cair dari tekstur kotoran pada umumnya. Selain itu gejala lain yang dirasakan pada orang diare adalah perut yang melilit, kembung, dan juga rasa lemas dan mual.

Biasanya untuk meredakan gejala yang dirasakan akibat diare ini kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat – obatan yang memang dipercaya bisa meredakan gejala dan rasa nyerinya. Kira – kira obat – obatan apa saja yang dipercaya bisa meredakan penyakit diare ? Berikut ini terdapat rangkuman jenis obat – obatan yang ampuh untuk mengatasi diare.


Attapulgite


Attapulgite ini merupakan salah satu obat yang didalamnya terdapat kandungan zat yang daoat memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air dan akhirnya membuat kotoran yang keluar menjadi lebih padat. Dengan mengkonsumsi obat ini juga rasa sakit perut yang dirasakan akan berangsur – angsur mereda.

Biasanya obat ini mudah ditemukan di apotek dengan berbagai merk dagang karena obat ini dijual bebas. Namun anda harus berhati – hati jika mengkonsumsi obat ini terlalu lama karena bisa memberi efek sembelit.

Loperamide (Imodium)


Loperamide ini juga merupakan obat diare yang bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus besar yang akhirnya membuat kotoran akan keluar dalam bentuk yang lebih padat. Namun untuk bisa mengkonsumsi obat ini anda diharuskan melakukan konsultasi dengan dokter terkait karena obat ini tidak bisa dibeli secara bebas dan harus menggunakan resep dokter.

Obat ini juga tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, cair, ataupun tablet hisap yang bisa meleleh. Dosis penggunaan obat inipun setiap harinya dibatas tidak boleh lebih dari 16 mg.

Bismuth Subsalicylate (Pepto-bismol)


Obat ini sebenarnya lebihsering digunakan untuk meredakan nyeri perut akibat sakit maag. Namun di beberapa kasus obat ini juga mampu menghambat penyebaran bakteri yang bisa menyebabkan diare karena obat ini memiliki sifat antidiare dan anti peradangan.

Cara kerja obat ini yaitu dengan memperkuat dinding lambung dan juga usus kecil agar melindungi organ pencernaan lain dari gangguan infeksi bakteri. Anda bisa membeli obat ini di apotek tapi harus dengan menggunakan resep dokter karena obat ini tidak dijual bebas.

Oralit


Obat satu ini pastinya sudah sangat populer untuk meredakan sakit diare yang dirasakan. Didalam obat ini mengandung senyawa elektrolit dan mineral yang berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Obat ini tersedia dalam bentuk serbuk yang biasa dilarutkan bersama dengan air. Efek penggunaan obat ini biasanya akan terasa setelah 8 jam.
Anda bisa membeli obat ini di apotek tanpa menggunakan resep dokter karena obat ini dijual secara bebas.

Suplemen probiotik


Cara lainnya untuk mengatasi diare selain meminum obat adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung senyawa bakteri E.Colli dan Salmonella. Zat tersebut merupakan zat yang baik bagi tubuh karena dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan diare dan peradangan usus.

Jadi teman-teman kalau kalian mengalami gejala sakit perut, seperti mulas, melilit dan dibarengi muntah, kalian boleh cari beberapa alternatif pengobatan di atas, semoga lekas sembuh.

Tag : artikel
Back To Top