Resep Asam Pedas Ikan Salam, Menu Sahur Enak yang Wajib Dicoba

Resep asal pedas ikan salam, menu sahur enak yang wajib dicoba - Ibu ibu pernah dengar ikan salam atau ikan salem? Kalau pernah berarti sering ke pasar tradisional ya. Ikan salem sekilas memang mirip ikan salmon. Bahkan abang-abang di pasar juga mengenalkan nama ikan ini sebagai ikan salmon. 

Sebagai ibu yang kadang suka lihat jenis-jenis ikan di supermarket dahi saya langsung berkerenyit. "Masak iya, ini ikan salmon? Beda bang...." Kata saya. 
Si abang ikan bilang "Ini salmon lokal, Bu. Nama lokalnya ikan salam"
Beugh si abang, beda kali bang ikan salam sama salmon mah.

Perbedaan ikan salmon dan ikan salam
Ikan salmon memiliki ciri daging yang tebal berwarna orange dan jika dimasak lemak ikannya akan keluar banyak. Warna kulit yang agak terang dan ukuran ikannya besar. Ikan salmon hidup di samudra altantik dan pasifik. Merupakan ikan yang lahir di air tawar lalu bermigrasi ke laut. Secara umum ikan salmon mahal karena berasal dari luar negeri yang artinya ikan import.

Ikan salem memiliki ciri daging yang tebal tapi berwarna putih jika dimasak lemaknya tidak banyak keluar. Warna kulit yang gelap kehitaman, memiliki sisik halus dan tidak mengganggu serta ukuran tubuhnya yang lebih kecil dari ikan salmon. Lahir dan besar di lautan hampir diseluruh dunia jadi jangan heran kalau ikan ini ada dibanyak negara tentunya dengan nama yang berbeda.

Ikan salem lebih murah dibanding ikan salmon. Iya dong secara ikan salem ada di laut Indonesia makanya sering dijumpai dipasar tradisional. Dan sebagai pecinta pasar tradisional ikan ini wajib dibeli setiap kali saya ke pasar. Harga yang murah, nilai gizi yang baik serta mudah dalam pengolahannya menjadikan ikan in favorit di rumah.

Ikan salem enak dimasak apa saja tapi kali ini saya akan berbagi resep asam pedas ikan salem sebagai salah satu varian menu sahur enak dibulan ramadhan. 

asam pedas ikan salam
foto pribadi

Resep asam pedas ikan salem mudah saja kok, Bu. Olahannya hampir sama dengan ikan lainnya jadi jangan risau lama nyiapin menu sahur

Bumbu asam pedas:
Cabe merah 1/2 ons
Cabe rawit 5 buah atau sesuai selera
Bawang merah 5 buah
Bawang putih 4 buah
Ketumbar 1/2 sdt
Kemiri 2 buah
Kunyit secukupnya
Jahe secukupnya
Tomat belah 4
Asam belimbing atau bisa juga gunakan asam kandis
Gula garam secukupnya
Penyedap rasa bila suka

Bahan menu sahur asam pedas:
Ikan salem 1 kilo potong jadi bulat jadi beberapa bagian.

Cara memasak asam pedas ikan salem:
Lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan garam lalu sisihkan. Blender halus semua bumbu kecuali tomat. Tumis bumbu halus masukkan daun salam dan serai setelah harum beri air 1/2 liter biarkan mendidih. Kemudian masukkan ikam salam. Beri asam belimbing atau asam kandis, garam, gula dan penyedap. Terakhir masukkan tomat dan icip rasanya, jika sudah pas biarkan mendidih dan air menyusut. Angkat sajikan hangat.

Catatan: Bagi yang tidak suka ikan yang langsung dimasak mentah bisa juga digoreng dulu tapi jadinya tekstur ikan agak kering. Ada juga kan orang yang ngga suka ikan mentah langsung di masak asam pedas maunya digoreng dulu. Ya monggo disesuaikan saja.

Resep asam pedas ikan salam sebagai menu sahur enak ini juga cocok disajikan untuk makan malam kalau ngga habis bisa dihangat karena bumbuny akan semakin meresap. Jangan lupa kasih ke tetangga biar pahala puasanya nambah. Selama mencoba.
Back To Top