Ketahui 7 Macam Lampu Lampion Imlek Ini Yuk!

Dwina.net - lampion Imlek merupakan aksesoris wajib yang harus dipajang setiap rumah saat perayaan tahun baru China. Tahun 2019 merupakan tahun baru 2570 berdasarkan kalender Tionghoa. Tak hanya sebagai dekorasi dan lambang persatuan, kebahagiaan dan kemakmuran, lampion juga digunakan sebagai penerangan rumah yang cantik.

Macam-Macam Lampu Lampion untuk Imlek
Ada berbagai macam lampion Imlek yang mungkin wajib Anda ketahui berikut ini.

imlek
pixabay

Lampion oriental
Tak hanya menjadi dekorasi Imlek  saja, lampu lampion merupakan atribut budaya yang banyak dipajang di negara oriental seperti China, Jepang, Korea, Vietnam dan lain-lain. Warna lampion yang sering digunakan adalah merah sebagai simbol pembawa keberuntungan dan penolak segala bahaya atau keburukan.

Lampion China
Lampion satu ini memang lebih sering digunakan sebagai perayaan kegiatan keagamaan seperti Imlek di China. Ada beberapa versi mengenai asal muasal lampion Imlek yang dipercaya mulai ada sejak dinasti Han hingga lampion digunakan sebagai perayaan Imlek pada masa Dinasti Ming.

Versi cerita lain menyebutkan ada seorang perampok bernama Lie Cu Seng yang merampok harta orang-orang kaya pelit pada masa Dinasti Ming dan membagikan pada rakyat jelata. Lie Cu Seng menginformasikan bahwa orang yang ingin mendapatkan bagian harta tersebut harus memasang lampion berwarna merah di depan rumah. Konon katanya pemasangan lampion merah ini merupakan penghargaan pada jasa Lie Cu Seng yang menjadi cikal bakal pemasangan lampu lampion Imlek.

imlek
pixabay

Lampion Jepang
Jika lampion China lebih identik dengan variasi dan warna merah yang terang, lampion Jepang lebih berkesan simpel dan sederhana. Lampion Jepang terbuat dari bahan bambu mirip kapsul tanpa adanya aksesoris tambahan lain.

Lampion Korea
Ciri khas yang paling menonjol dari lampu lampion Korea adalah pemilihan warna yang lebih beragam. Dalam satu lampion terdapat berbagai warna yang disusun bertingkat seperti biru, hijau dan merah.

imlek
pixabay

Lampion Vietnam
Di Vietnam, lampu lampion Imlek memiliki karakteristik tersendiri yaitu bentuk yang mirip balon gas bagian atas besar sedangkan bagian bawah lebih kecil dilengkapi tasel.

Lentera lilin
Lampion dengan bentuk lilin telah digunakan sejak zaman nenek moyang yang kini lebih dikreasikan menarik. Komposisi utama lilin tidak dihilangkan namun kombinasi hiasan lebih unik sehingga menciptakan kesan elegan pada jenis lampion lilin ini.

Lampion terbang
Lampion terbang bukan lagi hal yang asing sebab sering digunakan untuk acara keagamaan atau pesta tertentu. Pada zaman dahulu, lampion terbang telah digunakan pada jaman perang Samkok pada tahun 222-265 yang merupakan kode komunikasi rahasia di kalangan prajurit. Seiring berjalannya waktu, lampion terbang tetap digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakat hingga sekarang.

imlek
pixabay

Lampion terapung
Lampu lampion Imlek memang jarang yang menggunakan jenis lampion terapung sebab jenis lampion ini direkomendasikan pada pertengahan tahun. Berdasarkan versi cerita yang berkembang, asal lampion ini dari Thailand. Lampu lampion diterapungkan ke sungai sebagai penghormatan pada roh air atau Festival Loi Karathong. Ada pula sumber lain yang menyebutkan bahwa lampion terapung yang dihanyutkan ke sungai bertujuan membantu roh yang gentayangan menemukan jalan mereka kembali.

Beberapa referensi dari aneka lampion di atas mungkin bisa memberikan informasi untuk Anda. Anda bisa membuat desain lampion sendiri di rumah dengan mengembangkan ide dan kreatifitas sendiri. Kalau Anda ingin mendapatkan produk lampion yang berkualitas, bisa langsung memilih katalog lampu lampion Imlek di Bukalapak. Dapatkan harga yang sesuai kantong dengan kualitas lampion terbaik hanya di Bukalapak.

Tag : Fashion
Back To Top