Tips Pijat Bayi Lengkap

Dwina.net - Tips Pijat Bayi Lengkap

Pijat bayi adalah salah satu treatment yang sudah sejak lama di lakukan. Bahkan seingat saya jaman dulu nenek saya adalah seorang ahli pijat bayi. Banyak para ibu yang datang membawa bayinya untuk dipijat oleh nenek saya. Dulu saya fikir memijat bayi harus ke ahlinya, ternyata dengan kemajuan teknologi informasi saya tau bahwa pijat bayi bisa dilakukan oleh ibunya sendiri.

Kunci dari memijat bayi pertama jangan panik. Itu bayi ibu, tentu ibu akan memperlakukannya dengan lemah lembut bukan? So, lakukan pemijatan pada bayi dengan lemah lembut. Ingat, ibu akan memijat bayi bukan orang dewasa, tentu harus dilakukan secara perlahan dan penuh kasih sayang. 

Kemudian percaya diri, jika ibu tidak percaya diri tentu hasilnya juga tidak akan memuasakan. Bayi pun bisa sakit. Jadi bekali dulu diri dengan pengetahuan pijat bayi, pelajari dengan teliti untuk kemudian praktekkan pada bayi. 

Hal ini pun pernah saya praktekkan sendiri berbekal disc player yang saya dapat dari salah satu produk bayi, saya mendapat tutorial lengkap pijat bayi bersama dengan manfaatnya. Bagi ibu yang ngga punya disc nya berikut saya share tutorial tips pijat bayi lengkap. 

Tutorial memijat dada dan perut bayi
 

1. Pijat dada dan perut
Tempatkan bayi dalam sikap telentang dan letakkan tangan anda pada sekeliling bahunya.

2. Gerakkanlah keduabelah tangan dengan perlahan dan lemah lembut pada dada dan perut bayi

3. Putarkanlah pangkal telapak kedua tangan anda ke arah luar dan ujung jari anda ke arah dalam, dan gerakkanlah kedua tangan anda ke atas dengan perlahan pada dadanya.

4. Bila kedua belah tangan anda sampai di bahu bayi, letakkanlah jari anda di bagian belakang lehernya dan turunkanlah tangan anda melalui dadanya. Ulangilah seri gerakan ini sebanyak 6 kali.


Jika dada dan perut bayi diusap dengan perlahan dan lemah lembut peredaran darahnya akan terangsang dan otot-ototnya akan rileks. dengan memijit dada dan perut maka bagian-bagian di dalam tubuh juga akan terangsang

Tutorial pijat bahu dan lengan bayi serta manfaatnya.


1. Letakkanlah bayi dengan sikap telentang dan gapailah bahunya dengan lemah lembut dengan keuda belah tangan anda. Pijitlah keuda bahunya perlahan-lahan sebanyak 4 kali dengan gerakkan melingkar ke arah dalam.

2. Peganglah sekali lagi kedua bahu bayi anda. Gapailah kedua lengannya dan gerakkanlah kedua belah tangan anda melalui lengan ke jurusan kedua tangannya. Ulangi gerakan ini 4 kali.

3. Peganglah lengan dan bahu kanan bayi dengan kedua belah tangan dan usaplah dengan tangan anda bagian dalam dan luar lengannya dari bahu sampai ke tangannya berganti-ganti. Lakukan gerakan ini 6 kali.

4. Peganglah lengan dan bahu kiri bayi dengan kedua belah tangan anda dan ulangilah gerakan yang sama seperti pada nomor 3 sebanyak 6 kali.


Bayi pun sering mengalami ketegangan pada bahunya seperti kita. Dengan mengusap dan memihit bagian badannya itu anda melepaskan sebagian ketegangannya dan membantu bayi untuk rileks.

Tutorial pijat dada dan punggung bayi


Memijit secara merata pada dada dan punggung bayi tidak hanya menolong mengatur pernapasannya, tapi juga merangsang peredaran darahnya.

1. Letakkan bayi dengan sikap telentang dan taruhlah kedua tangan anda pada dadanya dengan ujung jari anda mengarah ke kedua sisi rusuknya secara genggaman. Mungkin anda mampu untuk menutup seluruh dadanya dengan kedua belah tangan.

2. Pijitlah dengan lemah lembut ke arah luar, sambil berusaha agar tangan anda menjangkau sejauh mungkin pada seluruh bagian punggung bayi.

3. Dengan menggunakan jari jemari tekanlah mula-mula ke dalam punggung bayi kemudian gerakkanlah tangan anda ke jurusan dadanya melalui kedua belah sisi tulang rusuknya. Ulangilah gerakan ini sebanyak 6 kali.

Tutorial pijat lengan dan tangan bayi
 

1. Letakkan bayi di punggung dan pegang tangan kirinya erat-erat dengan tangan kiri. Angkat lengannya sambil meletakkan tangan kanan kita di bawah bahu kirinya. Usaplah tangan kanan lewat lengan kiri bayi sampai berhenti di tangan kiri bayi.

2. Sambil memegang erat tangan kiri bayi dengan tangan kanan peganglah lengan kirinya di bawah ketiak dan usaplah dengan tangan kiri sampai berhenti di tangan kanan. Ulangi seri gerakan ini 6 kali.

3. Sekarang pegang tangan kiri bayi dengan tangan kiri, sedangkan lengan kirinya anda pegang dengan tangan kanan. Geserlah tangan kanan anda lewat lengan bawahnya. Melalui pergelangannya sampai kepegang tangan kirinya dengan tangan kanan anda.

4. peganglah lengan bawah kiri bayi dengan tangan kanan anda dan pijitlah tangan kirinya dengan lemah lembut dengan jari. Ulangilah seri gerakan ini sebanyak 6 kali dan ulangilah seri gerakan ini sekali lagi sebanyak 6 kali pada tangan lain.

Tutorial pijit pinggul dan bagian belakang bayi


Latihan ini tidak saja merangsang peredarang darahnya, tetapi gerakan tangan anda membantu otot-ototnya untuk rileks dan berfungsi dengan lancar sebagaimana mestinya.

1. Teletanglah bayi dan tempatkanlah kedua belah tangan anda pada bagian depan kedua pinggulnya di atas pahanya.

2. Pijitlah dengan kedua tangan anda ke arah luar sehingga jari-jemari anda bertemu pada punggung bagian bawah bayi. Mungkin anda mampu melingkari pinggang bayi anda secara menyeluruh.

3. Jangkaulah dengan kedua tangan anda lebih jauh mengelilingi pinggul bayi dan pijitlah bagian belakangnya dan bagian bawah punggunya.

4. Angkatlah sedikit bagian bawah bayi dan pijitlah ke arah bawah kemudian kembali mengelilingi pinggulnya sehingga tangan anda bertemu dalam posisi semula. Ulangi seri gerakan ini sebanyak 6 kali.

Tutorial pijat punggung dan bahu bayi


Dengan memijit punggung dan bahu bayi dapat membantu mengurangi ketegangan di bagian tubuh itu. Bayi akan tidur lebih nyenyak jika otot-otot ini dalam keadaan rileks.

1. Tempatkanlah bayi dengan sikap telungkup. letakkan tangan anda pada punggungnya dengan jari tangan mengarah ke bahunya sementara pangkal tangan anda beristirahat pada bagian punggunya yang paling ramping.

2. Usaplah perlahan kedua tangan anda menuju ke atas melalui kedua bahunya.

3. Gapailah kedua bahu dan lengan atas bayi dengan kedua belah tangan dan lanjutkan pemijitan bahunya sementara menggenggamnya dengan erat namun lemah lembut. Ulangi seri gerakan ini sebanyak 6 kali.

Demikian tutorial tips pijat bayi lengkap. Bagaimana mudah dipahami bukan. Pijat ini tidak hanya bisa dipraktekkan pada bayi tapi juga pada anak yang aktif dalam kegiatan sehari-harinya. Terkadang anak yang sudah mulai belajar merangkak atau berjalan akan sulit di kendalikan karena ia menemukan ilmu baru dalam hidupnya. Tingkah polanya ini kadang menimbulkan rasa lelah pada bagian kaki dan tubuh bayi sehingga menyebabkan bayi tidur tidak nyenyak. Pijat bayi dapat membantunya lebih rileks dan tidur pun lebih nyenyak. Selamat mencoba.


Back To Top