Ini Dia yang Mesti Diperhatikan Ketika Belanja Domain

Dwina.net - Apapun alasan Kamu membuat blog atau website, pastikan Kamu tahu tentang domain dan printilannya!

fancycrave1/Pixabay

Memiliki blog atau website sudah merupakan hal yang lazim pada masyarakat kekinian. Motif kepemilikannya beragam, dari mulai sekadar iseng, memenuhi kewajiban tugas sekolah, menyalurkan hobi dan eksistensi diri, hingga yang serius memilikinya untuk kepentingan bisnis. Apapun motif dan tujuan Anda membuat blog atau website, pastinya Anda harus tahu tentang domain, dan hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan ketika membeli domain

Seperti diketahui, domain merupakan salah satu syarat ketika siapa pun ingin membuat situs. Nama domain akan menjadi hal yang eksklusif dan unik yang hanya dimiliki oleh satu web atau blog saja. Ia berfungsi mengidentifikasi suatu jaringan tanpa perlu ribet menggunakan alamat Internet Protocol (IP) memang yang sulit dihapal. 

Idealnya, Anda membeli domain yang mengandung kata kunci yang berkaitan dengan konten web Anda. Tapi mengingat sudah banyak orang yang memiliki domain, makin sulit bagi kita menentukan nama domain sebagaimana yang diinginkan. Anda bisa saa membeli domain unik dan mengandung kata kunci yang dijual kembali, tapi kemungkinan besar harganya mahal. 

Maka dari itu, berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda pakai ketika ingin membeli domain agar menunjang performa website atau blog Anda: 

1. Memakai Nama Brand
Anda mungkin membuat web untuk bisnis tertentu, di mana Anda punya nama perusahaan, produk dan brand yang sedang dibangun. Ketimbang menggunakan nama perusahaan untuk menjadi nama domain, Anda sebaiknya mengadaptasi brandnya untuk dijadikan nama domain website. Sebab, konsumen pastinya akan lebih sering mengucapkan dan mengingat suatu brand ketimbang nama perusahaan. 

Seperti pribahasa sambil menyelam minum air, dengan menggunakan nama brand, Anda bisa mengoptimalkan agenda promosi branding sekaligus tidak repot mencari nama unik untuk domain web Anda.

2. Menggunakan Nama yang Ringkas dan Khas
Hindari memilih nama domain yang panjang, sulit diingat dan diucapkan, serta terdiri dari rangkaian kata yang ribet. Lebih baik Anda menggunakan nama yang pendek serta unik sehingga orang mudah menghapal dan mengaksesnya kapan saja. 

3. Bijak Memilih Ekstensi Domain
Domain memiliki kepanjangan alias ekstensi, di antaranya .com, .net, .org dan lain sebagainya. Pilihlah ekstensi domain yang masuk kategori top level alias paling populer, misalnya .com. Tapi tentu saja Anda bisa secara dinamis memilih ekstensi domain yang lain, menyesuaikan dengan konten web dan kebutuhan web lainnya. Berikut ini penjelasan singkat seputar jenis-jenis ekstensi domain:

Photo Mix/Pixabay

a. Com
Domain .com (dibaca dot com) merupakan salah satu domain paling populer di dunia, sehingga termasuk dalam kategori top level domain. Com merupakan kependekan dari commercial alias komersil, sebab pada awalnya domain ini memang ditujukan untuk membuat web bisnis. Namun seiring waktu, fungsi .com menjadi lebih luas dan general untuk menamai web dengan konten random.  

b. Net
Net merupakan kependekan dari network atau Networking. Disebut begitu, sebab pada awalnya pengguna domain ini adalah perusahaan yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi, komputer dan layanan jaringan internet lainnya. Sama dengan .com, untuk saat ini penggunaan .net tidak membutuhkan syarat khusus karena menyesuaikan dengan selera masing-masing pemilik web.

c. Org
Organization atau disingkat .org merupakan ekstensi domain yang cocok untuk website organisasi, lembaga atau perkumpulan tertentu. Meski begitu, jika pun website Anda tidak mewakili suatu perkumpulan apapun, Anda tetap bisa menggunakan nama domain ini. Penggunaannya bersifat bebas dan tidak ada syarat khusus untuk mendapatkannya. 

d. Info
Nama ekstensi domain yang selanjutnya adalah .info atau information. Sebagaimana namanya, website ayng menggunakan nama ini idealnya mereka yang menyediakan ragam konten informative atau blog yang sifatnya personal.

e. Biz
Ketika Anda membuat website tentang bisnis, Anda bisa menggunakan nama ekstensi ini, di mana kelengkapan dari istilah .biz adalah business. Meski begitu, saat ini web bisnis justru lebih populer dengan menggunakan .com. Tidak ada yang salah ketika Anda ingin memilih nama ekstensi domain yang mana. Yang jelas keduanya bisa cocok untuk website bisnis maupun yang lainnya.

f. Id
Ekstensi domain ini ditujukan khusus untuk masyarakat Indonesia. Tapi ketika ingin menggunakan nama domain ini, Anda harus membuat ekstensi lain yang sesuai dengan konten bisnis Anda. Misalnya, ketika website berisi informasi perusahaan, maka idealnya Anda menggunakan .co.id. Ada pula .net.id ketika website yang dipakai membahas tentang jaringan dan telekomunikasi. 

Pilihan nama yang lainnya adalah .or.id. Nama ekstensi domain yang satu ini biasanya dipakai untuk website yang berkaitan dengan organisasi apapun, misalnya organisasi pemuda, sosial, politik, sastra dan bidang lainnya. 

Demikianlah informasi tentang hal-hal yang mesti diperhatikan ketika membeli domain. Semoga dalam setiap langkah kita dalam mengelola website dibarengi dengan ilmu dan pemahaman. Dengan begitu, peluang mengalami kerugian dari segi biaya dan waktu bisa terminimalisasi. Dengan kata lain, waktu Anda pun bisa lebih optimal dalam mengelola web secara efektif.

Tag : artikel
Back To Top