Cara Mengaktifkan Jaringan 4G


jaringan 4g axis

Kecepatan menjadi kunci penting dalam kesuksesan di zaman digital seperti sekarang ini. Baik itu dalam pengambilan keputusan maupun dalam hal yang berurusan dengan teknologi. Tak terkecuali jaringan internet, kita semua hidup dengan internet, dan tentu internet telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi hampir seluruh masyarakat di daerah perkotaan. Internet juga menjadi salah satu ujung tombak dan penentu kesuksesan banyak usaha maupun bisnis di dunia.


Banyak perusahaan dan individual yang hampir secara sepenuhnya mengandalkan internet sebagai penentu nasib mereka. Karena itu, tak dapat dipungkiri bahwa kecepatan internet menjadi faktor penting dalam urusan ini. Seperti semua hal, kecepatan adalah faktor penting, namun terlebih lagi dalam dunia internet, apabila anda mengandalkan jaringan internet yang lemot, hampir bisa dipastikan bahwa anda akan mengalami banyak sekali kesulitan dalam menyelesaikan banyak hal.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak provider internet di Indonesia yang sudah men-support jaringan komersil dengan konektivitas tercepat sampai saat ini, 4G. Beberapa diantaranya adalah Telkomsel, XL, Indosat, BOLT!, Axis, dan lain lain. Sejak awal diciptakannya smartphone, sudah banyak sekali perkembangan yang terjadi di jaringan internet, mulai dari 2G, 3G hingga sekarang 4G LTE (Long Term Evolution).

Untuk bisa menggunakan jaringan dengan kecepatan tinggi ini, anda harus memiliki smartphone yang memang mendukung penggunaan 4G LTE. Namun banyak dari kita yang sudah memiliki kartu SIM dan smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE, namun belum juga ada tanda tanda kemunculan logo 4G di bagian atas layar smartphone. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Baca selengkapnya dibawah untuk mengatasi masalah ini.

Syarat Mengaktifkan Jaringan 4G

Syarat yang sudah pasti perlu anda penuhi adalah kartu SIM dan ponsel cerdas yang mendukung konektivitas 4G. Selain itu, pastikan anda berada di area yang mendukung jaringan 4G ini, karena di Indonesia, baru sedikit area yang mendukung konektivitas internet dengan jaringan 4G, pada umumnya area area ini adalah area perkotaan besar.

Masing masing provider juga memiliki cakupan sinyal 4G yang berbeda beda, oleh karena itu pastikanlah anda berada di dareah yang di support jaringan 4G nya oleh provider anda dan pastikan juga anda masih memiliki paket data, baik itu paket data Axis, BOLT!, Telkomsel, Indosat, ataupun lainnya.

Aktifkan Jaringan 4G di Ponsel Cerdas Android Anda

Untuk menggunakan jaringan 4G di smartphne android anda, anda bisa buka setting lalu pilih bagian cellular data. Disana akan muncul jenis jenis jaringan yang bisa anda pilih, seperti 4G(LTE), 3G, atau 2G. Pilih 4G LTE, maka smartphone anda akan beralih ke mode 4G, tentunya jika area dan kartu SIM anda mendukung.

Aktifkan Jaringan 4G di iPhone

cara mengaktifkan jaringan 4g di iphone

Jika anda bukan pengguna Android, namun pengguna iPhone, maka langkah langkah yang perlu anda lakukan di ponsel anda adalah membuka app setting, kemudian setelah itu masuk ke menu Cellular, lalu lanjutkan ke bagian Cellular Data. Disana pilih Sound & Data.

Setelah masuk ke menu Sound & Data, klik tulisan 4G sehingga ia ter ceklis, dan selesai, tunggu beberapa saat, dan logo 3G di pojok kiri atas iPhone anda akan berganti menjadi 4G. Lagi lagi ini bergantung kepada area dan kartu SIM anda.
Back To Top