Wisata Alam Perkebunan yang Mempesona di Sumatera Utara

Dwina.net - Medan merupakan ibu kota dari Sumatera Utara dan di isi oleh berbagai suku. Kalian bisa menjumpai orang Jawa, Batak, Melayu, Minang, Aceh dan banyak suku lainnya. Ini mungkin menyebabkan orang-orang di Medan menggunakan Bahasa Nasional, Bahasa Indonesia supaya lebih umum dan mudah dimengerti. Ngomongin sola Medan berarti membawa saya kembali ke kampung halaman. Ya, Medan adalah kota kelahiran saya, meskipun sekarang ini saya tinggal di Pekanbaru, Riau tapi mudik menjadi agenda wajib setidaknya 2 tahun sekali.

Pulang kampung tentu ngga cuma diisi dengan kumpul keluarga yekan, kumpul keluarga itu satu hal, jalan-jalan itu hal lainnya yang bisa dibilang wajib. Yah, namanya juga mudik 2 tahun sekali dan hebatnya lagi Sumatera Utara itu banyak sekali tempat-tempat wisata yang terus berkembang. Seingat saya, sekitar 7 tahun yang lalu destinasi wisata di Sumatera Utara khususnya di Pematang Siantar tidak begitu popular padahal di sana ada perkebunan the milik PTPN IV yang keren loh. Sepanjang mata memandang hanya hamparan kebun teh yang terlihat belum lagi suhu udara yang dingin banget. Wyiiihh bikin betah loh.
 
foto pribadi
Nah karena jarak Antara rumah ibu saya dengan lokasi perkebunan cukup jauh tentu perlu tempat menginap kan. Saya jadi mikir nih kalau bikin usaha perhotelan atau home stay gitu kayaknya bakal laris manis. Soalnya saya perhatikan banyak pengunjung dari luar daerah nginepnya di hotel murah di Medan dulu baru besoknya berangkat ke Pematang Siantar. Sampe disana ada yang nyari hotel lagi di sekitaran Danau Toba atau memilih pulang hari alias ngga nginep. Ntar nginepnya nyari hotel di Medan lagi. 

Mau nyari hotel murah di Medan ngga susah kok teman, kalian bisa pake aplikasi hotel pegipegi aja. Download aplikasinya dan cari deh hotel dengan kualitas yang kalian inginkan. Mulai dari hotel murah di Medan dengan kisaran harga 268 ribuan per malam sampai hotel dengan harga di atas 1 juta juga ada. Tergantung budgetnya aja sih. Aplikasi hotel pegipegi akan mencarikan hotel sesuai dengan tariff kamar yang kamu isi di kolom sebelah kiri. Terus kalau kalian ngga tau lagi di Medan bagian mana dan sulit mencari hotel yang deket-deket situ, pilih aja hotel area di bawah tariff hotel nanti aplikasi hotel pegipegi akan langsung cuss ngasih kalian alternative hotel terdekat.

Cara pesennya juga ngga ribet kok, ada kolom check-in and out, jumlah tamu dan jumlah kamar yang kalian inginkan. Klik cari hotel maka dalam beberapa detik saja pegipegi merespon sesuai dengan pesanan kalian. Eh, kalau masih ragu mau pilih hotel murah di Medan dengan fasilitas yang memuaskan, kalian bisa lihat-lihat dulu kok profile hotelnya, semua di kupas tuntas sama pegipegi. Mulai dari kualitas hotel, fasilitas sampai rewardnya juga ada loh.  

Ngomongin soal wisata alam perkebunan yang mempesona ini tentu kalian pingin tau ya, apa aja sih lokasi wisata yang bisa dikunjungi, ada lokasi swafoto ngga? Soalnya objek wisata sekarang itu terkenal karena banyak netizen yang ngambil foto ciamik banget. Jadi seperti promosi gratis yang dilakukan oleh netizen dengan sukarela. So, keindahan alam, pesona hijau dan birunya langit serta kebersihan dan kreatifitas pemilik tempat wisata menjadi hal yang penting untuk menarik minat para wisatawan ini. Yuk kita lihat apa aja sih yang bisa kalian nikmati di wisata alam perkebunan ini. 

Perkebunan teh PTPN IV, hijau sejauh mata memandang

medan
foto pribadi
 
Lokasi wisata perkebunan teh ini ada di Kabupaten Sidamanik, Pematang Siantar. Begitu masuk ke wilayah Sidamanik kalian akan disuguhi dengan udara dingin dan hamparan kebun teh yang hijau. Pohon teh yang di tanam bersusun dan dirawat sangat baik menjadi daya Tarik gratis sepanjang jalan. Dengan kreatifitas manajemen perkebunan kini di sela-sela jalan perkebunan yang luas di bangun penanda nama Desa sebab kabupaten Sidamanik terdiri dari beberapa desa, seperti Bahbutong, Toba Sari, Bah jambi, Permahanan dll. Aku sih ngga begitu hafal ya sebab bukan warga sini. Jadi tau nama-nama desa tersebut dari plang nama yang dibangun oleh pihak perkebuan tadi.

Pemandian air Bah Damanik

foto pribadi
 
Pemandian ini terletak di dalam lokasi perkebunan yang dekat dengan perkampungan. Kondisi jalan yang masih tanah karena memang jalan untuk pekebun dan agak masuk ke dalam. Saya bahkan ngga nyangka kalau di dalam perkampungan warga ada pemandian dengan air yang begitu jernih dan segar. Namanya pemandian Bah Damanik (begitu penduduk menyebutnya) airnya yang berwarna kebiruan dengan butir pasir yang halus di bawahnya menjadikan air di pemandian ini sangat cantik di pandang. Bisa dibilang pemandian ini seperti salah satu dari aliran sungai yang sambung-menyambung. Pemandian Bah Damanik makin kelihatan eksotis karena di kanan kirinya masih ditumbuhi pepohonan yang lebat, bahkan sesekali kalian akan melihat sekawanan monyet ekor panjang bermain di dahan pohon tersebut.

Menikmati matahari tenggelan dari atas Bukit Indah Simarjarunjung (BIS)

foto pribadi
 
Menjelang sore sebelum balik ke Medan kami menyempatkan diri untuk berfoto ria di Bukit Indah Simarjarunjung (BIS). Pemandangan dari puncak bukit sangat eksotis loh, kalian bisa melihat Danau Toba dengan jelas dari atas BIS ini. Ada beberapa spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola supaya pengunjung dapat mengabadikan moment indah ini untuk menjadi kenangan.

Puas jalan-jalan di lokasi wisata perkebunan dan sekitarnya, kini saatnya bagi kami untuk kembali ke Medan, karena sudah lewat waktu kami memilih hotel sebagai tempat menginap. Langsung deh nyari hotel murah di Medan karena jarak ke rumah masih jauh dan udah terlanjur kemaleman. Buka aplikasi hotel pegipegi untuk cari hotel di Medan yang deket dengan lokasi kami saat itu. Kalian mau ke Medan? Jangan lupa download dulu aplikasi hotel pegipegi ya.
Tag : traveling
Back To Top