Keuntungan Mempunyai NPWP Bagi Pebisnis

Dwina.net - Membangun kepercayaan diri dengan vendor adalah salah satu dari keuntungan memiliki NPWP. Pihak yang bekerjasama dengan anda mungkin ingin kepercayaan yang lebih baik. NPWP bisa menjadi salah satu syarat kepercayaan tersebut dibangun.

pixabay

NPWP adalah nomor pokok wajib pajak yang sangat penting bagi seorang pembisnis. Bisnis tidak secara langsung membayar pajak penjualan untuk produk dan layanan yang mereka jual. 

Tetapi jika bisnis Anda beroperasi wilayah yang memiliki pajak penghasilan negara.  Anda harus menyiapkan sistem untuk mengumpulkan pajak penjualan dari pelanggan Anda dan melaporkan serta membayar pajak itu ke negara dengan menggunakan NPWP.

Tapi sebenarnya apa sih manfaat dari menggunakan NPWP itu sendiri bagi seorang pebisnis? Apakah semua pebisnis harus menggunakan NPWP?

Keuntungan NPWP untuk Bisnis

Pebisnis di sebagian besar wilayah Indonesia diharuskan memungut pajak penjualan dan membayarnya ke Direktorat Jenderal Pajak. Produk dan layanan tertentu memenuhi syarat pajak penjualan, tergantung pada undang-undang wilayah. Uang harus dikumpulkan dari pelanggan, dilaporkan, dan dibayar secara teratur.

Oleh sebab itu, bisa dibilang mempunyai NPWP ini akan mempermudah Anda dalam mengurus pajak bisnis Anda ke depannya. Bukan hanya mempermudah dalam melaporkan pajak dan membayarnya, masih ada beberapa manfaat lainnya dari NPWP, di antaranya adalah :


1. Bisa Mudah Mendapatkan Pinjaman Bisnis
Banyak bank yang lebih memudahkan nasabah yang ingin meminjam untuk usaha jika mereka mempunyai NPWP. Dengan NPWP, maka Anda akan mendapatkan kredibilitas dari bank dan bisnis Anda akan lebih diakui keberadaanya.

2. Bisa Membuat Rekening Bisnis
Keuntungan penting untuk memiliki NPWP bagi bisnis Anda adalah memungkinkan Anda untuk membuka rekening giro bisnis dan mengajukan kredit terpisah dari rekening pribadi Anda. 

Dengan akun bisnis, akun pribadi Anda bisa dipisahkan dari kebutuhan bisnis selama Anda mempunyai rekening bisnis dengan NPWP.

 Dengan membuka rekening dan membuat kartu kredit bisnis, Anda dapat menunjukkan bisnis Anda layak diakui. NPWP memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman yang lebih besar, jika diperlukan.

pixabay

3. Bangun Kepercayaan dengan Vendor
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri untuk membangun perusahaan Anda. Anda sering harus mengandalkan vendor, pemasok, dan bekerjasama dengan bisnis lain untuk mencapai tujuan bisnis Anda. 

Nah, dengan Anda mempunyai NPWP, maka orang-orang yang bekerja sama dengan Anda mungkin menjadi lebih percaya.

Pihak-pihak yang akan bekerjasama dengan Anda mungkin ingin memeriksa kredit bisnis Anda sebelum melakukan kerja sama dengan Anda. Banyak supplier dan grosir sering meminta NPWP sebelum mereka melakukan bisnis dengan reseller.

Mempunyai NPWP benar-benar akan menunjukkan bahwa Anda memiliki bisnis yang kredibel dan merupakan orang yang bertanggung jawab yang akan membayar vendor tepat waktu.

Pastikan setelah mempunyai NPWP, Anda harus mengelola keuangan Anda dengan baik dan benar karena sangat penting untuk laporan pajak Anda. Unduh aplikasi Buku Warung agar semua keuangan bisnis Anda lebih mudah dicatat. Aplikasi  Buku Warung bisa diunduh gratis di smartphone.
Tag : artikel
Back To Top