Rangsanglah Indra Penciuman Bayi Anda

Cara merangsang indra penciuman pada bayi – pendidikan pralahir yang melingkupi pendidikan panca indra adalah bagaimana membentuk indra penciuman pada janin dalam rahim ibu. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa pendidikan pralahir yang paling mendasar adalah ketika pasangan suami istri melakukan hubungan intim. Di saat itu sebenarnya prenatal education sudah dapat dimulai. Untuk selanjutnya, seiring dengan perkembangan janin dalam rahim masing-masing panca indra dapat di bentuk tentunya dengan didikan langsung dari kedua orangtuan.

Jika kita kembali ke zaman nabi. Ada cerita tentang bagaimana Nabi Zakariah a.s yang secara tidak langsung menunjukkan bahwa untuk membentuk keturunan yang berkualitas membutuhkan proses sejak awal, bahkan sejak proses pembentukan fisik. Walaupun tidak disebutkan secara langsung interaksi anatara Nabi Zakaria dan anaknya Yahya, namun ada satu hal penting yang bisa dijadikan pelajaran dalam pendidikan prenatal, yaitu keshalehan orangtua. Bagaimana kita dapat memperoleh anak yang sholeh jika orangtuanya jauh dari ajaran agama? Oleh karena itu sifat dan tingkah laku orang tua akan membentuk karakter bayi dan berdampak hingga dia dewasa.

Merangsang indra penciuman pada janin terjadi secara alami. indra penciuman akan terbentuk pada usia kehamilan 11 sampai 15 minggu. Ketika indra penciuman ini dibentuk, janin dapat mencium bau air ketuban yang baunya mirip seperti ibunya. Oleh karena itu, ketika bayi lahir, dalam beberapa jam saja ia akan mengenali siapa ibunya berdasarkan dari indra penciuman ini.

Berbeda jika bayi sudah lahir maka cara merangsang indra penciumannyapun berbeda. Ibu bisa mendekatkan benda-benda yang baunya berbeda dan perhatikan respon bayi. Apakah ia bersifat aktif atau tidak. Salah satu contoh dengan mendekatkan sabun mandi ke hidung bayi, jika ia memberi respon terhadap sabun mandi tersebut berarti bayi anda memiliki indra penciuman yang baik karena mumnya manusia menyukai bau yang harum. Lalu ganti dengan bau yang tidak sedap atau benda berbau tajam. Lihat perbedaan respon yang ditunjukkan bayi. Secara berterusan bayi akan terbiasa dan dapat mengenali benda-benda disekitarnya lewat indra penciumannya.

Tag : kesehatan
3 Komentar untuk "Rangsanglah Indra Penciuman Bayi Anda"

langsung diterapkan ke siganteng dong ya mbak skr :)

mbak alamatnya kan sudah dikasih,masih sama kan?aku masih nunggu barangnya nanti aku kirim ya :)
btw aku kirim sms failed trus ya

Perlu peran orang juga ya dalam hal ini, selain melatih penciuman bayi juga akan semakin mendekatkan orang tua dalam hubungan kasih sayang.

Back To Top