Bingung Menu Masakan Hari Ini? Coba, Cara Memasak Rawon

seperti inilah kira-kira nasi rawon
Resep memasak rawon - Pertama kali makan rawon waktu aku jalan-jalan ke Johor. Bukan hal yang aneh ketika kamu jalan ke bagian negeri di Malaysia, kamu bisa dengan mudah menemukan pecel lele, rawon, soto, sate Madura dan pasti bakso yang banyak berkeliaran di mana-mana. Ya, salah satu makanan Indonesia yang sudah membumi di Malaysia adalah bakso. Namun, untuk rawon masih jarang di jumpai hanya ada di beberapa negeri (kalau di Indonesia namanya provinsi) seperti di negeri Johor.

Dari bentuk kuahnya yang agak berminyak aku berasumsi mungkin berasal dari lemak daging sapi yang di potong kecil-kecil. Ga pasti, sebab memang baru pertama kali itu aku makan rawon. Dari rasanya yang khas aku rasa bumbu resep makanan ini terdiri dari cabe, bawang merah + putih (jangan di tanya kenapa aku tau sebab bumbu dasar ya memang 3 serangkai itu kan) :)

Itulah acara makan rawon ku yang pertama dan yang terakhir di sana sebab setelah itu aku ga pernah lagi mencicipinya sampai pada suatu ketika mamakku pulang membawa rawon yang kata beliau di kasih sama temannya. Wah.. senang rasanya sebab aku termasuk orang yang suka menu makanan khas dari Jawa Timur ini. Tau kalau teman mamakku bisa membuatnya ga buang waktu aku langsung ke rumahnya minta di ajarkan cara memasak rawon.

Kata teman mamak, rawon kalo di Jawa di panggil nasi rawon sebab makannya memang bareng sama nasi. Kuahnya yang berwarna hitam berasal dari kluwek.

"Kluwek?"
"ya, kluwek kalo orang sunda bilangnya pucung" kata beliau yang memang asli orang sunda.

Penasaran akupun mencari info tentang kluwek yang menurutku sebagai orang jawa yang ga pernah menginjak tanah jawa, kluwek satu kata yang aneh. Ga perlu nanya ke mbah gugel sebab temen mamakku langsung menjelaskan kalau kluwek itu sama seperti bumbu dapur lainnya, berasal dari tumbuhan dan diambil bijinya, jika dicampur pada masakan akan menghasilkan warna hitam seperti pada masakan rawon. Rasannya ga lengkap kalo cuma nanya tanpa mencoba, setengah membujuk aku minta pada beliau agar mau memasak rawon bareng denganku. Langsung praktek biar ga lupa. Akhirnya jadi deh menu masakan rawon dengan bahan daging sapi sebanyak 600 gram dan inilah cara memasak rawon yang lezat itu.

RESEP CARA MEMASAK RAWON
Bahan resep memasak rawon:
600 gram daging sapi untuk rawon
2.500 ml air untuk merebus
2 lembar daun salam
2 batang serai memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
5 lembar daun jeruk
3 sdm minyak untuk menumis
2 tangkai daun bawang, potong-potong

Resep bumbu yang dihaluskan:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar
4 buah kluwek tua, kukus ambil isinya
2 cm jahe
1 cm kunyit
1 sdt terasi matang
2 sdt garam
½ sdt penyedap (bila suka)

Resep pelengkap rawon:
2 butir telur asin,
100 gram taoge pendek
200 gram tahu goreng

Resep cara memasak rawon:
Rebus daging bersama daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk sampai empuk dan matang. Angkat. Kemudian potong kecil-kecil. Saring air perebusnya kemudian didihkan kembali bersama irisan daging.

Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama irisan daun bawang sampai harum dan matang. Angkat lalu masukkan ke dalam kaldu daging yang sedang didihkan. Kecilkan apinya kemudian teruskan memasak sampai semua bahan matang dan bumbu meresap pada daging. Angkat.

Tuang rawon ke dalam mangkuk, taburi atasnya dengan taoge pendek sajikan bersama telur asin dan sambal terasi.

Namun ada satu yang tidak mengenakkan dari masakan ini yaitu .... mamakku ngga sukaaaaaaa.. :(
6 Komentar untuk "Bingung Menu Masakan Hari Ini? Coba, Cara Memasak Rawon"

wuaaahhhhh..... bakso, rawon, soto. makanan yang tidak kusukai mbaaaakkk.....padahal aku asli jawa, tp mulutku sombong banget sama makanan ntu. wkwkwkwkwk

aku suka makan rawon, tapi belum pernah makan rawon aslinya itu kaya apa ya?

Rawon kan salah satu resep masakan khas Indonesia yang konon katanya susah banget. Wah, bisa buat istri di rumah nih resep. Trims yak. Salam kenal...

sdh lama ndak masak rawon .... yg bikin khas menu ini itu kluwaknya ya , aromanya jadi lain :)

tetep aku maunya langsung makan..
nyicip dong ka' :D

Lucunya, masih ada orang Bandung yang gak tahu apa itu Rawon. :D

Back To Top