Penyebab Bayi Susah Makan

Sudah sejak 3 bulan ke depan ini persoalanku dengan bayiku tetep sama, susah di kasih makan. MPASI sudah mulai aku berikan saat dia masuk usia 6 bulan. April kemarin masih nempel di otak gimana kagetnya aku ketika pertama kali aku mulai memberinya makan, asli di tolak. Panik, iya. Tapi aku coba terus memberinya makan. Hasilnya tetap sama.

Ga mau makan.

Aku mulai sibuk mencari menu-menu lewat berbagai media, mencobanya satu persatu. Hasilnya tetep sama. Bisa dibilang dalam sekali makan Azam (anakku) hanya mau makan kalau aku memaksanya. Walhasil sejak itu aku terus memaksa dia makan. Kasihan memang, sebab ketika makan dia akan menangis. Hal ini terus berlanjut sampai usia 7 bulan. Teman-teman banyak yang bilang "ntar trauma lho.. malah makin susah makannya". Tapi mau gimana lagi, dia sama sekali ga mau buka mulut. Oh Tuhan, Help me please...

Akibat dari itu awal Mei kemarin Azam sakit. Seminggu demam tinggi. Kalut, cemas, sedih, campur aduk. Seminggu itu pulalah aku nyaris tak tidur malam. Rasanya tiap detik ingin aku tau kondisi tubuhnya.

Alhamdulillah setelah sakit itu Azam mulai mau makan, sedikit, tapi itu sudah cukup membuatku senang. Aku juga berjanji tidak lagi memaksanya makan. Aku ikuti maunya, di usianya yang genap 7 bulan Azam sudah bisa duduk sendiri dan merangkak. Walaupun duduknya masih belum pas tapi dia sudah mampu menahan badannya.

Sekarang usianya 8 bulan. Makin lasak, masih susah makan. Tapi sudah mulai membaik, walaupun masih suka bikin aksi tutup mulut, tapi dia mampu menghabiskan makanannya. Soal berapa jam dia makan, oh jangan di tanya, semangkuk buburnya baru akan habis setelah 2 atau 3 jam. Fyuuhh.


Apaya solusinya agar dia mau makan dengan aman dan nyaman?
Tag : curahan hati
11 Komentar untuk "Penyebab Bayi Susah Makan"

Kasihan ya Azam, masih susah makannya ya mbak. mudah2an cepat selesaiya GTMnya. oops komenku gak menyelesaikan masalah ya maaf

Sama kek adik Adzka sekarang ini. Susah makan karena lagi bapil :(

Coba di kasih vitamin bu, barangkali bisa. Dik Adzka kalo susah makan biasanya aku kasih minyak ikan, jadi agak semangat makannya.

bentar"
makan dengan ASI itu gak cukup toh bu?

hwaduuhh, kalau aku malah gak dikasih makan sama ibu. alasannya perutku sudah cukup lebar untuk dikasih makan lagi. hwaaa......

mungkin mau keluar giginya????

Whew... sy belom punya anak neh.. bingung mau terapkan triknya, hahahahaha.a... tp kayaknya bisa juga info ini buat temen sy yg kbtln baru punya anak bay...

Pa kbr mb?? semoga dek azzam udah lebih mudah maemnya.. update lagi dunk mba.. maaf ya mba, blm bisa kasih solusi..
mba ikutan GA ku yuuk.. mudah n singkat aja.. ditunggu...

sebetulnya ga perlu dipaksa bu, karena bayi ibu kan masih menyusu, asupan dari susu sudah cukup. Bubur hanya sebagai selingan, itupun jika si bayi mau.

Ohhh jadi begitu ya bang trims sdh abang share.

gimana kbrnya win?

kalo ngasih makan itu jgn memaksa win. usahakan ngasih makan sambil bermain, karena ketika seorg anak itu menyenangi sebuah permainan, biasanya gampang memberinya makan.
pokoknya jgn dipaksa, yang terpenting itu adalah susunya hrs jalan trs.

kalo anakku skrg ini lg sakit Win, mohon doanya ya win, biar cpt sembuh.
salam buat Bang Atta, dan Azam

makasih udah add saya di fb..salam kenal

Back To Top