Tanaman Pengusir Nyamuk

koleksi tanaman pribadi



Zodia atau yang lebih dikenal sebagai salah satu tanaman pengusir nyamuk ini berasal dari Papua dan sudah menyebar hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Pada awalnya aku sendiri tidak tahu jenis tanaman ini. Ketika suamiku membawa pulang tanaman ini, beliau bilang tanaman ini buat ngusir nyamuk. Karena warna daunnya yang hijau muda serta bentuknya yang panjang gemulai aku tertarik untuk merawatnya. Setelah beberapa bulan tumbuh, baru keluar bunganya yang berwarna putih kecil-kecil serta baunya yang lumayan gak enak ini bikin aku agak tertanggu. Tapi setelah ku telusuri manfaat Zodia di google eh ternyata benar, bunga ini memang berfungsi untuk mengusir nyamuk dan sering di gunakan oleh masyarakat Papua.

Cara menggunakan tanaman Zodia sebagai pengusir nyamuk adalah dengan menggosokkan daunnya ke kulit tubuh, daun yang berbau khas ini menyebabkan nyamuk tidak ingin mendekati kita. Menanam Zodia dalam pot dan meletakkannya di sudut ruangan akan membantu mengurangi nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Daun-daunnya yang saling bergesekan ketika tertiup angin akan mengeluarkan bau yang tidak di sukai nyamuk. Hal ini dapat menjadi alternatif pengusir nyamuk secara alami tanpa bahan kimia.

Biji tanaman Zodia berbenduk oval kecil dan tumbuh memanjang setelah bunganya gugur. Biji-biji ini yang kemudian akan menjadi bibit baru sehingga di sarankan agar menyediakan pot besar agar biji yang gugur akan jatuh ke dalam pot. Zodia dapat tumbuh sampai 60 cm jika di rawat dengan baik. Saat ini tanaman Zodia di rumahku masih setinggi 40 cm dan mudah-mudahan segera tumbuh bibit baru.
Tag : kesehatan
3 Komentar untuk "Tanaman Pengusir Nyamuk"

dirumah ortuku ada nih mbak tanaman ini tapi tetep aja da nyamuk kok hehehe mungkin karena kurang banyakk ya tanamannya

Bau atau aromanya gimana seh kalau tercium oleh kita. Kalau seperti sereh itu kan agak2 harum..

baru tau ada tanaman zodia.
kayak autan ya..tapi alami dan tidak ada efek samping yang mengganggu kesehatan :D

Back To Top