Ingin Menjual Tapi Bingung Menentukan Harga Rumah? Masuk Sini!

Pindah rumah merupakan hal yang kadang tidak dapat diduga-duga. Saat pindah, banyak orang yang lebih memilih untuk menjual rumahnya dibanding disewakan atau dikontrakkan. Saat mereka dihadapkan dengan hal itu, ada satu hal yang menjadi masalah yaitu mentukan harga rumah saat dilepas ke pasaran.

Anda pasti tidak mau kan rumah dijual di Bandung Anda terlalu murah. Namun jika Anda mematoknya terlalu mahal, kemungkinan rumah terjual pun akan sangat sulit! Jadi apa yang harus Anda lakukan? Lihat tipsnya di bawah ini. 


Survei Rumah Sejenis
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menentukan harga rumah yang akan dijual adalah melakukan survei ke daerah sekitar Anda. Cari beberapa rumah dengan spesifikasi yang mirip dengan rumah Anda dan tengah dijual. Tilik mulai dari tipe, luas tanah, luas bangunan, dan lainnya.

Jangan hanya di sekitar kompleks Anda saja! Lakukan survei hingga radius beberapa kilometer seperti perumahan yang masih satu kelurahan atau kecamatan. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan perbandingan yang rasional.

Hitung dan Sesuaikan
Setelah mencatat dengan lengkap harga rumah yang dijual di sekitar hunian Anda, lakukanlah perhitungan dan perbandingan secara seksama. Setelah mendapatkan harga rata-ratanya, sesuaikanlah dengan harga rumah Anda.

Namun Anda juga bisa mematok harga sedikit lebih tinggi dari harga rata-rata tersebut, dengan catatan: kondisi rumah anda masih baik atau baru saja direnovasi, memiliki kelengkapan lain seperti akses yang mudah, bebas banjir, aman, dan lainnya.

Ceiling dan Floor Price
Dalam proses jual beli pasti ada tahap tawar-menawar alias negosiasi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menawarkan harga rumah Anda dengan ceiling price alias 20% dari floor price atau harga yang telah Anda tentukan sebelumnya. 

Jika Anda menetapkan harga tersebut, maka Anda tentu tidak akan merasa rugi jika calon pembeli menawar hingga batas floor price yang telah ditentukan.

Bingung? Gunakan Appraisal
Apakah Anda masih bingung dan ragu dengan perbandingan yang telah Anda lakukan? Anda bisa lho menyewa jasa penaksir harga properti alias appraisal.

Gunakan UrbanIndo
Menggunakan appraisal berarti Anda harus mengeluarkan cost lebih. Oleh karena itu gunakanlah fitur UrbanIndo yaitu Analisis Wilayah. Fitur ini membantu Anda membandingkan banyak properti dengan jangkauan yang cukup luas secara spesifik dengan sangat mudah! Jadi, Anda tidak perlu deh bersusah-susah turun ke lapangan sendiri.

0 Komentar untuk "Ingin Menjual Tapi Bingung Menentukan Harga Rumah? Masuk Sini!"
Back To Top