Bintang Sang Penjaga Langit

Dwina.net - Bintang sang penjaga langit jika diurai dalam bentuk tulisan ataupun kata-kata selalu bermakna positif seperti misalnya ungkapan kaulah bintangku. Atau bisa juga dimpamakan untuk melabelkan prestasi seseorang. Pokoknya apapun yang berkaitan dengan bintang selalu bermakna menyenangkan. Kenapa sih bintang selalu dianggap cantik? Hal ini bisa jadi karena bintang memang kelihatan cantik baik dipandang dari bumi dengan mata atau lewat teleskop. 

Bahkan sangkin cantiknya banyak loh pendaki yang rela mengejar malam untuk bisa berteduh dibawah bintang-bintang. Pun ketika kita pergi ke dataran tinggi, bintang akan selalu kelihatan menakjubkan dan membuat kita mengucap Subhanallah…. Sangkin cantiknya itu.


Tahukah kalian, dalam sebuah hadist yang dirwayatkan oleh imam muslim. Nabi Muahammad bersabda bahwa bintang-bintang adalah penjaga langit. Jika bintang-bintang hancur maka yang dijanjikan atas langit akan terjadi. 

Setiap malam jika langit cerah kita jumpai bintang-bintang. Mereka berkedip cantik menghiasi angkasa raya. Memang itulah salah satu tujuan Allah menciptakan bintang-bintang.  Bahkan sebenarnya matahari yang menjadi sumber energy kitapun adalah sebuah bintang. Yup, jangan bilang matahari itu berdiri sendiri ya. Ngga loh, matahari adalah salah satu gugusan bintang yang juga saling mengikat dengan yang lain.

Fungsi bintang yang lain adalah sebagai penjaga langit. 
Maksudnya jika bintang-bintang itu hancur maka hancurlah alam semesta ini. Kok bisa? Begini. Diangkasa sana bintang –bintang itu mengalami fase kelahiran. Muda, dewasa, tua lalu mati dengan meledak dan berubah menjadi debu. Makanya tersebutlah dengan bintang sang penjaga langit.

Sepanjang hidupnya bintang melakukan reaksi yang menghasilkan energy yang dibutuhkan dilangit dan dibumi. Bisa dibilang bintang-bintang itu sebenarnya benda langit yang hidup. Hanya saja mereka tidak seperti kita yang harus makan, minum dan tidur. Namun bintang juga bergerak disekeliling bima sakti dan bila tiba saatnya bintang juga akan mati.

Bintang juga memiliki kekuatan lain yang menjaga keseimbangan inti dan atmosfer setiap benda langit. Ini salah satu tugas bintang yang penting loh. Bintang juga memiliki gaya gravitasi sehingga mereka saling terikat satu sama lain  membentuk galaksi. Jumlah bintang dalam satu galaksi bintang bernama bima sakti. Andai saja kekuatan gravitasi bintang-bintang itu pudar bahkan hilang kira kira apa yang terjadi?

Benda-benda langit termasuk bumi yang berada dalam ikatannya tentu akan terlepas dan bertabrakan. Suatu hari hal ini memang akan terjadi yaitu pada saat kiamat besar terjadi. Namun sebelum itu terjadi faktanya Rasulullah sudah menceritakan kisah yang akan terjadi pada bumi dan juga bintang-bintang lain ribuan tahun yang lalu. Demikian kisah tentang bintang sang penjaga langit semoga menambah pengetahuan kalian ya.
Back To Top