5 Cara Membuat Dodol Buah yang Enak



Cara membuat dodol yang sederhana memang menjadi sebuah resep yang banyak dicari oleh orang. Camilan dengan rasa manis yang khas ini kerap hadir untuk dijadikan sebagai camilan khas Indonesia. Bahkan tidak jarang apabila dodol ini digunakan sebagai oleh-oleh. Berikut merupakan cara membuat dodol buah dengan rasa yang enak. 


1.    Dodol Buah Durian
Bahan utama yang digunakan dalam membuat dodol durian yaitu 4-5 Kg durian matang, 1 sdt garam, dan 1 kg gula pasir. Langkah dalam pembuatannya yaitu dengan memisahkan buah durian dari isinya. Kemudian masukkan gula pasir, daging buah serta garam ke dalam kuali. Lakukan pengadukan secara terus menerus dalam waktu 3 hingga 4 jam. 

Pengadukan dodol ini dilakukan dengan menggunakan api berukuran sedang. Apabila adonan dodol sudah mulai mengental Anda dapat mengangkatnya dan kemudian memotong dodol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Bungkus dodol buah durian menggunakan plastik, dan dodol siap untuk disajikan.

2.    Dodol Buah Mangga
Dalam membuat dodol mangga membutuhkan beberapa bahan yaitu 3 kg mangga, 100 gr gula merah, 1 kg gula pasir, 1 sdt garam, 1 sdt vanili dan 1 bungkus agar-agar plain. Setelah semua bahan tersebut disiapkan. Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan mengupas kulit buah mangga lalu cuci hingga bersih. 

Setelah itu Anda dapat memisahkan antara daging dan biji buah mangga, kemudian menghaluskan buah mangga menggunakan alat blender hingga lembut. Langkah kedua yaitu dengan memasukkan adonan mangga yang telah lembut kedalam wadah mesin pengaduk dodol. Anda dapat mencampurkan seluruh bahan kedalam mesin pengaduk dodol ini. 

Apabila adonan sudah mulai tercampur secara merata serta telah mempunyai tekstur yang lebih kental, maka Anda dapat memindahkan dodol tersebut ke dalam cetakan. Anda dapat mencetak dodol ini sesuai dengan keinginan Anda. Setelah semua adonan tercetak dinginkan dodol dalam jangka waktu beberapa jam. Ketika dodol sudah dingin maka siap untuk disajikan.

3.    Dodol Buah Sirsak 



Buah sirsak memang mempunyai rasa yang unik. Dengan keunikan rasa yang dimiliki buah ini dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam proses pembuatan dodol. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 2 buah sirsak, ½ kg gula pasir, 4 bungkus agar-agar plain, serta pewarna makanan.

Langkah pertama dalam membuat dodol ini yaitu dengan membuang biji sirsak terlebih dahulu, kemudian blender hingga halus. Langkah selanjutnya, Anda dapat mencampurkan sirsak yang sudah halus dengan agar-agar plain. Setelah tercampur secara merata lalu, masak dengan menggunakan api sedang serta tambahkan pewarna makanan. 

Masak adonan hingga bertekstur kental, kemudian masukkan gula dan aduk adonan hingga gula pasir meleleh. Untuk membuat dodol buah sirsak ini dibutuhkan proses pengadukan hingga adonan benar-benar kalis. Setelah kalis Anda dapat langsung membungkusnya menggunakan kertas wajik untuk bisa disajikan.

 4.    Dodol Buah Nanas
Untuk membuat dodol buah nanas, bahan utama yang diperlukan yaitu 1 kg nanas, 50 gr tepung ketan, 50 gr gula pasir, 150 gr gula merah, vanili dan santan kelapa. Cara membuat dodol nanas ini yaitu dengan mengupas buah nanas dan kemudian mencucinya hingga bersih. Kemudian haluskan buah nanas menggunakan alat parutan atau menggunakan blender.

Setelah buah nanas halus, tambahkan tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili dan juga santan kelapa. Anda bisa mengaduknya hingga seluruh adonan tercampur secara merata. Setelah matang, angkat adonan dan dinginkan diatas loyang. Apabila sudah dingin dodol siap untuk dipotong dan disajikan sebagai camilan untuk keluarga Anda. 

5.    Dodol Buah Pepaya
Dalam membuat dodol pepaya ini tidak membutuhkan teknik yang sulit, bahkan bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk ditemukan. Bahan utama yang diperlukan yaitu 1 buah pepaya, 2 ons tepung ketan, 50 gr tepung beras, ½ kg gula, pasta pandan dan santan.

Langkah dalam membuat dodol pepaya ini yaitu dengan mengupas kulit buah pepaya terlebih dahulu. Setelah mengupas buah pepaya, buang seluruh biji yang ada pada buah. Parut buah hingga lembut, kemudian campurkan dengan tepung beras, tepung ketan, gula dan juga santan. Masah adonan tersebut diatas kompor dengan menggunakan api berukuran kecil. 

Lakukan pengadukan terhadap adonan hingga mempunyai tekstur yang lebih kental. Dalam proses pengadukan ini biasanya membutuhkan waktu hingga 2 jam. Setelah adonan mengental, Anda dapat menuangkan adonan tersebut ke dalam Loyang untuk melalui tahap pendinginan. Setelah adonan dingin, potong dodol buah pepaya dan kemudian bungkus menggunakan plastik.

Itulah beberapa cara membuat dodol buah yang enak. Dengan cara yang mudah serta bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan. Anda dapat mengaplikasikannya di rumah, bahkan Anda juga dapat menggunakan aneka buah lain untuk bisa dijadikan sebagai dodol.

Back To Top