JAJANAN KEKINIAN – RISOL MAYO SOSIS


Risoles Mayo Sosis

Risoles, atau hanya risol saja (bahasa Inggris: rissole), adalah pastri berisi daging, biasanya daging cincang, dan sayuran yang dibungkus dadar, dan digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam.

Hidangan ini juga dapat dipanggang di dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau entrée ringan. Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi.
Isi risoles dapat berupa daging ayam, daging sapi, jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis. Adonan dadar dibuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, mentega (margarin), dan air atau susu.

Dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia adalah risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi "Ragout". Bentuk kue ini persegi panjang seperti amplop. Risoles berbentuk segitiga umumnya berisi Ragout. Risoles dapat di makan dengan saus kacang encer, sambal botol, atau cabai rawit.

Kalau di Indonesia waktu ada acara formal ataupun non formal, bahkan kumpul keluarga kalau ada snack pasti ada aneka resep jajanan kekinian satu ini. Yaps benar risol. Kalau risol isian hanya wortel, kubis sayuran – sayuran lain itu udah biasa ya sangat familiar sekali. Ada juga daging sapi atau ayam.

Untuk yang satu ini ada varian lain yaitu Risol Mayo sosis.  Di dalam varian risol ini isian berbahan dasar mayonaise dan sosis yang udah di potong – potong menjadi beberapa bagian.

Banyak yang sudah menjual risol mayo ini. Di pinggir jalan pedagang kaki lima, pedagang keliling , atau bahkan restoran sudah banyak yang menjual berbagai macam risol. Kalau anda penasaran gimana sih cara buatnya, simak resep di bawah ini ya. Bisa juga kalian buat untuk acara – acara arisan maupun kumpul keluarga besar.

Bahan Untuk Membuata Risoleh Mayo Sosis

  1. Bunda butuh 1 kg terigu segitiga.
  2. Siapkan 1 SDM garam.
  3. Kamu butuh 4 BTR kuning telo.
  4. Kamu butuh 1500 ml air kalo kurang bisa ditambah.
  5. Siapkan 1 sact susu SKM.
  6. Siapkan 4 SDM minyak.
  7. Anda butuh 6 btg sosis ayam/sapi potong 8 goreng dgn sedikit mentega.
  8. Anda butuh 4 BTR Telor rebus potong2.
  9. Siapkan Mayones.
  10. Kamu butuh Saus sambal.
  11. Siapkan Tepung panir.
  12. Siapkan Putih telur.
Masak sosis dengan margarin panas hingga matang, angkat. Beri tambahan mayones, saus tomat resep risol mayo,cara membuat risoles mayonaise,resep risoles mayo,risol mayo,cara membuat. Kocok telur garam lalu masukan terigu dan air sampai benar-benar tercampur rata dan tidak menggerindil. Hari ini kita bikin kudapan sesuai request si kakak, bikin Risol Mayo.

Resep Cara Memasak Risoleh Mayo Sosis

  1. Campur terigu, garam aduk rata, tambahkan kuning telur sambil diaduk2,.
  2. Tambahkan air sambil terus di aduk, hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerenjel, setelah itu saring adonan, baru tambahan susu dan minyak aduk rata, siap dicetak.
  3. Siapkan teplon oleh minyak tuang adonan dgn centong sayur.
  4. Angkat isi dengan potongan telor dan sosis dan mayones tutup bentuk risol, lakukan sampe adonan selesai.
  5. Kocok dgn garpu putih telor, celup risol ke putih telor baru ketepung panir taro diwadah lakukan sampe risol habis.
  6. Sebaiknya habis dipanir dimasukan ke kulkas jgn langsung digoreng biar gak robek pas goreng.
  7. Setelah disimpan dlm kulkas baru kita goreng sampe coklat kekuningan.




Back To Top