Tujuh Cara Sederhana Menghemat Air di Rumah

pixabay



Tidak bisa dipungkiri, air adalah salah satu kebutuhan utama dalam hidup setiap orang. Namun, tahukah kamu kalau keberadaan air bersih terus berkurang setiap tahunnya? Rasanya kita semua mesti faham apa sebab pasokan air bersih berkurang. Ya, pemahaman mudahnya karena semakin banyak yang menggunakannya. Belum lagi jika digunakan secara sembarangan atau tidak tepat guna, tentu hal ini semakin mengurangi jumlah pasokan air di bumi.

Hal inilah yang membuat kita harus menjaga ketersediaan air di masa mendatang. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai melakukan penghematan air. Apa saja cara menghemat air bersih yang bisa kita lakukan? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Memantau Penggunaan Air
Cara menghemat air yang paling mudah dilakukan adalah dengan memantau penggunaannya. Pasalnya, kalau tidak diawasi, hal-hal seperti air keran yang luber di bak mandi atau penampungan biasanya sering terjadi. Oleh karena itu, cara sederhana menghemat air di rumah bisa dimulai dengan  melakukan pemantauan agar pemakaiannya dapat terkendali.

2. Matikan Keran Air yang Tidak Dipakai
Salah satu hal yang sering menyebabkan pemborosan sumber daya ini adalah karena lupa mematikan keran air jika tidak dipakai. Jika air yang mengisi bak penampungan sudah penuh atau sedang tidak dipakai, sebaiknya langsung matikan keran air. Selain air jadi terbuang sia-sia, tagihan air atau listrik pun juga bisa mengalami pembengkakan. 

pixabay


3. Perhatikan Durasi Mandi
Aktivitas yang satu ini memang dibutuhkan. Terutama di era new normal ini, kebersihan menjadi sebuah keharusan. Namun, tidak sedikit orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar mandi dan malah membuat keran air terus menerus mengalir.
Sebagai salah satu bentuk cara menghemat air, cobalah untuk membatasi waktu mandi setiap anggota keluarga, sehingga penghematan air pun dapat terealisasikan.

4. Jangan Tunda Perbaikan Pipa Air yang Bocor
Jika saluran air di rumahmu terhubung dengan pipa penyaluran, lakukanlah pengecekan secara berkala untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran atau tidak. Hal ini juga bisa dijadikan salah satu cara menghemat air di rumah yang bisa kamu lakukan agar tidak ada air yang terbuang sia-sia karena kerusakan pipa.

5. Gunakan Keran Aerator
Cara sederhana menghemat air di rumah berikutnya adalah dengan beralih menggunakan keran aerator. Apa itu aerator? Aerator adalah mesin yang bisa menghasilkan gelembung udara dan menggerakan air yang biasanya digunakan di akuarium. Namun, dengan menggunakan keran aerator ini, aliran air dari keran pun juga jadi bisa dibatasi untuk menghemat penggunaannya.

6. Penggunaan Filter untuk Air Minum
Kalau kamu sering membeli air minum kemasan galon, alat filter air minum ini bisa jadi salah satu cara menghemat air yang bisa kamu coba di rumah. Mengapa? Dengan menggunakan alat filter air ini, Kamu jadi tidak perlu lagi terus menerus membeli air kemasan galon karena Kamu bisa menggunakan air keran yang telah difilter untuk dikonsumsi.

7. Mencuci Buah dan Sayur Dalam Wadah
Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi memang penting untuk menghindari kotoran dan kuman yang menempel. Namun, ketika membersihkan buah dan sayuran di air mengalir sering membuat jumlah sumber daya air yang digunakan terlalu banyak karena tidak terlihat seberapa banyak air yang digunakan. Oleh karena itu, cara menghemat air bersih secara sederhana yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mencuci buah dan sayur dalam wadah yang sudah diisi air terlebih dahulu. Dengan demikian, air yang dihemat pun akan menjadi lebih banyak.

Jika anda memesan kran air wastafel dari kohler ada berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan diantaranya yaitu:
  1. Solusi lengkap kamar mandi untuk keluarga anda.
  2. Nikmati hidup sehat hidup bahagia bersama kohler.
  3. Didesain untuk didesain, berbagai peralatan yang disediakan oleh kohler unik dengan berbagai komponen yang berkualitas.
  4. Didesain untuk bebersih. 
pixabay


Untuk itu jika anda mencari Keran air untuk westafel yang berkualitas anda bisa memesannya di Kohler. Bersama toko kami anda akan mendapatkan keran air sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya bagus dari segi fungsinya tapi material yang digunakan juga berkualitas


Tag : artikel
Back To Top