Tahapan Lengkap Membuat Grafik di Microsoft Excel


Microsoft Excel ini memiliki segudang manfaat yang bisa Anda rasakan. Saah satunya adalah bisa digunakan untuk membuat grafik, cara membuat grafik di excel ini cukup mudah tapi masi ada juga beberapa orang yang merasa bingung.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai cara membuat grafik di excel tapi sebelumnya mari kita bahas lebih dulu mengenai bentuk dari grafik. Grafik yang ada ini semuanya tergantung dengan data yang dimasukan maka ari utnu ada jenis grafik yang beda di Microsoft Excel, mulai di tahun 2007, 2010, 2013,sampai 2019.

Membuat grafik di Excel



Pilih data

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah memilih data yang ingin Anda buat menjadi grafik. Misalnya ada sebuah data pemasukan dalam satu tahun pertama, jadi jika Anda ingin memasukan semua datanya And aini hanya tinggal blok semua datanya, tapi jika hanya data tertentu daja Anda bisa memilih tabel atau kolom yang Anda inginkan.

Pilih Insert pada menu bar

Jika sudah memilih data kemudian klik insert yang ada di menu bar di bagian kiri atas. Nanti Anda ini bisa melihat beberapa ikon dari jenis grafik.jika And aingin melihat dengan jelas Anda bisa memilih Recommended Charts.

Pilih jenis grafik yang diinginkan

Jika Anda memilih Recommended Charts nanti akan muncil halaman Pop up dengan berbagai jenis pilihan grafik. Untuk melihat semua grafik dengan lengkap Anda bisa melihatnya di All Chart, nanti smeua grafik yang ada dalam Microsoft Excel akan terlihat. Selain itu Anda juga bisa memilih berbagai macam bentuk atau biasa disebut style dari masing- masing jenis grafik yang ada.

Atur posisi grafik ke dalam worksheet

Jika Anda sudah memillih grafik yang cocok nanti grafiknya akan langsung mucul secara otomatis di worksheet. Tapi supaya tabel data Anda tidak terganggu sebaiknya Anda atur posisi dan juga ukuran dari grafik tersebut. untuk mengaturnya And ahanya butuh mengarahkan kursor ke grafik kemudian klik dan geser sesuai dengan keinginan. Lalu untuk mengubah ukuran Anda ini bisa mengarahkan kursor ke bagian sudut grafik dan tariklah hingga ukuran yang Anda inginkan.

Ubah judul grafik

Langkah yang selanjutnya adalah mengubah nama atau judul dari grafik yang telah Anda buat, caranya cukup mudah Anda hanya tinggal klik tulisan yang ada di bagian atas grafik.

Mengubah bentuk dan value pada grafik



Menambah elemen pada grafik

Elemen yang ada di grafik bisa membuat grafik jadi lebih detal dari mulai garis bantu, angka di setiap bar, dan masih banyak lagi yang lainnya. untuk menambah atau mengulangi Anda bisa langsung klik grafik dan nanti secara otomatis aka nada ikon (+)  di kanan dan Anda tingga pilih saja mana elemen yang ingin di keluarkan atau dimasukan.

Mengubah style dan warna grafik

Cara untuk meruba ini tidak ada bedanya dengan cara saat menambah elemen, And aini hanya tingga klik ikon kuas yang ada di bagian sampingg grafik. Lalau nanti akan muncul berbagai bentuk grafik atau tema di bagaian color.

Mengedit value grafik

Selain mengganti tema Anda ini bisa mengedit value atau nilai yang ada di grafik. Caranya tinggal klik ikon filter yang ada di samping grafik dan hilangkan valuenya.

Nah itu dia penjelasan mengenai grafik yang ada di excel semoga bermanfaat!

Tag : artikel
Back To Top