7 Bangunan Dengan Arsitektur Menakjubkan di Tokyo

Dwina.net - 7 bangunan dengan arsitektur menakjubkan di Tokyo. Beberapa bulan belakangan ini kami sedang dalam proses bikin rumah. Sebenernya bukan kami sih yang bikin, Pak Tukang and crew yang bekerja. Tapi tetap aja ya kami sebagai pemilik rumah harus memperhatikan. Mulai dari bentuk rumah, jenis bahan yang dipakai sampai tiba-tiba ada perubahan karena kondisi rumah.

Hal ini kerap terjadi sih, terutama bagi mereka yang sedang proses renovasi atau bikin rumah dari awal. Arsitektur rumah ngga bisa dianggap enteng karena kalau sudah terbangun dan ternyata ngga sreg jadi kudu di ubah. Dan itu sama artinya dengan nambah biaya.

Btw, ngomongin soal arsitektur bangunan ternya di banyak loh bentuk bangunan dengan gaya arsitektur yang tidka biasa. Tokyo contohnya.

Tokyo adalah rumah bagi orang2 yang memiliki gaya arsitektur beragam, pemikiran mereka untuk mendirikan gedung yang tidak biasa dapat terlihat dari beberapa bangunan paling memikat dan aneh di negara tersebut.  Bangunan yang Paling terkenal dan tidak diragukan lagi adalah Menara Kapsul Nakagin terlihat seperti Lego.

Tetapi sebenarnya ada banyak konstruksi yang kurang dikenal namun memiliki bentuk bangunan yang terkesan gila tapi menakjubkan selain Menara Kapsul Nakagin. Berikut ini 7 bangunan menakjubkan yang ada di Tokyo

Menara Kapsul Nagakin
Kisho Kurokawa, 1972

menara tokyo
culturetrip


Menara Kapsul Nagakin yang dibangun oleh Kisho Kurokawa ini adalah pola dasar dari arsitektur Metabolist - gerakan Jepang yang merancang bangunan bergaya modular yang memiliki potensi untuk terus-menerus beradaptasi dan berkembang Bangunan ini memiliki 140 ‘plug-in’ kapsul yang dibuat di luar lokasi - interior dan semua – yang hanya dipasang di tempatnya. Mereka menawarkan pied-à-terre pebisnis selama minggu kerja untuk mengatasi kepadatan Tokyo.

Tower House
Takamitsu Azuma, 1966

tehculturetrip

Didesain untuk arsiteknya sendiri, rumah ini dibangun di atas petak segitiga kecil yang berada di pinggiran Tokyo. Struktur beton enam lantai sekarang berada di jantung salah satu distrik tersibuk dan termahal di kota tersebut, Rumah-rumah rendah di sekitarnya diganti dengan bangunan-bangunan yang kecil dalam Tower House. Azuma menjadi model baru hunian perkotaan sebagai alternatif untuk kompleks perumahan yang diproduksi secara massal.

White U
Toyo Ito, 1976


teculturetrip

Bangunan ini dirancang oleh arsitek inovatif Konseptual dan menjadi pemenang dalam Penghargaan Pritzker. Toyo Ito adalah salah satu bangunan kecil dan terkesan sangat pribadi. Berada tepat di sebelah rumahnya sendiri, rumah itu dibangun untuk saudara perempuannya yang baru saja menjanda dan anak-anaknya. Properti berbentuk U dirancang untuk menjadi tempat perlindungan dari dunia luar tempat untuk menyembuhkan, dengan halaman pribadi di jantungnya, dibungkus oleh beton bertulang. Proyek ini dihancurkan 21 tahun kemudian karena kesedihan keluarga yang menempatinya telah berlalu.

Komazawa Olympic Park Controle Tower
Yoshinobu Ashihara, 1964


theculturetrip
The Times di London menjuluki Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo sebagai "Olimpiade Sains-Fiksi" karena diperkenalkannya gadget berteknologi tinggi, dan arsitekturnya berada di jalur futuristik yang sama. Yoshinobu Ashihara telah bekerja dengan arsitek Bauhaus Marcel Breuer di awal karirnya, yang akhirnya memengaruhi desain ini, serta menggambar referensi dari warisannya. Menara bergaya pagoda, yang menjadi landmark Olimpiade, diterangi di malam hari seperti totem yang bersinar. Masih menyala saat Natal hingga hari ini, dan telah dicat berwarna putih.


Shirokane House
Arsitektur MDS, 2013

tokyo tower

Rumah keluarga ini dibentuk oleh situsnya yang mungil dan keinginan untuk ruang yang dimaksimalkan. Volume monolitik yang terbuat dari beton bertanda menggambarkan cukup kerasnya bangunan dan terkesan gelap dari luar, tetapi interior mendorong ke atas dan ke luar untuk mendapatkan lebih banyak ruang di tingkat atas di mana ruang tamu utama berada, sedangkan kamar tidur dan kamar mandi terletak di bagian bawah untuk mengetengahkan kesan privasi.

On The Cherry Blossoms, House
ALX, 2008

tokyo tower
theculturetrip

Rumah ini dirancang antara sekitar dua pohon indah di taman seberangnya, yang menampilkan awan merah muda di musim semi. Arsitek Junichi Sampei, yang terkenal karena menciptakan rumah-rumah spektakuler di lokasi perkotaan yang rumit, sengaja dipanggil untuk membangun rumah yang berhubungan dengan alam ini, penerangan cahaya yang maksimal dan ruang. Setiap lantai bercabang dari tangga pusat, dengan rumah yang semakin besar ukurannya semakin jauh Anda pergi - ruang tamu rencana terbuka utama berada di lantai dua dengan jendela dari lantai ke langit-langit yang menyediakan pemandangan langsung pohon-pohon bunga di bawah ini.

National Showa Memoriam Museum
Kiyonori Kikutake, 1999

tokyo tower

Dirancang oleh tokoh Metabolist terkemuka lainnya, Kiyonori Kikutake, bangunan ini adalah "bentuk organik yang mengekspresikan pentingnya dan nilai kehidupan, pentingnya kedamaian", menurut sang arsitek. Museum peringatan ini memperingati mereka yang menderita dan meninggal selama dan setelah Perang Dunia II di Jepang, dengan sekitar 18.000 benda dipajang. Eksteriornya yang tanpa jendela dan bergaris mungkin tampak suram, tetapi tampak berkilauan dan menari di bawah sinar matahari ketika pantulan cahaya dari bangunan tetangga menghidupkan permukaannya.

Itulah 7 bangunan denga arsitektur menakjubkan di tokyo. Kalau ada rejeki mainlah awak ke Tokyo  biar bisa melihat langsung kemegahannya. Sekaligus menambah pengetahuan khususnya di National showa Memoriam Museum.


Back To Top