Ilmu Astronomy dan Hadist Rasulullah Inilah Fakta Bintang Sebagai Penjaga Langit

Dwina.net - Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Nabi Muhammad bersabda bahwa bintang-bintang adalah penjaga langit. Jika bintang-bintang hancur maka yang dijanjikan atas langit akan terjadi. Setiap malam jika langit cerah kita jumpai bintang-bintang. Mereka berkedip cantik menghiasi angkasa raya. Memang itulah salah satu tujuan Allah menciptakan bintang-bintang. Matahari yang menjadi sumber energy kitapun adalah sebuah bintang.  

Fungsi bintang yang lain adalah sebagai penjaga langit. Maksudnya jika bintang-bintang itu hancur maka hancurlah alam semesta ini loh. Kok bisa. Begini. Diangkasa sana bintang-bintangpun mengalami fase kelahiran. Muda, tua, dewasa lalu mati dengan meledak dan berubah menjadi debu. Sepanjang hidupnya bintang melakukan reaksi yang menghasilkan energy yang dibutuhkan di langit dan di bumi.

ilmu astronomy
pixabay

Bintang juga memiliki kekuatan lain yang menjaga keseimbangan inti dan atmosfer setiap benda langit. Wow. Keren ya. Bintang juga memiliki gaya gravitasi sehingga mereka saling terikat satu sama lain membentuk galaksi. Jumlah bintang dalam satu galaksi bintang bernama bimasakti. Andai saja kekuatan gravitasi bintang-bintang itu pudar bahkan hilang kira-kira apa yang terjadi?

Benda-benda langit termasuk bumi yang berada dalam ikatannya tentu akan terlepas dan bertabrakan. Hii ngeri ya. Inilah fakta unik tentang bintang  yang diungkap oleh Rasulullah kita. Dan faktanya apa yang dikatakan oleh Rasulullah 1400 tahun yang lalu sama dengan apa yang diteliti oleh mereka yang mendalami ilmu astronomy. Berikut fakta bintang-bintang yang harus kita ketahui

Bintang Dapat Bersinar Walau Tanpa Oksigen
Berbeda dengan bumi yang membutuhkan oksigen untuk pembakaran bintang dapat bersinar walau tanpa oksigen. Hal ini karena sinar terang yang dipancarkan oleh bintang-bintang sama halnya dengan proses bom atom. Yaitu inti bintang mengubah zat menjadi sumber tenaga. Cahaya dan panas dari bintang merupakan reaksi fusi dari reaksi itulah timbul panas dengan temperature yang tinggi. Dengan kata lain bintang tidak terbakar dari reaksi oksidasi melainkan dari reaksi fusi tadi. Reaksi fusi adalah proses penggabungan dua atom yang ringan (hydrogen) menjadi sebuah atom yang lebih berat (helium).

Matahari adalah bintang terdekat dari bumi
Seperti yang kita ketahui matahari nyatanya adalah salah satu dari gugusan bintang dan ternyata yang paling dekat dari bumi. Matahari berada pada deret utama atau G2V yang bersinar dengan warna putih. Matahari dengan bumi berjarak lebih kurang sekitar 150.000.000 kilometer. Dan tidak ada yang lebih dekat selain matahari.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa bintang Proxima Centauri lah yang paling dekat dengan bumi tapi ternyata setelah di ukur oleh NASA bintang ini berjarak lebih kurang 39.900.000.000 kilometer dari bumi dan bila dikunjungi dengan naik roket butuh ribuan tahun untuk mencapainya.

pixabay

Benarkah bintang berkelap-kelip?
Masih ingat lagu Bintang Kecil yang menggambarkan bahwa bintang berkelap kelip? Nyatanya bintang tidak bekelap kelip loh. Cahaya yang dikeluarkan oleh bintang cenderung stabil. Kelap-kelip Nampak hanya karena dilihat dari bumi dan merupakan efek dari atmosfer bumi kita sendiri. Ketika cahaya dari bintik bintang memasuki atmosfer bumi kita, cahaya itu akan dipengaruhi oleh turbulensi yang memiliki temperature serta kepadatan yang berbeda. 

Hal inilah yang menyebabkan bintang seolah bekelap kelip. Padahal jika dilihat dari luar angkasa cahanya akan lebih tenang dan stabil. Sampai disini rasanya kita harus banyak bersyukur bahwa bintang bisa menambah keindahan langit dimalam hari hanya lewat kelap kelip cahayanya yang terlihat dari bumi.

Jumlah bintang di langit
Pernahkah ada yang mengatakan secara pasti berapa jumlah bintang di langit? Faktanya belum pernah ada yang mengetahui secara pasti berapa jumlah bintang di langit. Namun para astonom dapat mengetahui bahwa bintang-bintang itu tidak tersebas secara acak, mereka tinggal berkumpul dan berkelompok-kelompok besar yang disebut galaksi.

Seperti matahari yang berkelompok dengan bintang-bintang lainnya yang disebut bimasakti. Dan para astronom memperkirakan adalan lebih dari 100 ribu juta bintang dalam satu bimasakti. Itu belum lagi bintang-bintang yang berkabung dalam kelompok lain di luar bimasakti. Subhanallah… sesungguhnya hanya Alloh yang tahu secara pasti berapa jumlah bintang yang bertebaran di alam semesta ini.


sumber:asrtonomy.org dan 101 cerita islami
Back To Top