Nikmatnya Bulan Ramadhan

Aku mo sedikit cerita tentang suasana kerja, karena ini yang paling pengaruh banget ama hidup aku akhir-akhir ini. Suasana baru, temen-temen baru yang notabene non muslim buatku gak jadi masalah. cuma......

Di tempat kerjaku hanya ada 4 orang muslim, 3 orang Obe dan seorang lagi diriku yang berada sendirian di tengah-tengah warga Indonesia keturunan Tionghoa. Ada sih temenku yang juga asli pribumi cuma beda keyakinan. Nah berpuasa di tengah-tengah orang yang tidak berpuasa bikin aku ngerasa bener-bener puasa lahir bathin. Ada sebuah pe er yang muncul dengan gak di sengaja yaitu mengenai persepsi mereka yang mengatakan islam adalah agama yang keras. Duh, aku miris waktu dengernya.

Hal ini bikin aku ngerasa punya pe er sosial yaitu ngejelasin bahwa islam itu agama yang lembut, dan di sebarkan dengan penuh kasih sayang.

Tapi mungkin agak susah sebab sekarang ini di mana-mana yang namanya teroris lagi marak dan sayangnya mengatasnamakan islam bikin aku gak mudah untuk meluruskan persepsi mereka. Ditambah lagi sebenarnya managerku termasuk orang yang agak anti islam karena dia punya pengalaman buruk dengan orang islam jadi dari situ dia agak-agak sensi dalam memilih pekerja.

Tapi hal ini gak bikin aku nyerah gitu aja, justru aku mencoba menganalisis sambil menikmati pekerjaan baruku. Aku gak bisa jelasin pake kata-kata maka yang bisa ku lakukan adalah menjelaskan dengan perbuatan yaitu tetep berpuasa meskipun tiap hari yang namanya makanan tersaji dan gratis.

Syukur alhamdulillah ada seseorang yang secara gak sengaja selalu nyemangatin aku dan dia adalah orang yang berpengaruh di tempat kerjaku, seorang Asisten Manager yang walaupun non muslim tapi sangat care dengan sesama tanpa memandang perbedaan agama atau suku.

Ada hal yang bikin aku bersyukur banget atas segala pengertiannya walaupun gak terlalu ketara tapi manfaat banget buatku.

Ceritanya, tiap jam istirahat aku selalu ngelanjutin kerjaanku karena aku kan puasa jadi gak makan siang dong.

Nah, lagi asyik2 nya ngetik tiba-tiba muncul pesen bahwa:
tepat jam 12 siang komputer server harus di matiin.

Aku kaget dong, hmm mungkin ada kerusakan, Aku mikirnya simple aja.

Tapi hal ini berlanjutan tiap hari tepat jam 12 siang. Pernah sekali aku ngeyel tetep ngelanjutin kerjaan dan pesen itu muncul lagi di layar komputerku, dan gak lama kemudian AmMen ku dateng dan melihatku lagi ngapain, aku hanya diam dan senyum, ngeliat aku udah matiin kompi baru deh dia pergi.

Karena kejadian ini berlaku setiap hari, aku jadi mikir, kenapa ya tiap jam 12 siang selalu muncul pesen itu? padahal sebelum puasa gak pernah ada pesen apapun yang muncul di layar komputer.

Lalu jawabnya baru aku temui setelah aku coba memahami sendiri atas kebijakannya itu. Dia ingin aku juga istirahat walaupun gak makan siang. Karena semua data yang tersimpan hanya bisa di buka tepat jam 1 siang.

Aku senyum sendiri ketika menyadarinya dan bersyukur banget atas kebijakannya. Dia gak bilang langsung ke aku tapi dia bilang lewat perbuatannya. Sekarang waktu istirahatku bisa aku gunain untuk baca buku, ngutak-ngatik HP atau main game hehehehhe kalo yang ini banyak yang niru kan....

oke deh segitu aja ceritaku kali ini yah..buat temen-temen blog yang menjabat sebagai manager atau AsMen bisa gak bikin kebijakan seperti ini..??? :)

Tetep semangat dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

50 Komentar untuk "Nikmatnya Bulan Ramadhan"

Aku peeeeeertamaaaaa....!! xixixi....

hehehe... Alhamdulillah kayaknya kamu uda bisa menikmati suasana kerja kamu yg baru. Inget, dimana-mana yg namanya BOS itu, jangan dilawan dengan kata-kata. Biasanya Bos itu selalu merasa paling bener, paling Pinter dan yg utama dia paling gak suka sama bawahan yg 'ngeyel' yg sok pinter menurut dia.

Sorry ini sekedar sharing aja, biar kamu kerasan di tempat kerja yg baru.

Ya udah, yg sabar ya... jangan mudah terprovokasi sama kemarahan BOS yg emang hobby bngt marah-marah. Jangan terpengaruh. Kamu cukup diem aja dulu jangan dilawan. Baru ntar kalo uda agak reda, km blh jelasin. Sabar ya S**....

Met menjalankan ibadah puasa juga buat kamu. Tetap semangaaaat...!!

waduuh emang berat banget kalo puasa ditempat yang bukan habitatnya apa lagi orang disekeliling yang tidak mendukung,,alhamdulillah masih ada yang peduli sama mbak jadi mbak harus tetep semangat yaa jangan pantang menyerah..selamat deeh udah dapet pekerjaan jadi enggak clingu'an kayak aku ini,,bulan puasa tinggal 50% lagi jadi sayang kalo sampai ada yang bolong!!bentar lagi lebaran lhoo hehehe

Aku yakin mbak pasti bisa meyakinkan pada mereka bahwa islam itu adalah agama yang baik dan bukan garis keras dengan semua kepribadian mbak yang kalem,,baik hati,,santun pasti mereka bisa menerima islam

Sukses yaa mbak..moga lancar lancar saja enggak ada halangan maupun cobaan yang menghadang..sukses terus

Makasiih udah mampir ketempat aku,,itu udara segar bagi aku..

waah kalo main game siih aku juga suka mbak hihihi =))

Ikhlas dan bersabarlah mbak...Insya Allah Allah SWT akan senantias tersenyum kepada mbak dwina...

tempat kerjanya mbak dwi mirip tempat kerjaku... jangan2 kita satu kantor mbak... >.< apa artinya aku yang jadi obe-nya yah????

dan ternyata masalahnya juga mirip mbak...

*masih penasaran apa kita sekantor????

hooo... setelah aku pikir-pikir ternyata ga mungkin kita sekantor mbak... soale mbak di medan aku di makassar....

*lagi pengen makan peyek semut aku di sini....

sabaaarr... sabaarrr.... puasa hanya untuk orang yang beriman mbak....

kesepuluuuhhhh.... *udahh ahh sebelum di jitak...*

met berpuasa ya mbak.. ehh di sini dah mu buka nih....

Subhanallah,...
Kangen rasanya baru bisa baca artikel Dwin lagi.
Selamat berpuasa

@zujoe : peyek Semut?? peyek Semut gundulmu itu, aku gak mau di peyeeeeeeeee..,.!!

pentung Zujoe.. peeeentung..!!

kalo di tempat aku malah sebaliknya Say.. mayoritas karyawannya muslim, yg non muslim cuma tiga orang. Tapi meski non muslim, kami gak beda-bedakan koq, waktu pembagian sarung di awal Ramadhan, mereka juga dikasih. Pas pembagian THR juga gak ketinggalan.

Yg penting kinerjanya, bukan muslim non muslimnya.

rupanya dwina lagi sibuk kerja kirain blognya udah di tutup hampir aja tak hapus. oke selamat puasa non tetap semangat....oke.

sabar itu semakna dengan senang nggak bu? atau senang itu bagian dari saba?

Bulan puasa mungkin juga bulan ujian buat orang-orang yang beriman....

harus donk, harus semangat menjalani ibadah di bulan Ramadhan,, sekali setahun ini masa males2n... hehehe.. ^_^, dimanfaatkan sebaik2nya ya kaann..?!

ihhhh bagusnya kebijakan kek gitu ya

wah, moga betah ya mbak.....moga bisa menunjukkan bahwa islam adalah rahmatan lil 'alamiiin...
amiiin

selamat menunaikan dan menikmati ramadhan yach...

waaaahhhh kebijakannya bagus yak..... met menjalankan ibadah puasa ya mbak..... :D

Islam adalah agama yg sempurna...
walopun kita tidak mampu memberikan pandangan positif ttg Islam dg sebuah argumen, kita masih bisa menunjukannya dengan sikap kita.
semoga "mereka" semakin terbuka atas pandangannya terhadap Isalam yg sesungguhnya amin..
mbak dwina met menjalankan ibadah shaum..

wah wina sekarang pindah kerja ya?????............saya juga bukan muslim win tapi banyak kok temen saya yang muslim.....malah sering buka bareng!!!!!!

yah saling pengertian dalam beragama itu memang penting bgt dalam kehidupan kita yang majemuk gini (udh kayak omongan guru PMP saya dulu......emang ni pelajaran masih ada gak yah?????)

ada udang tuh....
gimana gak? dapat karyawan cakep gini...

met pagi aja ah mba, jangan maen HP mulu ah, jam 12 ampe jam 1 kan cukup buat sms an bareng aku, hehehe

#ngarep modon#

Orang-orang non islam memang sudah termakan opini bahwa islam itu keras, tapi dia kok nggak termakan opini bahwa israil itu kejam, biadab dan merusak yaa? bahkan kalau Yahudi itu bangsa yang mulia dan yang didengungkan malah kejadian pembantaian yahudi oleh jerman.

wah ditmpku gk spt itu win...
lah gak puasa aja tetep kerja kok hehe

Salam kenal....
pengalaman yang menarik buat dibagi, semangat terus puasa dan dakwah bil hal ya...

Hmmm... kebijakan yg menarik tuh.. patut menjadi bahan usulan.. thanks for sharing yoo..

Salah satu cara untuk meyakinkan seseorang akan hal yang sulit dimengerti adalah dengan teladan dan perbuatan kita, jika perilaku kita ternyata lain dengan apa yang mereka bayangkan mereka akan tahu dengan sendirinya dan akan menyadari bahwa apa yang mereka pikirkan adalah salah. Kalo perihal teroris, menurut aku kegiatan terorisme dalam bentuk apapun didunia selalu didasari oleh kepentingan pribadi atau kelompok, jika mereka mengatasnamakan satu agama itu hanyalah kamuflase untuk pembenaran perbuatan mereka, karena ayat-ayat yang mereka kutip selalu sepenggal-sepenggal yang berakibat mengaburkan makna yang sebenarnya dari ayat-ayat yang suci.

Kalo membahas soal agama seperti ini, saya kurang piawai Mbak, buat saya yg penting menjalankan apa yg diperintahkan-Nya dan berusaha menjauhi segala larangan-Nya.

Islam itu bukan agama yg keras, saya setuju dng Mas Tukang Komeng, teroris yg mengatasnamakan agama itu hanya untuk kamuflase belaka, demi mencari pembenaran atas tindakan bejat mereka.

Semangat mbak..!! InsyaAllah,kesabarannya akan berbuah manis.

Apa kabar Mbak Dwin? Lama tidak berkunjung nih..

Pa kabar Dwina...
senangnya bisa ke sini lagi :)

sukses ya, semoga di beri kesabaran dlm berpuasa.

Kesabaran adalah sikap paling bijak dalam menghadapi segala sesuatu yang mungkin saja menyakitkan kita.
Any way ..Islam itu adalah Rahmatanlilalamin.

nice sharing.

Puasa di lingkungan orang-orang yang tidak puasa tentunya berpahala lebih besar, karena tantangan dan godaannya jauh lebih besar he..he...he...

Selamat ya Mbak, telah bisa menaklukkan habitus yang lebih terasa berat ketika Ramadhan. Juga met kenal dech!

bulan penuh berkah
tiap hari buka bersama hehehehe

mampir menyapa mBake Dwina yang baik

Memang itu konsekuensi kita hidup di negara yg multi-karakter. Di tmpt kerjaku dulu, aku juga minoritas (dalam hal agama maksudnya). Kalo ada org yg mulai menyentil2 soal ideologi atau iman, diemin aja. Biasa lah org punya beda pandangan. Yg penting kita tetap berpegang pada apa yg kita imani. Kalo aku, biasa kujawab: "ya, itu menurut kamu/anda, tapi kalo saya, saya yakin bahwa... Kita memang punya pandangan beda ya" Sampe disitu biasanya mereka diem aja.

Tetap semangat ya, semoga sukses karir barunya!!

salam kenal...... met berpuasa yah.........

malam
met menikmati ibadah bulam puasa ya sahabat
salam persahabatan
salam hangat selalu

iseng iseng mampir lihat komentar temen temen kook ada yang berantem ceeh..nooh riosisemut sama zujoe sikucing,,eeh sama sama hewannya jangan berantem doonk *ada perasaan hewani* hehehe..kita kaan sama sama habitatnya *halaah*

mbak..I miss you niih hehehe

oia met lebaran yaa,,aku cuma mau ngucapin "minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin"

Aduuh kook jadi nyepam gini ceeh,,maaf yaa mbak!!blog mbak jadi kotor niih karena spam aku hehehe

Rasulullah bilang, "agama itu adalah nasehat.."

Ngakak komengnya stop dreaming wakakakkakak!!

mana mba dwina nya??? pengen tak cakarrr... ga apdeeeetttt.... (kek yang ngomong apdet ajah)

duhh mbak. tetep semangat yah puasa'a.

saat bln puasa mg banyak cobaan tuh mbak. moga2 mbak sntiasa dkasih ksabaran.

met nyambut bln ramadhan bt sluruh moeslim moeslimat sluruh dunia

:)

semangat ya win..wah baru berkunjung ne.. lagi males BW

klo aku mesti menikmati bgt d bulan ramadhan :))

Back To Top