Mengenali Jenis Tanaman Anggrek

 
Membahas tentang anggrek sepertinya kita akan langsung teringat pada si bunga cantik yang perawatannya lumayan rumit ini. Tapi anggrek banyak diminati khususnya kaum wanita. Nah, sekarang ini saya ingin berbagi tentang jenis anggrek yang ada di Indonesia.

Umunya anggrek Indonesia memiliki jenis yang beragam. Ada dua spesies anggrek Indonesia yang sangat digemari yaitu anggrek yang tumbuh di atas tanah dan anggrek yang dapat tumbuh di pohon (benalu). Anggrek Coelogyne celebensis adalah anggrek Indonesia yang memiliki habitat asal dari Sulawesi. Celebensis sangat cocok ditanama pada dataran rendah dan rajin berbunga.

Selain Celebensis banyak lagi jenis anggrek yang dapat tumbuh di tanah diantaranya anggrek dendrobium (Borneo) dan anggrek jenis Cymbidium (Kalimantan Barat). Baru-baru ini diketahui satu lagi spesies anggrek Indonesia yaitu spesies Vanda metusale. berbeda dari jenis anggrek lainnya, vanda metulase memiliki tingkat kesulitan budidaya yang tinggi sehingga jarang sekali dapat berbunga.

Bunga anggrek memiliki nilai keindahan tersendiri bentuknya yang eksotis membuat anggrek banyak diminati dan digunakan dalam acara pernikahan. Ada banyak alasan kenapa bunga anggrek dipilih sebagai bunga dekorasi pernikahan. Alasan pertama adalah keunikan yang dimiliki bunga anggrek ketika mekar dan cara perawatannya yang sedikit rumit membuat bunga ini memiliki nilai tersendiri.

Alasan kedua adalah bunga anggrek memiliki beragam warna yang cantik dan jika dipadukan dengan bunga lainnya keindahan anggrek akan semakin terpancar sehingga wajar saja bila bunga anggrek sering dipilih untuk memperindah dekorasi pernikahan.

Untuk dekorasi pengantin anggrek jenis Cymbidium adalah salah satu dari sekian banyak jenis anggrek yang dipilih. Cymbidium memiliki kelopak yang kuat, tidak mudah layu dan tahan berhari-hari. Potonglah beberapa tangkai cymbidium dan padukan dengan jenis bunga lainnya, seperti mawar dan lili. Jadikan rangkaian perpaduan bunga ini sebagai bouquet bunga pengantin.

Selain anggrek jenis Cymbidium yang dapat tumbuh di tanah. Anggrek jenis Phalaenopsis atau bisa juga dipanggil Phals juga sering dipakai untuk dekorasi pengantin. Anggrek phals memiliki beragam warna seperti kuning, pink dan putih. Bentuk warna bungannya yang bergaris-garis serta memiliki masa berbunga yang tahan lama, menjadikan anggrek jenis phals sering terlihat sebagai dekorasi pengantin pada acara pernikahan.
Tag : artikel
5 Komentar untuk "Mengenali Jenis Tanaman Anggrek"

seneng sekali waktu ke kebun anggrek macam2 jenisnya ya

sayang bunga anggrek saya kini merana tak terurus

Anggrek memang indah seindah harganya. btw blognya bagus. kapan2 mampir ke blogku ya...

aju pelihara anggrek tapi mati, hikz hisz please visit me in http://desakebon.tk

bunga anggrek itu emg cantik yah ;)

Back To Top