Tips Lengkap dan Singkat Memandikan Bayi Jadi Menyenangkan


cara memandikan bayi
Memandikan bayi yang baru lahir bisa menjadi hal yang menakutkan khususnya bagi para ibu muda yang baru memiliki bayi. Rasa takut bayi akan merasa sakit, menangis atau salah memandikan bisa jadi alasan kuat para ibu takut memandikan bayinya. Itu sebabnya banyak ibu muda yang menggunakan jasa suster atau orang tua untuk membantu memandikan bayi.

Memandikan bayi tidak seperti yang ditakutkan
Ibu, hal yang pertama sekali harus ibu lakukan adalah mamasukkan pikiran positif bahwa ibu sayang sekali pada bayi ibu. Jadi buang jauh-jauh rasa takut, khawatir, was-was atau apapun itu. Buang! buang ke tong sampah #eh

Pelajari tips lengkap memandikan bayi dengan mudah
Untuk memandikan bayi juga ada ilmunya. Jadi sebelum memandikan ada baiknya belajar lebih dulu. Salah satu caranya adalah dengan bertanya dengan orang yang lebih ahli misalnya orang tua atau suster atau yang sudah lebih dulu punya bayi.

cara memandikan bayi

Banyak membaca seputar tips perawatan bayi untuk memperbanyak pengetahuan
Membaca sejatinya akan selalu menjadi solusi terbaik saat kita kekurangan pengetahuan. Banyak informasi seputar bayi serta penanganannya. Membaca juga menghindari kita dari mitos-mitos yang beredar dimasyarakat. Salah satu yang menjadi mitos adalah memandikan bayi pada malam hari tidak baik. Hal ini sudah terbantahkan. Nyatanya memandikan bayi saat jam tidur tiba akan membuatnya lebih nyenyak. 

Hanya saja tidak seperti mandi biasa atau mandi pada siang hari. Ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat atau menggunakan handuk hangat untuk membasuh tubuh bayi. Bersihkan bagian-bagian tertentu seperti lipatan paha, leher dan tangan agar debu hilang. Pengetahuan seperti ini bisa ibu dapatkan dari membaca.

Langkah-langkah yang harus dipersiapkan saat ingin memandikan bayi
  1. Siapkan perlengkapan mandi terlebih dahulu seperti sabun, shampo, handuk dan air.
  2. Buka baju bayi lebih dulu, kenapa? menghindari ibu terkenan pipis bayi. Seringkali bayi apalagi bayi laki-laki akan refleks pipis saat popoknya dibuka.
  3. Bersihkan lipatan kulit bayi dengan handuk hangat.
  4. Beri sabun secukupnya saja agar kulit bayi tidak licin karena kebanyakan sabun.
  5. Ajak bayi bercerita agar lebih relaks dan menyenangkan.
  6. Jangan mandi terlalu lama, setidaknya 5 - 10 menit saja.
cara memandikan bayi

Belajar lagi dan lagi
Semua yang ibu lakukan tentunya bertujuan untuk kebaikan bayi. Jadi jangan terlalu cemas bayi itu adalah titipan Ilahi dan tentunya rasa sayang antara ibu dan bayi akan terjalin dan mengalahkan segala kelelahan serta kekhawatiran akan memandikan bayi. Untuk pertama kali tentunya akan sulit namun jika ibu melakukannya setiap hari semua akan jadi biasa. Selamat mencoba.
Back To Top