Resep Pizza Enak Dan Sejarah Pizza


unsplash
Dahulu penduduk kota Napoli, Italia terkenal dengan keahliannya membuat resep makanan yang enak dengan bahan sederhana. Salah satu makanan yang dibuat dengan mudah adalah adonan tepung  gandum dan air yang dipipihkan kemudian dipanggang. Roti tipis ini kemudian diberi rempah bumbu sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Resep sederhana dari bahan yang sederhana pula akhirnya menjadi resep makanan secara turun temurun.

Akan tetapi resep roti gandum ini ternyata bukan asli dari Italia. Menurut sejarawan awalnya resep ini berasal dari Yunani. Hal ini mungkin saja benar sebab jarak kota keduanya tidaklah jauh. Dahulu penduduk Yunani membuat resep gandum dan air yang dibuat menjadi bubur. Setelah itu berkembang menjadi roti gandum yang dipipihkan dan dipanggang dalam tungku panas. 

Asal kata pizza kemungkinan besar berasal dari Yunani. Sebab ketika itu orang Yunani menyebutnya "Picea". Kemudian penduduk Napoli dengan lidah Italinya menyebut "Pizza" dan akhirnya kini pizza menjadi ikon makanan khas dari Itali.

Perkembangan Pizza dari zaman ke zaman

Berbekal resep pizza buatan penduduk Napoli beberapa negara lain juga ikut membuat resep yang sama. Sebab ketika itu gandum adalah bahan pangan utama dan mudah di dapat. Resep pembuatan pizza pula tidak sulit. Cukup campur gandung dengan air kemudian diberi garam dan minyak zaitun. Salah satu negara yang menyumbang pembaharuan terhadap pizza adalah Meksiko. Dinegara ini tumbuh buah tomat yang sayangnya dianggap beracun oleh penduduknya. Buah ini terbuang percuma.

Pengembara dari Spanyol kemudian merasa tertarik melihat buah tomat yang merah dan segar. Mereka membawanya ke Amerika dan Eropa. Disini tomat dikenal sebagai buah yang dengan bentuk yang indah dan rasa yang unik. Melihat geliat buah tomat yang mulai banyak disukai penduduk Amerika dan Eropa, orang Napoli, Italia ikut ambil bagian. Entah siapa yang memulai untuk merebut tomat kemudian dihancurkan menjadi saus dan menjadi topping dari pizza.

Rasa asam dan manis yang dihasilkan tomat ternyata membuat resep pizza semakin enak dan banyak disukai. Sejak itu, saus tomat menjadi bahan perasa untuk mengolesi lapisan dasar pizza.



Seiring berkembangnya zaman ternyata pizza banyak diadaptasi oleh negara-negara lain. Tidak ketinggalan Asia. Saat masa sulit bahan makanan yang sederhana menjadi alternatif untuk membuat makanan. Jika di negara asalnya pizza dibuat dengan selera khas lidah Italia. Maka Asia membuat pizza sesuai dengan lidah penduduknya. 

Nyatanya semakin unik topping pada pizza semakin membuat makanan ini menjadi terkenal. Hingga ini tidak terhitung lagi berapa topping pada pizza. 

Indonesia termasuk salah satu yang menggemari pizza. Coba lihat restoran pizza hut di kota Anda banyak pengunjungnya bukan. Namun sayangnya tidak semua orang mampu mengunjungi restoran ini sebab harga satu pan pizza juga tidak bisa dibilang murah.

Untuk mensiasatinya bagaimana kalau kita membuat pizza sendiri. Karena nyatanya pizza tidak saat ini tidak harus melulu dipanggang dalam tungku api yang menyala. Pizza zaman now bisa dipanggang dalam oven. Yuk cek resepnya.

 Resep pizza enak dan mudah

Bahan resep pizza :
250gr Terigu
1sdt ragi instan
1sdt SP 
1sdt gulpas 
125ml air 
2sdt margarin

Bahan topping resep pizza :
2siung bwg putih, di cincang hls
1bh bwg bombay, di cincang hls 
200gr tomat, di parut hls
50gr saos tomat
1bh wortel, parut hls
100gr Daging cincang
1bh paprika, potong dadu
minyak zaitun secukupnya
Oregano secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat topping pizza:
Panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih + bawang bombay sekitar 5 menit masukan tomat parut + saous tomat + daging cincang masak sampai meletup2. Masukkan parutan wortel masak sampai daging matang. Beri garam, oregano dan penyedap bila suka. Cicip rasanya jika udah ok di lidah angkat dan dingin kan.

Cara membuat roti pizza :
Campur terigu + gula + SP + ragi instan + air ulenin sampai kalis + margarin aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata banting2 30x. Kenapa 30x? supaya adonan lentur.
Tutup adonan dgn kain basah selama 60mnt.
Setelah 60menit kempiskan adonan dan bentuk jd bulatan sekitar 200/300gr atau sesuai selera. Diamkan kembali adonan selama 15menit dengan tetap ditutup kain basah lagi.
Bentuk adonan sesuai selera dalam loyang yang sudah diolesi mentega jangan lupa adonan di tusuk dengan garpu. Beri adonan topping pizza dan taburi dengan keju mozarella. Panggang selama 25mnt dengan suhu 180°C atau sesuai oven masing2. Selamat mencoba.

0 Komentar untuk "Resep Pizza Enak Dan Sejarah Pizza"
Back To Top