Tiga rumus present tense yang bikin kamu mahir


Berbahasa Inggris tidaklah sesulit yang dibayangkan. Setidaknya benamkan itu dalam benak ketika pertama kali Anda ingin belajar Bahasa Inggris. Cara mudah pertama kali dalam belajar Bahasa Inggris adalah mencari tahu arti kata dalam Bahasa Inggris.

Anda bisa memulainya dari kata yang sehari-hari digunakan. Misalnya, gelas, piring, sendok dan lain-lain. Kelompokkan nama-nama benda tersebut dalam masing-masing kelompok. Misalnya benda-benda yang ada di dapur, di kamar, di toilet dan lain-lain. Begitu seterusnya. Usahakan dalam satu hari Anda menambah sedikitnya 10 – 50 kata per hari. Jika sudah terbiasa ini akan mudah saja.

Selanjutnya masukkan nama-nama benda tersebut dalam kalimat. Mulailah dengan kalimat sederhana. Misalnya: saya mahu makan. Atau dia sedang pergi ke kamar mandi. Kalimat-kalimat sederhana ini akan membentuk pola kalimat yang sederhana diucapkan. Setelah itu Anda boleh mulai memasukkan tense. Apa itu Tense?

Tense ialah kata kerja dalam Bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu (sekarang, masa depan dan masa lalu) terjadinya perbuatan atau peristiwa. Dalam tense kita mengenal 16 tense yaitu:

Simple present tense
Present continuous tense
Present perfect tense
Present perfect continuous tense
Simple past tense
Past continuous tense
Past perfect tense
Past perfect continuous tense
Simple future tense
Future continuous tense
Future perfect tense
Future perfect continuous tense
Simple past future tense
Past future continuous tense
Past future perfect tense
Past future perfect continuous tense 

 



Sekarang kita mulai dengan Simple Present Tense adalah jenis kalimat yang berfungsi untuk mengungkapkan suatu aktivitas atau fakta yang terjadi di masa sekarang, dan secara struktural atau susunannya simple present tense hanya menggunakan satu kata kerja.

Present Tense merupakan salah satu bentuk bentuk kata kerja. Ini hanya menggambarkan tindakan, kebenaran (fakta), masa depan dan situasi. Sangat mudah untuk membentuk dan menggunakan bentuk dasar dari kata kerja. Ini adalah bentuk kata kerja.

Sebuah 'verb' adalah kata tindakan. 'The tense' adalah waktu aksi. 'Present' adalah sekarang. Ini menunjukkan bagaimana masa lalu terhubung dengan saat ini / sekarang.

Jadi rumus simple present tense adalah sepert di bawah ini :

Subjek + Bentuk Dasar (V1) + 's' atau 'es' + sisa kalimat

Jika subjeknya he, she atau it, ada penambahan 's' atau 'es' dengan bentuk dasar dan contoh kalimat simple present tense seperti “He eats apples daily”. Jika subjeknya adalah you, we, they atau bentuk jamak lainnya, hanya bentuk dasar yang digunakan. Contohnya adalah “They eat apples daily”.

Subjek + Do not / does not + bentuk dasar + sisa kalimat
Dengan subjek tunggal menggunakan 'does not' sedangkan dengan bentuk jamak, menggunakan 'do not'. Misalnya adalah “he does not eat apples daily”  dan “they do not eat apples daily”.

Do / Does + subjek + bentuk dasar + sisa kalimat +?

Kalimat interogatif dimulai dengan “do” atau “does”, dengan contoh sebagai berikut “does he eat apples daily?” dan “do they eat apples daily?”

Dapat dengan mudah bukan untuk mempelajarinya? Dengan menguasai rumus tersebut pasti Anda dapat membuat kalimat dari simple present tense dengan mudah. Jika sudah bisa membuat kalimat secara tertulis, jangan lupa untuk melatihnya secara lisan agar Anda semakin menguasai bahasa Inggris.




Back To Top