Do'a Agar Anak Tidak Rewel Amalkan Setiap Hari Dan Rasakan Manfaatnya

Pixabay

Malam adalah saat ternyaman untuk merehatkan badan setelah seharian berpenat lelah dengan segala aktivitas. Apalagi untuk seorang ibu yang baru bersalin, rasanya, malam ingin cepat datang dan pagi jangan buru-buru muncul. Kepenatan menjaga buah hati tentu akan terbayar lunas dengan tidur nyaman. Namun bagaimana jadinya jika malam pun di ganggu oleh tangisan bayi. Apalagi jika tidak tahu apa yang menjadi punca sebab dia menangis malam.

Bayi adalah mahluk yang sensitif, hampir segala apa yang dirasakan dia sampaikan lewat tangisan. Ya, karena memang cuma itulah cara yang dia boleh buat. Kalau dia sudah bisa bicara agak lebih lumayan sebab kita boleh bertanya kenapa dia menangis. Mungkin dia teringin nak kencing, mungkin kain lampin basah, mungkin lapar dan lain-lain. Tapi, bagaimana kalau baby tu masih dalam hitungan bulan tentu yang dia boleh buat adalah menangis.

Keadaan ini kerap membuat pasangan suami isteri boleh bergaduh. Suami dah penat menjadi rezeki, nak tidur lena tetapi tak nyaman sebab anak menangis selalu. Isteri pulak yang merasa dah menjaga baby tu sedari pagi tentu ingin bergantian menjaga dengan suami. Apa lagi, gaduhlah. 

Bagaimana selaku orang tua menyikapi keadaan ini? Kalau nak ikutkan hati, rasa nak marah. Tetapi, apakah dapat menyelesaikan masalah. Kan, marah tu disebabkan kerana syaitan yang menggoda. Ingat, ya. Dia selalu berperan untuk menghembuskan api permasalahan antara suami isteri. Apalagi kalau sampai bercerai disebabkan baby, nauzubillah.

Jadi, Mak. Kalau anak rewel atau suka menangis malam. Cari tahu dulu apa penyebabnya. Jangan buru-buru naik tensi sampe ngunyah bantal, ya.

Penyebab anak menangis atau rewel waktu malam

Pixabay

Merasa tidak nyaman karena celana basah

Ini yang paling umum terjadi dimana anak akan menangis ketika lampin atau celananya basah. Karena belum bisa bicara, jadi cara memberitahunya adalah dengan menangis. Untuk kenyamanan pakaikan diapers atau popok anti basah dan periksa ketika malam sebelum mamak mau tidur. Mungkin karena sudah dipasang sejak beberapa jam yang lalu, popoknya sudah penuh. Ganti sebelum Mamak tidur supaya baby nyaman, Mamak pun boleh tidur tenang.

Digigit serangga, nyamuk atau semut

Penting sebelum tidur mengibas atau menyapu kasur dengan sapu lidi. Sebab kita tidak tahu binatang apa yang dah hinggap semasa kasur itu kita tinggal. Boleh jadi ada gajah, harimau atau biawak komodo. Wkwkwkkw becanda. Mungkin ada serangga seperti semut atau yang lain menempel di kasur. Ketika malam ia aktif sebab ada orang yang tidur di atasnya. Baby yang berkulit lembut dan berdarah manis itu jadi sasaran empuk. Apa lagi? Rewellah dia.

Sakit

Ini yang paling sering menyebabkan baby rewel di malam hari. Tentu saja, siapa yang merasa nyaman tidur dengan badan yang panas? Kita orang dewasa pun tentu jadi tak selesa bila tengah sakit, bukan? Apalagi baby. Jadi, Mak. Tolong bersabar, baby kita sedang belajar adaptasi dengan alam persekitaran yang baru bagi dia. Dan, demam sering datang pada baby usia di bawah dua tahun dimana ketika itu imun tubuhnya belum stabil.

Diganggu jin

Ini berhubungan dengan nyata atau tidak ya. Syaitan atau jin itu sering mengganggu kanak-kanak, entahlah mungkin mereka sedang iseng atau emang udah tugasnya. Anggap aja sebagai ajang uji nyali bagi baby kita. Tapi... bukan berarti dibiarkan tanpa pengobatan ya. Amalkan sunnah sebelum tidur supaya baby dan kita pun tidak diganggu jin.

Amalan dan do'a yang boleh dilakukan agar terhindar dari gangguan jin

Pixabay

Pertama, Mamak boleh membersihkan tempat tidur sambil membaca basmallah, Allahu Akbar tiga kali sambil mengibaskan sapu ke atas tempat tidur. Supaya makhluk tak kasat mata itu lari tunggang langgang.

Ke dua, Ketika sehabis bepergian jangan langsung masuk kamar, bersihkan kaki tangan dan muka dengan air sebelum masuk kamar. Selain menyegarkan ternyata membersihkan diri sebelum masuk kamar dapat menetralkan efek negativ yang terbawa ketika kita berada di luar rumah.

Ke tiga. Jangan lupa mengucap salam ketika masuk kamar. Salah seorang ustaz pernah berkata bahwa di dalam kamar tidur kita ada jin yang bernama Dasim. Tugasnya selain merosakkan hubungan suami isteri juga mengganggu penghuni kamar seperti anak kita tadi. Mengucap salam sebelum masuk kamar boleh membuat jin Dasim ini lari dari dalam kamar.

Do'a ketika anak rewel atau suka menangis malam

ِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

(Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa la fis samaa'i wahuwas sami'ul alim.)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Dzat dengan asma-Nya, yang tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Atau yang lebih pendek lagi:

 عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ

(Dzii quwwatin 'inda dzil 'arsyi makiin.) 

Artinya: “Yang mempunyai kekuatan lagi (pula) mempunyai kedudukan di sisi Pemilik 'Arsy.” (QS. At- Takwir, 20)

Bermohon dengan hati tunduk pada Allah mengharap agar Allah menolong dari segala hal yang tak kasat mata. 

Setelah itu boleh dilanjutkan dengan do'a tidur dan surah-surah sebelum tidur. Tahu, apa sahaja surah yang baik dibawa sebagai penghantar tidur, kan?

Amalkan untuk membaca surah Al-Ikhlas, Al-falaq dan An-Nas sebelum tidur sebanyak 3 kali kemudian usap ke seluruh tubuh yang dapat dijangkau oleh tangan. Boleh juga usap ke tubuh baby agar dia juga terlindungi. 

Membaca istighfar sebanyak tiga kali, bermohon agar Allah ampuni dosa kita seharian ini dan akhiri dengan membaca ayat kursi.

Bila waktu yang sesuai untuk membaca surah-surah di atas? Kalau tidak penat sangat, bolehlah ambil posisi duduk di atas kasur sambil mengusap kepala baby yang tengah tidur tu, bacakan surah-surah yang tadi. Penting untuk berwudhu sebelum tidur ya. Semoga malaikat menjaga Mamak dan ahli keluarga ketika tidur. 

Kalau dah penat sangat, boleh juga ketika baring sambil mahu menuju lena bacakan surah-surah tu dengan suara pelan atau dalam hati pun tak apa. Allah tahu batas kemampuan kita.

Ketimbang mendengarkan musik sebelum tidur, elok kita ganti suara musik itu dengan mengaji, surah yang baik dibaca ketika menjelang tidur ialah surah Al-Mulk. Mamak boleh dengar melalui gawai semoga dengan seringnya kita mendengar, lama-lama boleh hafal.

Semoga saya dan kita semua dapat melewati keadaan ini dengan baik dan selalu dalam keadaan waras. Sebab, saya pun masih terus belajar tentang hal-hal yang saya tuliskan di atas. Semoga bermanfaat.

Back To Top