Resep Crepes Teflon Yang Crispy Dan Anti Gagal



Apa itu Crepes Teflon?

Crepes merupakan salah satu jenis hidangan penutup mulut yang cukup terkenal di Indonesia. Crepes sendiri merupakan cemilan khas dari Perancis yang merupakan kue yang dibuat dari adonan terigu dan dibuat secara tipis – tipis. Di perancis biasanya crepes ini disajikan bersama dengan ice cream ataupun dengan maple syrup.

Sebenanrnya crepes ini memiliki jenis adonan yang sama dengan adonan pancake hanya saja crepes ini dibuat setipis mungkin, berbeda dengan pancake yang dibuat setebal mungkin. Meski begitu baik pancake maupun crepes sama – sama memiliki citarasa yang manis dan lezat dengan keunikannya masing – masing.

Biasanya crepes ini dibuat sedikit lembek ataupun dibuat sangat garing. Tekstur dari crepes ini tergantung kepada selera dari orang yang memakannya. Namun meskipun crepes ini dibuat dengan bahan – bahan yang cukup sederhana. Justru kesulitannya bukan terletak pada bahan – bahannya melainkan pada proses pembuatannya.

Jika tidak dibuat dengan benar maka bisa saja adonan crepes hancur atau bahkan gosong karena mungkin api yang digunakan terlalu besar. Untuk bisa berhasil membuat crepes ini dibutuhkan peralatan membuat crepes khusus. Penggunaan alat – alat tersebut agar crepes bisa dibuat secara bulat sempurna dan permukaannya pun tipis dan tidak ada bagian yang menggumpal.

Tetapi tentunya tidak semua orang memiliki peralatan khusus untuk membuat crepes seperti itu. Solusi agar kita bisa membuat crepes anti gagal tanpa menggunakan peralatan khususnya adalah dengan menggunaka Teflon. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat resep crepes Teflon ini maka kamu bisa mencoba mengikuti resep dan tata cara pembuatan dibawah ini.




Bahan – bahan yang harus dipersiapkan :


150 gram tepung terigu
5 sdm gula halus
1 bungkus susu bubuk full cream
1 butir telur ayam
1 sdt vanilli bubuk
½ sdt baking powder
¼ sdt garam
1 sdm mentega cair
2 gelar air matang
Topping : kacang, coklat meses, keju, selai, dll


Cara pembuatan Crepes dengan menggunakan Teflon yang bisa diikuti :

  1. Pertama masukan tepung terigu, susu bubuk, vanilli bubuk, dan juga baking powder kedalam wadah kemudian ayak semuanya menggunakan saringan supaya tidak ada gumpalan, setelah itu sisihkan wadah tersebut.
  2. Di wadah yang lain masukan telur, gula pasir, dan sedikit garam kemudian kocok sampai semua bahan tersebut tercampur dan mengembang. Agar lebih cepat maka kamu bisa menggunakan bantuan mixer.
  3. Jika adonan telur sudah cukup mengembang, turunkan kecepatan mixer ke yang paling rendah. Kemudian setelah itu masukan campuran tepung yang sebelumnya sudah diayak kedalam kocokan telur secara perlahan.
  4. Setelah itu masukan air sedikit demi sedikit kedalam campuran telur dan terigu kemudian kocok kembali menggunakan mixer dengan kecepatan sedang sampai semua adonana tercampur rata. 
  5. Setelah adonan tercampur rata terakhir masukan mentega yang sudah dicairkan kemudian kocok kembali selama 1 menit.
  6. Jika sudah siapkan Teflon anti lengket dan panaskan Teflon tersebut dengan menggunakan api kecil.
  7. Setelah teflonnya panas tuang adonan tersebut sekitar 1 – 2 sendok sayur kecil atau di sesuaikan dengan ukuran diameter Teflon. Setelah adonan dituang putar – putar Teflon agar adonan melebar dan menutupi seluruh permukaan Teflon.
  8. Jika sudah masak dengan menggunakan api kecil sampai adonan mulai mengering.
  9. Sambil menunggu adona kering jangan lupa beri tambahan topping diatas crepes sesuai dengan selera kamu.
  10. Jika sudah lipat crepes menjadi 3 bagian kemudian angkat.
  11. Crepes Teflon pun siap disajikan.

Tag : artikel
Back To Top