Resep Cimol Anti Meledak Yang Enak, Gurih, Dan Garing Diluar




Menyantap cemilan baik asin maupun manis memang menyenangkan terutama saat kita sedang berkumpul bersama teman atau orang terkasih. Pilihan cemilan atau jajanan yang bisa dipilih pun sebenarnya sangat beragam. Namun dari berbagai cemilan yang dijual oleh para pedagang tersebut, cemilan berbahan dasar aci menjadi salah satu cemilan yang paling populer dan banyak disukai orang – orang.

Cemilan berbahan dasar aci sendiri cukup banyak jenisnya, dari mulai cemilan manis sampai asin bisa anda temui. Tapi dari banyaknya jenis cemilan berbahan dasar aci tersebut ternyata ada satu cemilan yang dianggap paling hits dan banyak disukai orang – orang. Cemilan tersebut adalah Cimol yang merupakan cemilan asin berbentuk bulat yang memiliki tekstur yang garing namun ada sedikit kenyal di bagian dalamnya.

Jajanan Cimol ini sangat populer terutama di tempat asalnya yakni kota Bandung. Di kota tersebut anda bisa dengan mudah menemukan cimol di tiap sudut kotanya. Karena peminat cimol ini kini seamkin banyak akhirnya kini cimol pun dibuat dalam kemasan frozen dimana pembeli bisa membelinya dan menggoreng sendiri dirumah. Namun ternyata menggoreng cimol tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak orang seringkali mengalami kejadian tidak enak saat menggoreng cimol dimana cimol tersebut meledak. Ya, menggoreng dan membuat cimol ini memang tidak bisa sembarangan, jika salah maka cimol akan meledak dikarenakan suhu didalamnya terlalu tinggi. Untuk itu agar cimol yang anda buat tidak meledak, anda bisa mengikuti resep cimol anti meledak beserta cara memasaknya berikut ini.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan :


- 150 gram / 15 sendok makan tepung tapioka. 
- 1 sendok makan tepung terigu
- 1 ½  sdt garam
- ½ sdt lada bubuk
- ½ sdt penyedap bubuk
- 2 siung bawang putih yang dihaluskan
- 150 ml air panas yang mendidih
- Minyak goreng 
Alat masak yang digunakan :
- Wajan penggorengan
- Kompor
- Wadah
- Talenan
- Pisau
- Spatula
- Sendok

Cara membuat cimol anti meledak :



  1. Pertama – tama siapkan wadah/mangkuk kemudian masukkan semua bahan kecuali minyak goreng dan air panas mendidih ke dalam wadah tersebut.
  2. Setelah itu baru masukkan air panas mendidih secara perlahan-lahan ke dalam wadah berisi adonan sambil terus aduk-aduk secara perlahan hingga adonan tercampur rata.
  3. Setelah itu diamkan adonan sampai suhu adonan sedikit dingin.
  4. Kemudian ambil sejumput tepung tapioka ke tangan dan bentuk adonan menjadi bulatan seukuran kelerang. Untuk membuat adonan mudah menyatu dan menghasilkan cimol yang kenyal, anda bisa menambahkan taburan tepung tapioka pada adonan.
  5. Setelah itu siapkan wajan penggorengan, letakkan di atas kompor, tuangkan minyak goreng, dan masukkan semua adonan cimol dalam keadaan minyak dingin.
  6. Jika  adonan cimol sudah masuk semuanya, baru nyalakan api kecil agar cimol tidak meledak-ledak saat digoreng.
  7. Goreng cimol hingga mengembang, lalu angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan di atas piring dan berikan bumbu tabur di atasnya sesuai selera.
  9. Cimol Anti Meledak pun siap untuk disantap.

Semoga dengan resep cimol anti meledak diatas anda bisa membuat dan menggoreng cimol sendiri dirumah tanpa takut gagal apalagi meledak saat digoreng. Tunggu apalagi, silahkan mencoba resep ini dirumah !

Back To Top