Yuk Kenali 6 Jenis Bahan yang Cocok untuk Koleksi Rok Anda

pixabay

Untuk wanita, ada berbagai jenis bawahan yang biasanya dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Salah satu jenis bawahan yang sering digunakan adalah rok. Rok merupakan pakaian yang sangat identik dengan wanita karena di zaman sekarang rok memang dikhususkan untuk para wanita. Sehingga, rok menjadi pakaian yang bisa menjadi pakaian sehari-hari seorang wanita.

Seiring berjalannya waktu, desain dan model celana rok wanita mulai semakin beragam. Tak hanya itu, bahan yang digunakan pun juga sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan waktu penggunaan rok tersebut. Lalu, apa saja jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat rok wanita? Berikut ini beberapa diantaranya:

Linen
Bahan linen merupakan salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk rok wanita. Bahan linen dipilih karena memiliki daya serap yang cukup baik terhadap keringat. Karena memiliki daya serap yang baik, maka rok berbahan linen sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Meski memiliki daya serap yang baik, rok berbahan linen juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yakni bahan linen yang mudah kusut atau berkerut sehingga Anda perlu berhati-hati dalam merawat rok berbahan linen.

Denim
Denim merupakan salah satu bahan yang cukup fleksibel dan bisa digunakan pada berbagai jenis pakaian baik untuk pria maupun wanita. Untuk membuat celana rok wanita pun Anda bisa menggunakan bahan denim. Penggunaan bahan denim umumnya akan membuat penggunanya merasa lebih berat. Karena, kain denim berasal dari katun dan wol atau campuran linen yang dipadukan. Sehingga, kain denim cenderung cukup berat untuk digunakan sehari-hari. Meskipun demikian, jika Anda ingin berpakaian dengan gaya kasual, penggunaan denim sangat disarankan karena bisa menjadi daya tarik dari gaya busana yang ingin diterapkan.

Velvet
Jenis kain lainnya yang biasa digunakan untuk membuat rok wanita adalah bahan velvet. Bahan velvet merupakan jenis kain tenun yang bisa digunakan sebagai material pembuat rok. Bahan ini memiliki struktur yang halus dan rata sehingga sangat menyerupai kain sutera saat Anda kenakan. Karena bisa menyerupai kain sutera, maka celana rok wanita dengan bahan velvet akan sangat cocok apabila digunakan pada acara-acara formal atau resmi karena memberikan kesan yang mewah dan glamor.

Satin
Bahan berikutnya yang umumnya digunakan sebagai material utama rok adalah satin. Bahan satin merupakan kain yang memiliki ciri khas berupa permukaan yang mengkilap, halus dan licin. Jenis kain ini memiliki tekstur yang licin karena pada proses pembuatannya jalinan benang cukup minim. Sementara itu, rok wanita dengan bahan satin akan sangat cocok apabila Anda gunakan untuk acara-acara pesta karena tampilannya yang mewah.

Chiffon
Jenis kain berikutnya yang biasa digunakan untuk membuat celana rok wanita adalah kain Chiffon. Kain ini merupakan kain yang termasuk kedalam jenis kain transparan dan ringan. Hal tersebut disebabkan karena kain chiffon terbuat dari bahan katun ataupun sutra sintetis yang dipadukan. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut dan luwes sehingga akan sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki postur tubuh kurang menarik.

Corduroy
Ingin menggunakan rok pada musim dingin? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba untuk menggunakan rok dengan bahan corduroy. Bahan corduroy merupakan bahan kain yang diciptakan dari kapas tebal. Karena tebal, kain ini cenderung memiliki karakteristik yang halus namun sedikit kaku. Meskipun demikian, celana rok wanita dengan bahan corduroy akan sangat cocok untuk digunakan pada musim dingin karena bisa membuat Anda merasa lebih hangat saat mengenakannya.
Tag : Fashion
Back To Top