Inilah Tiga Fase Manusia Dalam Rahim

Dwina.net - Inilah tiga fase manusia dalam rahim

Sebagai seorang perempuan rasanya saya sudah merasa terlengkapi dengan adanya suami yang melindungi dan anak-anak yang alhamdulillah ngga nakal-nakal amat. hehehhe. But, sebenere ngga ada anak yang nakal adanya mereka sedang mencari perhatian orang tuanya. Kadang kita sebagai orang dewasa merasa lelah menghadapi kerenah mereka, kalo udah gitu emosi meledak kan. 

Tapi mam's percaya ngga, kalau segalak apapun kita sama mereka, mereka akan tetap menempel pada kita. Ibunya. ya karena bagi anak-anak kita bak malaikat pelindungnya. Jadi mam's yuk kita banyak-banyak bersyukur dan bersabar. Kelak mereka akan memasuki dunia mereka dan kita hanya tinggal melihat sukses tidaknya kita mendidik mereka. Duh, jadi melow. hiks.

Saya tidak bisa melupakan atau mungkin memang tidak mau melupakan proses kelahiran kedua anak saya. Mereka berdua anak lelaki yang kalo kata orang pas proses lahirnya lebih sakit dari anak perempuan. Entahlah, saya belum pernah mengandung anak perempuan. hehehhe. Tapi melewati proses melahirkan itu memang sesuatu banget ya, mam's. Rasanya seluruh kesakitan muncul dalam waktu yang bersamaan. 

Proses melahirkan itu membuat saya berfikir bagaimana sebenarnya proses penciptaan manusia sejak ada dalam kandungan. Jadi menurut sumber-sumber bacaan yang saya kumpulkan ternyata manusia itu dalam kandungan melalui tiga fase dalam rahim sebelum akhirnya lahir ke dunia. Apa sajakah itu? Inilah tiga fase manusia dalam rahim.

Manusia diciptakan dari segumpal darah

Raman Oza

Hasil penelitian modern menemukan fakta adanya tiga fase kehidupan di dalam rahim. Informasi ini didapatkan para ahli dengan berbagai peralatan modern. Uniknya, berabad-abad yang lalu, Nabi kita Muhammad saw telah mengetahui informasi itu dari Al-Qur'an. Ayat tentang proses penciptaan manusia adalah:

"Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. yang (berbuat) demikian itu adalah Alloh. Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan tidak ada tuhan selain Dia, maka mengapa kamu dapat dipalingkan?" (QS Az-Zumar : 6)

Sesuai ayat di atas berarti hanya Adam dan Hawa yang diciptakan Alloh dari saripati tanah sementara selain dari itu manusia di ciptakan dari segumpal darah. Fakta unik ini msih berkaitan dengan penciptaan manusia di dalam rahim, Alloh SWT berfirman:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia' (QS al - Alaq 1-3)

Menurut ayat di atas, manusia tercipta dari segumpal darah. Adapun arti kata 'Alaq' disini adalah "sesuatu yang menempel pada suatu tempat". Jika diilustrasikan seperti lintah yang menempel kuat pada tubuh untuk menghisap darah. 

Kalian pasti pernah tahu lintah bukan. Geli ngga kalau lihat lintah? Saya iya. hehhehe

Dan lintah ini kalau sudah nempel di tubuh akan sulit lepas sebab binatang ini memang memperoleh makanan dengan cara menghisap darah inang yang di tempelinya. Sam seperti segumpal darah yang akhirnya berbentu segumpal daging lalu menempel pada dinding rahim. Segumpal daging ini di sebut zigot dan cara untuk memperoleh makanan adalah dengan menempel di dinding rahim untuk menghisap sari makanan dari tubuh ibu. Itu sebabnya ibu hamil harus memenuhi nutrisi lebih banyak sebab ada janin yang membutuhkan makanan di rahim ibu.

Proses dibungkusnya tulang oleh otot

Perkembangan janin berikutnya adalah proses pembungkusan tulang oleh otot. Semula para ahli berpendapat jika tulang dan otot terbentuk secara bersamaan. Namun, perkembangan ilmu embriologi beserta peralatannya yang canggih memberikan fakta ilmiah yang lain. Semula, jaringan tulang rawan yang sudah terbentuk mulai mengeras lalu diikuti dengan bergabungnya jaringan otot di sekitarnya yang menyelubungi tulang tersebut.

Setelah tulang rawan ini terbungkus otot ini mengeras secara berangsur-angsur janin akan membentuk mulai dari kaki hingga kepala. Proses ini terjadi dalam rahim pada minggu ke - 7 dan ke - 8.

Dan apa yang terjadi pada ibu ketika proses ini, hormon ibu akan bergejolak dan menimbulkan rasa mual, pusing sakit-sakit pokoknya amazing lah ya. Tiap pagi badan lemes ngga bisa ngapa-ngapain. Bawaannya pingin di kasur mulu. Bangun-bangun langsung ke kamar mandi buat huekk huekk. hahahha. Pas kejadian ngga sempet ketawa bok.


eh satu hal yang kalian harus tahu ternyata proses terbungkusnya tulang ini juga dijelaskan dalam al Qur'an loh.

"Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Alloh, Pencipta yang paling baik" (QS al - Mu'minun : 14)




Referensi : 101 fakta unik islam/ Ririn Astutiningrum



Back To Top