Cara Merangsang Indra Perasa Janin

Cara merangsang indra perasa pada bayi atau janin – indra perasa berhubungan dengan lidah yang dapat merasakan pahit, manis, asin dan masam pada suatu benda yang masuk ke dalam mulut bayi. Prenatal Education atau pendidikan pralahir selanjutnya adalah bagaimana cara merangsang indra perasa pada janin yang masih berada dalam rahim ibunya.

Indra perasa pada janin akan terbentuk pada minggu ke-13 sampai minggu ke-15. Pada usia ini, janin dapat merasakan substansi yang pahit dan manis. Tahukah ibu, bahwa cairan ketuban akan diminum oleh bayi? jika cairan ketuban yang bayi rasakan manis, maka dia akan meminumnya dan menelannya. Namun, jika air ketuban yang dia rasakan pahit, janin akan meronta dan mengeluarkannya, serta janin akan berhenti meminumnya.

Dalam usia ini seorang ibu yang mengandung hendaknya benar-benar memperhatikan pola dan menu makannya. Komsumsi makanan yang sehat dan minum air dengan cukup akan membuat air ketuban menjadi manis. Menu makanan sehat untuk ibu hamil hendaknya dikonsumsi terus menerus. Ibu bisa mendapatkan sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, wortel dan lain sebagainya. Sedangkan untuk buah, ibu bisa mendapat gizi yang baik dari apel, alpukat, jeruk dan lainnya. Yang perlu diingat adalah jangan mengkonsumsi hanya satu jenis buah dan sayur yang sama setiap hari dalam porsi yang besar. Ibu bisa mengganti menu yang berbeda setiap hari.

Selain itu untuk menjaga stamina tubuh bisa juga dengan cara mengkonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan khusus untuk ibu hamil. Dengan begitu ibu yang sehat juga berkemungkinan akan melahirkan bayi yang sehat. Yang tidak kalah penting dalam merangsang indra perasa pada janin adalah memperhatikan sumber makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Makanan serta minuman yang dikonsumsi hendaknya dari sumber yang halal sebab apabila seorang ibu yang mengkonsumsi makanan haram akan berdampak negatif pada janin seperti:

1. Kurangnya mendapat petunjuk dari Allah
2. Terhijabnya diri dari mengenali kebenaran
3. Hati menjadi rusak dan keras sehingga sulit untuk menerima ajaran kebenaran
4. Do’a yang tidak makbulkan Allah
5. Tidak mendapat keberkahan rezeki dan umur yang bermanfaat
6. Terhalang dari mendapat ilmu pendidikan yang baik
7. Pikiran yang resah serta tidak tentram dan gelisah

Oleh sebab itu bagi anda para orangtua adalah penting untuk memperhatikan dan mengetahui lebih dulu tentang dari mana sumber makanan dan minuman yang anda konsumsi, karena ketika ibu sedang mengandung bukan hanya ibu yang mengkonsumsi makanan tersebut tapi janin dalam perut ibu juga turut memakannya. Amat disayangkan jika ketika masih dalam kandungan pun dia sudah mengkonsumsi makanan yang haram baik dari jenisnya ataupun dari cara memperoleh makanan tersebut.

Tag : kesehatan
2 Komentar untuk "Cara Merangsang Indra Perasa Janin"

Kita memang harus menjaga diri kita dan keluarga termasuk bayi yang dikandung dari makanan yang haram. Sangat perlu berhati-hati agar kelak janin yang lahir berakhlak mulia dan dapat menjaga diri dari hal-hal yang dilarang agama. Pendidikan dini dimulai sejak dari kandungan dan peran orang tua.

Back To Top