Tips Cara Merangsang Indra Peraba Bayi

Tips dan cara merangsang indra peraba pada bayi – seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa pendidikan pralahir (prenatal Education) pada bayi dilakukan mulai pada saat suami istri melakukan hubungan seksual. Yaitu pada saat bersenggama hendaknya pasangan suami istri membaca do’a lebih dulu, mohon pada Tuhan agar diberi zuriat yang kelak dapat menjadi penerus keturunan dan berpegang teguh pada agama. Dan setelah selesai melakukan hubungan seksual hendaknya mengucapkan Hamdallah sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan ketika bersenggama.

Hal ini dilakukan karena aktivitas seksual bukan hanya untuk mengejar kenikmatan sesaat tapi lebih kepada proses pembentukan bayi yang berkualitas serta menghindari peran serta syetan dalam aktivitas seksual tersebut.

Pendidikan pralahir juga berguna untuk membentuk panca indra bayi dan dapat dilakukan sejalan dengan perkembangan indra janin dengan cara memberikan stimulan melalui komunikasi sederhana, walaupun bersifat searah yaitu hanya ibu atau ayahnya yang memberikan rangsangan pada bayi dalam rahim. Namun setelah diteliti sebenarnya bayi memberikan respon terhadap rangsangan yang diterimanya dari luar rahim.

Pendidikan pralahir selanjutnya yaitu dengan melakukan rangsangan pada indra perabanya. Indra peraba ini berkembang sebelum minggu kedelapan. Ketika janin bergerak dan telapak tangan atau kakinya tampak pada perut ibu. Sentuhan dan belaian yang penuh kelembutan dan kasih sayang kepada janin akan memberikan ketengan baginya. Janin akan merasakan kelembutan, rasa cinta, dan kasih sayang dari orangtuanya. Kelembutan dan kasih sayang yang diberikan oleh orangtua tersebut akan menimbulkan kesan positif pada janin. Dengan begitu diharapkan akan membentuk karakter percaya dan keyakinan diri dalam menghadapi kehidupannya setelah dilahirkan.

Bagi anda para suami, jangan ragu untuk membelai perut istri anda, wanita yang sedang hamil secara psikologis membutuhkan kasih sayang yang lebih dan cenderung manja. Hal ini bukan rekayasa istri tapi adalah keinginan dari si calon bayi yang disalurkan lewat perasaan ibunya. Maka, tak heran jika seorang ibu yang sedang mengandung sering mengusap perutnya sendiri malah kadang tanpa sadar, tangan ibu akan bergerak sendiri membelai perutnya. Dan ketika bayi merasakan belaian tersebut, dia akan menjadi lebih tenang karena merasa di sayangi oleh orangtuanya.

Pendidikan pralahir selanjutnya adalah bagaimana cara merangsang indra pendengaran pada janin. Ini
Tag : kesehatan
2 Komentar untuk "Tips Cara Merangsang Indra Peraba Bayi"

awalnya membelai perut sendiri supaya lebih nyaman ternyata dibalik itu ada manfaatnya juga ya mbak

assalamu'alaikum Mbak Wina,
weh sudah lama saya ndak menikmati hangatnya teh di sini.
Keknya makin hari artikel babynya makin mengalir aja nih.
Saya mendo'akan semoga calon jabang bayinya lahir dengan aman, selamat, dan sehat. Kelak Insya ALloh menjadi generasi Robbani yang tangguh sebagaimana para pemuda ashabul kahfi

Back To Top