2011-09-09

Suplemen Ibu Hamil dan Menyusui

suplemen, multivitamin Ibu hamil dan menyusui - Masa hamil dan menyusui adalah masa yang penting bagi seorang ibu untuk benar-benar menjaga kondisi kesehatan agar bayi dan ASI dalam keadaan baik. Ketika hamil seorang ibu akan kehilangan banyak energi, kalsium dan mudah sekali terkena dehidrasi. Oleh sebab itu, kebutuhan air untuk seorang ibu hamil meningkat menjadi 100%. Sebab cairan tubuh akan diserap lebih cepat dibanding ketika tidak dalam kondisi hamil.

Apalagi ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan ke atas, cairan tubuh terus diserap inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa semakin tua kehamilan, seorang ibu akan sering merasa kepanasan atau gerah. Jadi pelajaran pertama yang harus diingat dan dilakukan untuk seorang ibu hamil adalah tingkatkan mengkonsumsi air putih yang sehat dan sudah dimasak agar cairan tubuh terus terjaga dan kondisi tubuh seimbang sehingga dehidrasi dapat dihindari.

Selain mengkonsumsi air, makanan yang sehat seperti buah dan sayur, seorang ibu hamil juga memerlukan suplemen tambahan. Kegunaan suplemen tambahan akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan DHA agar bayi dalam kandungan tercukupi segala kebutuhannya dan kualitas ASI juga semakin baik. Apalagi untuk wanita yang produktif dan memiliki aktifitas keseharian yang sibuk seperti wanita yang bekerja di luar rumah.

Suplemen untuk ibu hamil dan menyusui dapat diperoleh di apotik dan toko obat, yang perlu diingat adalah ketika membeli suplemen tambahan pastikan ianya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Hindari untuk mengkonsumsi suplemen dalam dosis yang tinggi. Biasanya suplemen tambahan seperti multivitamin, didalamnya sudah terdapat segala asupan gizi yang kita butuhkan. Ianya tinggi kalsium, mineral, omega 3 dan asam folat.

Mengkonsumsi multivitamin juga memiliki aturan, dalam sehari biasanya dianjurkan hanya mengkonsumsi satu butir saja. Akan lebih baik jika dikonsumsi ketika pagi hari setelah selesai sarapan. Namun, ada juga multivitamin yang di konsumsi dua kali sehari tergantung pada dokter atau bidan yang menangani seorang ibu hamil. Jadi pelajaran kedua adalah, konsultasikan lebih dulu tentang suplemen atau multivitamin apa yang sesuai untuk ibu konsumsi. Lebih baik jika ibu mendapat resep dari dokter untuk selanjutnya bisa dibeli di apotik terdekat.

Yang terakhir selamat memasuki masa kehamilan bagi anda yang sedang mengalaminya, dan semoga dapat menjaga kehamilan dengan baik hingga masa bersalin nantinya.

1 comment:

  1. Setuju mbak. Mengkonsumsi multivitamin bisa membantu kecukupan gizi dan nutrisi ibu hamil. Namun penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter.

    ReplyDelete

yukkk komen disini