4 Cara Mudah Atasi Demam Pada Bayi


Menghadapi anak yang sedang demam memang menghawatirkan apalagi jika masih bayi diperlukan kesabaran dan kewarasan jika tidak ingin emosi mengambil alih. Bayi yang belum bisa bicara hanya mengekspresikan perasaannya lewat tangisan dan bukan rahasia lagi bahwa tangisan bayi dapat meningkatkan emosional orang yang didekatnya. Dalam hal ini yang berpotensi terbawa emosi tentu saja ibunya. 

Untuk mengatasi bayi yang sedang demam Anda bisa melakukan beberapa cara agar demam bayi cepat turun. Apa sajakah itu?


Kompres bayi dibagian titik panas
Tindakan mengkompres sudah dilakukan sejak dulu untuk meredakan panas dalam tubuh. Ada sebagian orang percaya bahwa mengkompres dengan air dingin lebih efektif namun ada juga yang menggunakan air panas. Menurut pakar kesehatan mengkompres dengan air dingin terbukti lebih efektif.

Jangan gunakan baju tebal atau selimut pada bayi
Menggunakan baju tebal atau menyelimuti bayi adalah tindakan yang salah karena dapat menghambat jalur keluar panas dari tubuh. Lebih baik gunakan baju biasa yang berbahan tipis agar panas cepat keluar. Berbeda dari jaman dulu yang mengatakan bahwa menggunakan selimut dapat membuat demam turun, ini keliru. 


Cegah dehidrasi dengan sesering mungkin memberi minum
Bayi yang sedang demam biasanya akna malas minum baik itu minum air ataupun ASI. Jika ini terjadi jangan panik gunakan sendok untuk terus memberinya minum. Selain itu Anda bisa menggendongnya sambil menyusuinya. Usahakan bayi tidak dehidrasi karena itu akan membahayakan kesehatannya.


Obat penurun demam
Penggunaan obat penurun demam hanya dilakukan ketika suhu tubuh bayi meningkat tinggi hingga 38 derajat. Berikan sesuai dosis biasanya dalam jarak 6 jam sekali. Setelah pemberian pertama cek suhu tubuh bayi setelah 3 jam. Jika suhu tubuhnya makin tinggi berikan obat penurun panas 4 jam sekali. Jangan gunakan aspirin cukup beri paracetamol.

Selain itu orang tua dapat membantu bayi dengan transfer panas. Transfer panas dilakukan dengan cara memeluk bayi dengan menyentuh kulit ke kulit. Akan lebih efektif jika dilakukan setelah orang tua mandi agar panas bayi cepat pindah ke tubuh  Ayah Ibu. Yang penting adalah usahakan tetap sabar dan berdo'a agar bayi cepat sembuh.
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "4 Cara Mudah Atasi Demam Pada Bayi"
Back To Top