Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi

sumber: google

Cara mengobati perut kembung pada bayi - Bayi seringkali mengalami masalah perut terutama ketika melewati fase MPASI dimana dia mulai menambah asupan gizi dengan makan. Jika sebelumnya usus bayi terjaga dari sembarang makanan dan hanya bergantung pada ASI saja kemungkinan masalah perut jarang terjadi. Sakit yang sering dialami oleh bayi yang baru mencoba MPASI adalah perut kembung. Namun bukan hanya faktor makanan saja yang menjadi penyebab. Bisa juga dari hal lain misalnya terlalu sering terkena kipas atau AC dan memandikan bayi ketika selesai makan.

Gejala awal yang timbul jika perut bayi kembung yaitu rewel, muntah dan nafsu makan berkurang. Seperti halnya orang dewasa bayi pun merasa tidak nyaman dengan keadaan ini. Perutnya yang kembung juga menyulitkan bayi untuk buang angin dan BAK itulah mengapa sebelum keadaan semakin parah segera carilah cara mengobati perut kembung pada bayi.

sumber: google
Urut Perut Bayi dengan Tekhnik I Love You
Mengurut perut bayi tidak bisa sembarangan dan ada caranya agar bayi tidak semakin sakit. Urut perut dengan cara seperti menulis I L U. 
I urut dari atas kebawah di bagian sebelah kiri perut.
L urut dari bawah keatas membentuk huruf L terbalik
U urut dari kiri ke kanan demngan membentuk huruf U terbalik.

sumber: google
Gunakan Daun Jarak untuk membantu mengeluarkan angin
Sudah dari jaman dahulu daun jarak diketahui ampuh melegakan perut kembung  pada bayi. Caranya: 
  • Ambil 7 lembar daun jarak, cuci bersih.
  • Olesi dengan minyak telon
  • Ganggang di atas api kecil hingga layu
  • Tempelkan pada perut bayi dengan posisi daun sejajar.
  • Bungkus perut dengan kain gerita atau selendang agar daun tidak jatuh.
  • Cara ini walaupun terkesan alami namun sangat bermanfaat untuk melegakan perut bayi.
  • Biasanya jika bayi memang mengalami perut kembung dalam jangka waktu beberapa jam setelah pemakaian bayi sudah bisa buang angin dan BAK. Fases yang keluar pun biasanya bersamaan dengan keluarnya angin dari perut bayi.

Jangan mandikan bayi
Bayi yang sedang kembung sebaiknya hindari dulu dari air. Karena kebanyakan kasus perut kembung bisa berefek membuat suhu tubuh bayi meningkat. Untuk menghindarinya jangan mandikan bayi. Sebaiknya bersihkan tubuh bayi dengan kain yang direndam air hangat agar tubuhnya menjadi lebih segar.

Dengan beberapa langkah di atas diharapkan perut kembung pada bayi dapat segera di atasi. Untuk mencegah bayi kembung usahakan untuk tidak sesalu menggunakan AC atau kipas angin. Jedakan waktu dari makan dan mandinya. Akan lebih baik jika bayi dimandikan baru kemudian diberi makan. Demikianlah cara mengobati perut kembung pada bayi semoga bermanfaat.

Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi"
Back To Top