Teh Herbal Homemade Pelega Tenggorokan Pengusir Flu

Cara membuat teh herbal

Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak menentu saat panas bedentang tiba-tiba gemuruh kemudian disusul dengan rinai hujan. Banyak orang yang sedang dalam aktifitas menjadi heboh dan tidak jarang mengutuki hujan. Apakah kamu termasuk di dalamnya? Pengutuk hujan!

Banyak alasan yang dilontarkan bahwa hujan yang datang tiba-tiba itu membuat kondisi tubuh jadi drop, hidung meler dan badan terasa tidak enak. Secara sains bisa dikatakan bahwa hujan yang turun pertama kali sifatnya mengandung asam. Dan meski hanya rintik-rintik namun air yang pertama membilas bumi itu membawa polusi yang bertembaran di udara. Polusi inilah yang kemudian mengenai tubuh manusia dan berdampak pada kesehatan. 

Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan langsung merasakan efeknya. Badan terasa nyeri, hidung tersumbat dan kepala pusing. Lalu adakah cara alami untuk mengusir masalah kesehatan tersebut? Berikut ini ada teh herbal homemade yang bisa diracik sendiri sebagai pertolongan pertama sebelum kamu mengkonsumsi obat.

Teh herbal terbuat dari 100% bahan alami 
Teh herbal banyak dijual dengan berbagai bahan alami. Saat ini yang sedang trend yaitu teh herbal dari ekstrak kulit manggis. Namun untuk meredakan flu ringan (saya menyebutnya sebagai flu ringan) kadang tidak membutuhkan teh tersebut. Karena sejatinya bahan-bahan di rumahpun dapat dijadikan sebagai teh herbal untuk kesehatan.

Bahan teh herbal
  • Serai ===> Bahan yang digunakan untuk membuat secangkir teh terdiri dari serai yang bermanfaat sebagai pemberi aroma pada teh.
  • Cengkeh ===> membantu mengatasi masalah pencernaan, sebagai pereda nyeri, menghalau sinus juga mengatasi pegal linu.
  • Jahe ===> memberi rasa hangat pada tubuh dan pelega tenggorokan.
  • Pekak atau bunga lawang ===> untuk meredakan perut kembung dan membantu masalah kewanitaan.
  • Madu ===> madu pada teh herbal bermanfaat menjaga kondisi tubuh dan memberi nutrisi lengkap.
  • Kayu manis ===> dapat menghangatkan tubuh.

Jika dilihat dari bahannya mungkin kamu akan berfikir "wah banyak banget" eiits jangan mengeluh dulu. Coba lihat, bukankah semua bahan ini kebanyakan ada didapur?

Cara membuat teh herbal homemade
Setelah semua bahan terkumpul sediakan air panas mendidih untuk menyeduhnya. Ambil takaran yang tidak terlalu banyak. Ini sih main feeling ya, tapi untuk aware kamu bisa ambil:
  • 1 batang serai memarkan sedikit dan potong jika dirasa terlalu panjang.
  • 8 - 10 Iris tipis jahe.
  • 4 butir cengkeh.
  • 1 buah bunga lawang atau pekak.
  • 1 ruas jari kayu manis.
  • 2 sendok madu.

Masukkan semua bahan tuang air mendidih 250 ml atau satu gelas. Aduk sebentar lalu tutup agar semua bahan mengeluarkan khasiatnya masing-masing. Minumlah selagi hangat.

Untuk mengatasi hidung tersumbat, badan capek dan nyeri tenggorokan atau bahasa kerennya sih radang flu saya biasa membuat ramuan ini beberapa kali. Sampai rasanya tubuh mulai ok lagi. Kamu juga bisa menambahkan sedikit daun pandan untuk mengeluarkan aroma wangi sehingga tehnya jadi lebih segar.
Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Teh Herbal Homemade Pelega Tenggorokan Pengusir Flu"
Back To Top