Ini Dia Tips Snorkeling Ramah Lingkungan Menurut WWF


temoat snokeling keren
pixabay

Saat kamu sudah beli tiket pesawat ataupun memesan hotel kuta Bali murah untuk liburan ke wisata bahari, rasanya tidak lengkap jika kamu tidak “turun ke laut” merasakan sensasi snorkeling sambil menikmati keindahan bawah laut.

Ikan yang berwarna-warni ditambah dengan hamparan karang yang indah akan menyambut kamu selama snorkeling. Tapi sebelum snorkeling ada yang perlu kamu perhatikan, organisme-organisme laut yang kamu lihat di bawah laut sana bisa menjadi sangat sensitif jika tersentuh dengan benda asing, misalkan saja terumbu karang. 

Terumbu karang adalah rumah dari berbagai organisme laut yang punya peran penting terhadap kelangsungan hidup bawah laut dan biota laut lainnya. Maka dari itu, selama snorkeling kamu harus tetap berhati-hati, serta membantu menjaga kelangsungan hidup biota laut, dan juga mendukung potensi bahari di Indonesia. 

Berikut beberapa tips bersnorkeling ramah lingkungan yang dikutip dari website resmi World Wildlife Fund (WWF) :

Kurangi Kontak dengan Organisme Laut
Jangan pernah mengambil benda baik hidup ataupun mati dari air kecuali sampah yang tidak menjadi tempat tinggal organisme.  Lalu sebaiknya kamu tidak pernah memberi makan satwa laut kecuali di bawah pengawasan ahlinya dan mengikuti peraturan setempat. Dan yang terpenting hindari mengusik satwa laut apa pun.

Pertahankan Jarak Aman dengan Terumbu Karang
Selalu perhatikan posisi kaki katak kamu setiap waktu. Jangan sampai menyentuh terumbu karang dan mengibas pasir. Hindari berjalan di atas terumbu karang dan meminimalisir kontak yang dapat membahayakan organisme lain.

Kuasai Kemampuan Berenang
Kamu sebaiknya menguasai kemampuan berenang. Pasalnya dengan menguasai kemampuan berenang, kamu secara penuh dapat mengontrol pergerakan di bawah laut. Tentunya dengan menguasai kemampuan berenang kamu juga bisa mengurangi kontak terhadap organisme-organisme di bawah laut. Perhatikan juga posisi tumbuh kamu secara horizontal saat berenang jika kamu sedang berada di atas terumbu karang.

Perhatikan Kelengkapan Alat Snorkeling
Periksa kembali peralatan kamu saat snorkeling. Pastikan semuanya sudah terasa nyaman dan tidak akan mengganggu aktivitas kamu selama ber-snorkeling. Bagi kamu masih ragu atau belum pernah snorkeling sebelumnya, sebaiknya gunakan pelampung.

Mendukung Daerah Konservasi Tempat Snorkeling
Jangan lupa dukung daerah konservasi laut dan proyek konservasi di daerah kamu snorkeling. Pasalnya dengan mengunjungi taman terumbu karang setempat dan memberikan retribusi bisa membantu untuk mendukung konservasi laut. Selain itu juga bisa ikut kegiatan bersih-bersih laut dan pantai juga bisa membantu menjaga kelangsungan organisme laut.

snokeling

Ada tips tambahan nih bagi kamu yang sudah beli tiket pesawat untuk menuju destinasi wisata bahari dan ingin membawa peralatan snorkeling sendiri saat traveling:

  1. Pastikan mengemasnya dalam tas jinjing jika masker snorkeling kamu dilengkapi dengan lensa khusus.
  2. Sebaiknya bungkus masker snorkeling agar tak tergores atau bahkan pecah dalam lapisan pakaian atau letakkan dalam pelindung yang terbuat dari plastik keras. Kemas di bagian tengah tas kamu.
  3. Letakkan kaki katak (fins) di bagian atas koper. Dengan begitu, kaki katak dapat menjadi perlindungan tambahan untuk barang bawaan kamu.
  4. Jika kamu  membawa tas ransel dengan sisi yang lembut, kamu bisa membuat bingkai pelindung menggunakan kaki katak atau sepatu. Susun sepatu kamu di setiap ujung tas dengan telapak menghadap keluar.
  5. Jangan biarkan ada ruang sedikitpun, kamu bisa memanfaatkan ruang sebaik mungkin dengan mengemas kaus kaki atau benda-benda kecil lainnya dalam masker snorkeling atau lubang kaki di kaki katak.
  6. Bawalah tas jaring-jaring dengan tali bahu, karena tas jenis ini hampir tak memakan ruang. Selain itu tas jinjing juga bisa kamu gunakan untuk membawa peralatan snorkeling setelah berada di tempat tujuan, sekaligus bisa menjadi tas belanjaan atau untuk membawa peralatan anak untuk bermain pasir.
  7. Sebelum berkemas saat hendak pulang, bilas peralatan snorkeling kamu di air tawar dan biarkan sampai benar-benar kering. Dengan melakukan hal ini, tentunya akan membantu mencegah jamur dan bau serta memperpanjang umur peralatan snorkeling kamu.

Yuk, siapkan tanggal liburan kamu lalu beli tiket pesawat dan pesan hotel Kuta Bali murah di Reservasi.com.Tentunya selain bisa pesan hotel kuta Bali murah di Reservasi.com, kamu juga bisa pesan hotel di destinasi di www.reservasi.com.

Lalu kenapa sih harus beli tiket pesawat dan hotel di Reservasi.com? Selain harganya yang super terjangkau, Reservasi.com juga menawarkan jaminan harga terbaik dibandingkan online travel agent yang lainnya. 

Beli tiket pesawat dan hotel pun mudah, kamu cukup pesan melalui situs resminya di www.reservasi.com atau aplikasi berbasis Android dan iOS, lalu cukup bayar melalui transfer bank atau kartu kredit. 

Jadi tunggu apa lagi? Siapkan tabungan kamu, pilih tanggal liburannya, beli tiket pesawat dan hotelnya di Reservasi.com, lalu bersiap liburan deh.
0 Komentar untuk "Ini Dia Tips Snorkeling Ramah Lingkungan Menurut WWF"
Back To Top