Resep Kue Nastar Tradisional ala Emak

Dwina.net - Bunda, ngga kerasa ya lebaran sudah mau tiba. Ramadhan yang penuh berkah sebentar lagi akan meninggalkan kita. Semoga kita dipertemukan lagi dengan lebaran tahun depan ya, Bunda. Amin. 

Btw, ngomongin soal lebaran, persiapan apa nih yang sudah rampung sampai hari ini. Saya pribadi tahun ini tidak seheboh tahun kemarin. Sebab tahun ini saya ngga mudik. Lebaran di rumah saja bersama keluarga suami. Memang sudah jadi perjanjian tidak tertulis kami seawal menikah jika lebaran tiba akan digilir. 

Tahun kemarin sudah di rumah ibu saya jadi tahun ini di keluarga suami pula. Walaupun kedua orang tua suami sudah meniggal tapi masih ada kakak dan abang ipar yang bisa dikunjungi. Memang setelah orang tua suami meninggal otomatis hari raya pertama akan berkumpul di rumah abang sulung. Lebaran dimanapun insya Allah tetap bahagia.

Jelang lebaran tentu ada beberapa persiapan yang dilakukan ya. Kalau saya biasanya bebersih rumah. Nyuci gorden yang Masya Allah... dicuci setahun sekali cyiiin.. *ngumpet. Bebersih tirai-tirai penutup perkakas, alas meja dan lainnya. 


Setelah itu lihat list kue lebaran tahun ini. Oh, ngomongin soal kue lebaran. Biasanya bunda bikin kue apa yang wajib ada setiap lebaran? Kalau saya sukanya yang gurih-gurih seperti keripik, kacang, stik royco dan sejenisnya. Tapi ada sih kue kering yang wajib ada. Nastar. Yup, meskipun cuma sedikit nastar kayaknya ngga bisa absen tiap lebaran.

Resep kue nastar ngga sulit. Adonannya hampir sama dengan kue kering yang lain cuma yang bikin nyus itu selai nenasnya. Biasanya untuk menjadikan resep kue nastar lebih nendang selai nanasnya bikin sendiri. Satu buah nanas bisa dijadikan selai yang cukup untuk 2 kilo gram tepung terigu sebagai perbandingan dari selai dan adonannya.

Resep kue nastar sekarang ini sudah beragam loh baik dari bentuk dan cara bikinnya. Ada yang model keranjang, nastar gulung, nastar persegi, nastar bulat sampai nastar bunga. Apapun yang penting enak ya.

Nah, berikut ini saya mau bagi-bagi resep kue nastar bulat topping keju. Nastar ini masih bisa dibilang resep tradisional karena ngga banyak kombinasi hanya gunakan keju parut untuk menambah rasa. Jadi ada gurihnya gitu. 

Resep kue nastar tradisional ala emak.

Untuk ½ kilo gram tepung nanti jadinya kira-kira 40 butir kue nastar.
  1. ½ kg tepung terigu kualitas sedang bisa gunakan segi tiga biru atau cap kunci
  2. 4 butir kuning telur
  3. ½ kg margarine, bisa gunakan margarine cake and cookies untuk hasil lebih baik.
  4. 100 gr gula pasir halus
  5. 2 butir kuning telur untuk olesan
  6. 100 gr keju cheddar
Bahan selai nastar
1 buah buah nanas diparut. Masukkan 300 gr gula pasir masak sampai matang dan jadi selai. Setelah dingin bulat-bulatkan sebesar kelereng kecil.

Cara membuat adonan nastar
  1. Siapkan wadah ukuran besar supaya sedang menguleni adonan. 
  2. Kocok 4 kuning telur, margarine dan gula halus sampai mengembang. 
  3. Masukkan terigu dan ½ sdt vanilli aduk hingga menjadi adonan yang kalis. 
  4. Bulat-bulatkan adonan dengan ukuran kelereng besar kemudian pipihkan dan masukkan selai nanas yang sudah siap tadi. 
  5. Olesi permukaan kue dengan kuning telur dan taburi parutan keju cheddar. 
  6. Letakkan dalam loyang yang sudah diolesi margarine. 
  7. Susun rapi kemudian panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat celcius. 
  8. Jika menggunakan oven manual perhatikan api dan kematangan kue, kadang dalam satu loyang ada bagian yang kurang matang jadi ubah-ubah posisi loyang sesuaikan dengan kematangannya. 
  9. Setelah dingin nastar siap disusun dalam toples kue.

Resep kue nastar ini sangat sederhana dan jika adonan masih tersisa tapi selai sudah habis bunda bisa menggunakan untuk kue kering lain. Misalnya untuk adonan semprit atau skippy. Tinggal tambah kacang yang sudah disangrai dan giling kasar. Masukkan dalam adonan dan cetak sesua selera.
Bunda bagaimana dengan resep kue nastarnya? Mudah kan, silahkan dicoba.

Back To Top