4 Cara Mengecek Kehamilan Secara Tradisional yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Dwina.net -Kehamilan merupakan saat dimana sel telur dibuahi  sehingga menghasilkan pembuahan atau zigot yang kemudian akan berkembang menjadi janin. Pada saat ini pastinya ada banyak sekali gejala yang dirasakan oleh wanita, utamanya saat trimester pertama kehamilan, namun pada beberapa kalangan gejala-gejala tersebut tidak dirasakan secara jelas, sehingga membuat mereka terlambat untuk mengoptimalkan masa keemasan pertumbuhan janin dalam kandungan. Ada banyak sekali jenis tes kehamilan secara alami yang sebenarnya dapat dilakukan di rumah.

Sebelum datang ke dokter untuk memeriksakan diri sebenarnya ada beberapa perubahan yang bisa dirasakan oleh perempuan jika sedang hamil. Gejala awal seperti sensitif bau, pusing, mual itu adalah hal wajar dan terjadi hampir pada setiap perempuan. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh dan membuat tubuh beradaptasi dengan perubahan tersebut. 

 
Gejala awal ini jika diperhatikan bisa menjadi tanda bagi diri sendiri. Tanpa harus datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui apakah seorang wanita tengah mengandung atau tidak. Berikut ini diantara beberapa caranya yang dapat Anda coba, yaitu:

1.    Melakukan pengujian dengan bawang.
Ini merupakan salah satu cara tradisional yang banyak dilakukan oleh masyarakat di zaman dahulu untuk mengetahui wanita tengah mengandung atau tidak. Caranya mudah, cukup meletakkan satu butir bawang di daerah dekat kemaluan. Biarkan semalam pada pagi hari dianjurkan untuk menghembuskan napas. Ketika tercium aroma bawang menandakan tidak sedang hamil namun jika tidak maka wanita sedang hamil.

2.    Menguji menggunakan biji gandum.
Bagian yang diuji disini adalah urine, langkahnya sangatlah mudah yaitu cukup dengan menampung air seni dalam sebuah wadah kemudian taburkan biji gandum di dalamnya. Jika ternyata biji gandum tersebut tumbuh maka tendangan sedang hamil sebaliknya ketika tak ada yang tumbuh maka tidak sedang mengandung.

3.    Menggunakan pasta gigi
Bahan yang satu ini nyatanya juga dipercaya dapat digunakan untuk melihat kehamilan ataupun tidak. Caranya sangatlah mudah yaitu cukup dengan menampung urine dalam wadah kemudian tambahkan pasta gigi. Biarkan beberapa saat ketika warnanya berubah menjadi biru dan juga terdapat busa bisa dipastikan bahwa Kamu sedang hamil.

4.    Melakukan pengujian urine menggunakan cuka
Sama halnya dengan pasta gigi bahan ini juga dipercaya dapat digunakan untuk melihat kehamilan. langkahnya mudah yaitu dengan mencampurkan air seni dengan cuka beberapa tetes jika air seni berubah lebih cerah dan muncul gelembung artinya selamat ya Kamu sedang hamil.

Namun sekarang ada banyak sekali metode yang lebih mudah dalam mengecek kehamilan seperti diantaranya adalah memakai test pack. Test pack termasuk cara mendeteksi kehamilah dengan mudah dan cukup akurat. Kamu bisa beli di apotik atau toko obat. Nah setelah hasilnya keluar cek kembali ke dokter untuk mengetahui kondisi janin, masa kehamilan dan HPl. Ketahui juga informasi lengkap tentang kehamilan lewat aplikasi kehamilan yang bisa dengan mudah didownload di smart phone kamu.

Tag : kesehatan
Back To Top